x

Player to Watch Piala AFF U-19 2022: Ronaldo Kwateh vs Nguyen Quoc, Calon Predator Gol ASEAN

Sabtu, 2 Juli 2022 17:10 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat perbandingan statistik dua pemain bintang dari skuat Timnas Indonesia dan Vietnam jelang pertemuan kedua tim di laga perdana penyisihan grup Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM – Melihat perbandingan statistik dua pemain bintang dari skuat Timnas Indonesia dan Vietnam jelang pertemuan kedua tim di laga perdana penyisihan grup Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 akan memulai perjuangan mereka di babak penyisihan grup Piala AFF U-19 2022 dengan langsung bersua lawan kuat yakni Vietnam pada Sabtu (02/07/22) pukul 20.30 WIB.

Baca Juga

Sehari jelang duel sengit kontra Vietnam tersebut, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia membuat kejutan dengan mencoret dua nama pemain muda yakni Alex Kamuru (Barito Putera) dan Althaf Indie (Persis Solo).

Selain itu, tiga pemain keturunan Eropa yang sebelumnya ikut TC yaitu Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel juga telah dipulangkan oleh PSSI.

Meski tanpa tiga pemain berdarah Belanda, Timnas Indonesia U-19 tetap memiliki pasukan mengerikan. Shin Tae-yong masih memiliki stok pemain hebat seperti Ronaldo Kwateh hingga Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Selain itu, skuat Garuda Nusantara juga memiliki keuntungan karena bermain di kandang sendiri. Dukungan langsung dari ribuan suporter akan membuat semangat Garuda Nusantara kian tinggi.

Bermain di depan pendukung sendiri, Timnas Indonesia sejatinya tetap tak boleh anggap enteng Vietnam yang kini dilatih oleh Dinh The Nam tersebut.

Pasalnya, skuat The Young Golden Star juga punya sejumlah wonderkid yang berpotensi jadi momok untuk lini pertahanan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Berkaca dari daftar skuat yang dibawa masing-masing kesebelasan, tampaknya nama Ronaldo Kwateh di Timnas Indonesia U-19 serta Nguyen Quoc Viet di skuat U-19 Vietnam, bakal jadi pemain yang paling menonjol.

Untuk itu, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas perbandingan statistik Ronaldo Kwateh vs Nguyen Quoc Viet jelang duel Timnas Indonesia kontra Vietnam di Piala AFF U-19 2022 berlangsung:


1. Rekor di Timnas

Ronaldo Kwateh saat mengikutu latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22).

Dilansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa Ronaldo Kwateh merupakan salah satu pemain muda potensial Timnas Indonesia yang berhasil jalani debut di kompetisi Liga 1 pada usia 16 tahun.

Menghadapi Tira Persikabo dalam lanjutan Liga 1 musim lalu, Ronaldo Kwateh yang memperkuat Madura United tampil sebagai starter sejak menit pertama.

Baca Juga

Sepanjang musim lalu, Ronaldo Kwateh yang belum genap 20 tahun sukses bermain dalam 14 pertandingan buat Madura United senior di semua kompetisi.

Sementara di level timnas, Ronaldo Kwateh sukses mencuri perhatian berkat penampilannya bersama skuat Garuda di berbagai jenjang umur mulai dari U-19, U-20 hingga U-23.

Teranyar, Ronaldo Kwateh turut membantu Timnas Indonesia meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2021.

Baca Juga

Dalam perebutan tempat ketiga SEA Games 2021 pada bulan Mei lalu, Ronaldo Kwateh berhasil cetak satu gol ke gawang Malaysia.

Sebelum tampil di SEA Games 2021, nama Ronaldo Kwateh juga sukses mencuri perhatian saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki tahun 2021 lalu.

Sepanjang pemusatan latihan tersebut, pemain kelahiran Yogyakarta itu mampu mencetak lima gol saat hadapi tim-tim lokal seperti Antalyaspor U-18 dan MMK Football Club.

Baca Juga

Tak berbeda jauh dengan Ronaldo Kwateh, sosok Nguyen Quoc Viet dari Timnas Vietnam pun punya statistik karier yang cukup mentereng di level internasional.

Berbekal kemampuan tembakan yang mumpuni, membuat pemain berusia 19 tahun ini kerap jadi pahlawan kemenangan buat Timnas Vietnam.


2. Top Skor Kompetisi Vietnam

Myanmar, Brunei, Vietnam, Indonesia, Thailand dan Pilipina.

Dari laman Transfermarkt, tidak disebutkan berapa jumlah gol pasti milik Nguyen Quoc Viet baik di level timnas maupun bersama klubnya, Long An FC.

Akan tetapi, sejumlah media Vietnam menyebut bahwa Nguyen Quoc Viet punya rekam jejak impresif terutama di kompetisi level junior.

Baca Juga

Tercatat, penyerang bernomor punggung 9 ini pernah menjadi top skor di ajang Piala Nasional Vietnam U-17, U-19, dan U-21.

Pada tahun 2020 lalu, Nguyen Quoc Viet keluar sebagai top skor Piala Nasional U 17 dengan mencetak 9 gol.

Setahun berselang, dirinya kembali menyabet gelar top skor U-19 dengan torehan 8 gol.

Puncaknya adalah gelaran Piala Nasional Vietnam U-21 tahun 2021 lalu, di mana Nguyen Quoc Viet yang masih 18 tahun sukses menjadi pencetak gol terbanyak (4 gol) dan menyabet gelar pemain terbaik.

Berbekal insting gol yang tajam, ditambah kehadiran Khuat Van Khang dan Van Truong sebagai gelandang serang penyuplai bola dari lini tengah, sangat jelas bahwa pergerakan Nguyen Quoc Viet bakal jadi ancaman serius buat pertahanan Timnas Indonesia.

VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaRonaldo KwatehPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini