x

Rekrut Jordi Amat, Klub Sultan Malaysia Klaim Proses Naturalisasi Jadi Kendala Utama

Rabu, 29 Juni 2022 10:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Proses naturalisasi Jordi Amat menjadi kendala utama klub Malaysia, JDT, menandatangani perekrutan calon bek Timnas Indonesia ini.

INDOSPORT.COM – Klub asal Malaysa, Johor Darul Ta’zim mengklaim bahwa proses naturalisasi Jordi Amat masih menjadi kendala sebelum mereka resmi menandatangani pemain keturunan Spanyol ini.

Seperti diketahui, Jordi Amat yang berstatus bebas transfer usai hengkang dari klub Belgia, KAS Eupen, dipastikan akan merapat ke klub Liga Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT).

Baca Juga

Kepastian Jordi Amat bakal berseragam “Southern Tigers” – julukan JDT- dikonfirmasi oleh pemilik JDT, Tunku Ismail Ibni Sultan Ibrahim, Tunku Mahkota Johor (TMJ) dalam jumpa sesi jumpa penggemar, Senin (27/06/220.

“Jordi Amat akan bermain dan akan menjadi pemain JDT,” ungkap Tunku Ismail dinukil dari YouTube JDTTV.

Jordi Amat sendiri berhak bermain untuk Timnas Indonesia karena neneknya berasal dari Makassar. Hal ini memungkinkan Jordi Amat mengisi slot pemain ASEAN di kubu JDT.

Baca Juga

Akan tetapi, pemain yang pernah membela Timnas Spanyol U-19, U-20 dan U-21 tersebut, saat ini belum bisa bergabung dengan pasukan Shin Tae-yong.

Pasalnya, proses naturalisasi Jordi Amat yang sedang dikerjakan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), belum menemui titik terang.

Situasi ini diyakini menjadi penghalang utama JDT untuk segera memperkenalkan Jordi Amat sebagai pemain baru mereka musim ini.

Baca Juga

Pasalnya, Tunku Ismail sempat mengklaim bahwa penandatangana  Jordi Amat di JDT akan dilakukan setelah proses naturalisasi sang pemain rampung.

“Jordi akan menjadi aset tidak hanya bagi kami tetapi juga untuk Indonesia. Saya berharap proses paspornya akan segera diselesaikan dan dia dapat segera bergabung dengan kami,” ujar Tunku Ismail.https://www.indosport.com/tag/12086/johor-darul-tazim


1. Jordi Amat Disebut Aset Penting Timnas Indonesia

Elkan Baggott, Jordi Amat dan Marc Klok Berlatih Bersama Timnas Indonesia

Menurut Tunku Ismail, Jordi Amat dinilai akan menjadi salah satu aset terbesar Indonesia. Jadi, akan sangat merugikan jika nantinya naturalisasi ini gagal dan Jordi Amat tidak membela Timnass Indonesia.

 “Saya pikir dia akan menjadi aset terbesar Indonesia karena dia telah memainkan 100 pertandingan lebih banyak di La Liga, 100 pertandingan lagi di Liga Inggris,” kata TMJ dalam sesi tersebut.

Baca Juga

“Itu kerugian yang sangat besar (jika Indonesia tidak memberikan paspor) yaitu Jordi Amat. Jordi Amat akan bermain dan akan menjadi pemain JDT.”

Jordi Amat akan menambah kekuatan lini pertahanan JDT musim ini. Selain Jordi Amat, JDT juga mendatangkan bek kiri anyar, yakni pemain Malaysia keturunan Inggris yang bernama Daniel Ting.

Baca Juga

JDT merupakan klub Malaysia yang paling disorot belakangan ini. Pasalnya, klub ini sukses berevolusi menjadi tim besar berkat campur tangan salah satu sultan di Malaysia, Tunku Mahkota Ismail.

JDT sukses merengkuh gelar Liga Super Malaysa pada tahun 2014, pertama dalam sejarah klub. Bahkan gelar tersebut mereka pertahankan dengan mencetak rekor juara beruntun 7 kali hingga musim 2020.

Baca Juga

Mengenai profil Jordi Amat, pemain ini lahir dan besar di Spanyol, negara yang merupakan salah satu kiblat sepak bola di Eropa.

Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut punya CV yang cukup mentereng. Dia pernah mencicipi atmosfer Liga Inggris hingga menikmati persaingan di Liga Belgia.


2. Sampai Mana Proses Naturalisasi Jordi Amat?

Jordi Amat, Elkan Baggott dan Marc Klok di Pemusatan Latihan Timnas Indonesia

Merujuk dari data di Transfermarket, bek tengah ini pernah bermain untuk Espanyol, Rayo Vallecano, Real Betis, Swansea City dan K.A.S Eupen dari Belgia.

Jordi Amat merupakan salah satu pemain yang masuk dalam program naturalisasi PSSI. Selain Jordi Amat, tiga pemain yang dimaksud adalah Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Namun proses naturalisasi tersebut masih belum rampung hingga kini. Proses ini diharapkan rampung secepatnya agar Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Bursa TransferNaturalisasiTimnas IndonesiaLiga MalaysiaJohor Darul Ta'zimBerita TransferBerita Bursa TransferBerita Timnas IndonesiaJordi Amat

Berita Terkini