x

Wonderkid Persebaya Akui Latihan Timnas Indonesia U-19 Lebih Berat Dibanding Senior

Rabu, 29 Juni 2022 17:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan mengatakan latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong lebih berat, dibanding saat dia bergabung di tim senior. Intensitas latihan sangat tinggi ketika di level usia. 

Marselino adalah penggawa Timnas U-19 yang disiapkan untuk Piala AFF U-19 2022, Kualifikasi Piala Asia U-19 hingga Piala Dunia U-20 2023. 

Baca Juga

Tapi, dia telah cicipi caps bersama tim senior skuad Garuda di uji coba dan Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Oleh sebab itu, pemain milik Persebaya Surabaya itu sudah paham dengan pola dan materi latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong

Di Timnas U-19, para pemain dituntut untuk disiplin dari makanan, tidur hingga latihan mandiri. Tapi hal itu bukan masalah bagi Marselino. 

Baca Juga

"Kalau di Timnas -U19 intensitasnya lebih kuat, lebih keras. Kalau di tim senior lebih sama-sama tau, berpengalaman, jadi lebih santai," tutur Marselino. 

"Di sini (Timnas U-19) kami latihan core (penguatan), terus harus disiplin mulai dari makan, tidur karena disini berkesinambungan, jadi kami harus disiplin," imbuhnya. 

Baca Juga

1. Motivasi Tinggi

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Meski telah cicipi menit bermain di Timnas senior, Marselino mengaku tetap termotivasi raih prestasi bersama Timnas U-19. 

Pemain 17 tahun itu mengaku ingin nikmati masa mudanya, termasuk berkompetisi di level usia. 

Baca Juga

"Itu jadi motivasi tambahan buat saya, apalagi ini kan di usia saya, jadi tambah semangat," ujar adik Oktafianus Fernando, pemain PSIS Semarang. 

Peluang Marselino untuk ikut Piala AFF U-19 2022 terbuka lebar. Dia adalah andalan Shin Tae-yong yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 tahun depan. 

Baca Juga

Marselino memang pemain muda yang matang di kompetisi Liga 1 2021. Dia catatkan 23 penampilan dengan torehan empat gol dan tujuh assist. 

Dengan statistik tersebut, Marselino terpilih sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2021. Bahkan, ia masuk dalam daftar 60 wonderkid terbaik dunia 2021 versi media Inggris, The Guardian.


2. 23 Pemain

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

Sementara itu, untuk Piala AFF U-19 2023, pelatih Shin Tae-yong hanya akan bawa 23 pemain. Padahal di pemusatan latihan ada 33 nama yang dipanggil. 

Pada ajang Piala AFF U-19, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja dan Singapura. 

Skuad Garuda Nusantara dijadwalkan bermain di Stadion Patriot selama babak penyisihan grup. Lawan yang pertama dihadapi adalah Vietnam pada 2 Juli. 

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Marselino FerdinanShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini