x

Banjir Pujian Netizen, Marselino Ferdinan Punya Prospek Lambungkan Prestasi Timnas-19

Minggu, 3 Juli 2022 10:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Sosok Marselino Ferdinan banjir pujian dari netizen usai membela Timnas Indonesia melawan Vietnam di ajang Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM – Sosok Marselino Ferdinan banjir pujian dari netizen usai membela timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di ajang Piala AFF 2022.

Bintang muda Persebaya Surabaya tersebut dinilai memiliki prospek untuk melambungkan prestasi Garuda Nusantara di ajang ini.

Baca Juga

Sebelumnya, duel seru tersaji di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam U-19 vs timnas Indonesia U-19, pada Sabtu (02/07/22) malam WIB.

Akan tetapi, kedua tim harus puas dengan hasil imbang tanpa gol alias 0-0. Padahal timnas Indonesia U-19 tampil lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Termasuk lewat sepakan spekulatif Marcelino Ferdinan di menit ke-56 yang masih diselamatkan oleh mistar gawang The Golden Star.

Baca Juga

Kemudian, timnas Indonesia U-19 juga kembali mendapat peluang emas pada menit  ke-80. Adalah Rabbani yang melepaskan tendangan namun masih bisa diamankan kiper lawan.

Memasuki menit-menit krusial, skuad Garuda Muda memborbardir pertahanan Vietnam. The Golden Star pun terpaksa melakukan sejumlah pelanggaran demi meredam serangan timnas Indonesia U-19.

Indonesia bahkan punya peluang emas ketika Rabbani dilanggar di menit-menit akhir. Sia-sia, tendangan bebas Razzaa masih melambung.

Baca Juga

Di antara para pemain timnas U-19 yang turun, sosok Marselino Ferdinan mencuri perhatian netizen berkat penampilannya yang apik di sepanjang pertandingan.

Tak heran jika namanya menjadi trending topic di media sosial selama pertandingan timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam semalam.


1. Marselino Ferdinan Kerja Keras demi Timnas U-19

Pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan, tengah membawa bola dibayang-bayangi pemain Vietnam di Piala AFF U-19.

Beberapa peluang berbahaya ia ciptakan, sayang tak ada yang berbuah gol. Seperti di babak kedua salah satu peluangnya ketika ia melepaskan tembakan ke arah gawang tapi hanya menyentuh mistar.

Tidak hanya menciptakan serangan, Marselino juga terlihat melakukan pekerjaan ‘kotor’, seperti pressing, tekel hingga intersep.

Baca Juga

Menurut data dari akun Lapang Bola di Twitter, @LapangBolaStats, Marselino yang bermain selama 65 menit di pertandingan itu sukses melakukan 24 kali umpan, empat tekel dan 4 kali interseps.

Pemain yang pernah mencicipi debutnya di timnas senior tersebut  bahkan terlihat hanya satu-satunya pemain Timnas U-19 yang bekerja keras saat menyerang. 

Sementara pemain lain masih belum memahami cara menyerang yang baik. Memang tidak salahnya, namun hal itu memperlihatkan kurangnya dukungan yang diberikan oleh rekan-rekannya.

Baca Juga

Hal ini juga diungkapkan sebuah akun@awiyaanto65, yang menganggap Marselino sebagai anugerah terbesar Timnas Indonesia. Dia layaknya Maradona, Pele, Johan Cruyff, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Ali Dei, Haka Sukur, hingga Park Ji-sung. 

Bedanya, semua legenda sepak bola dunia itu dikelilingi oleh pemain yang paham sepak bola, sedangkan Marselino hanya dikelilingi teman-teman yang hanya tahu main bola.  

Susah bagi Marselino jika ingin bermain one-two touch karena kondisi tersebut, sehingga aia terpaksa melewati pemain-pemain Vietnam sendirian. 

Terlepas dari hal tersebut, Marselino tetap diharapkan bisa konsisten tampil apik di laga berikutnya Timnas Indonesia U-19 pada ajang Piala AFF U-19 2022.

Tentunya, ini harus menjadi pekerjaan rumah bagi Shin Tae-yong dan staf pelatih lainnya untuk memanfaatkan potensi Marselino sebaik-baiknya dengan didukung skill para pemain yang sebenarnya tak kalah bagus. 

Pasalnya, Marselino dianggap punya kemampuan membawa skuad muda asuhan Shin Tae-yong ini melambung prestasinya seperti skuad seniornya.

Selanjutnya Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Brunei Darussalam di Stadion Patriot, pada Minggu (03/07/22).


2. Marselino: Pemain Timnas Termuda dan Tersibuk

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Marselino Ferdinan akan menahbiskan dirinya menjadi pemain termuda dan tersibuk di Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Marselino Ferdinan merupakan pemain termuda dalam skuat asuhan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Di usia yang baru 17 tahun, dirinya telah menjadi andalan di kubu Timnas Indonesia senior, baik di laga persahabatan maupun di laga resmi.

Salah satu penampilan apik gelandang milik Persebaya Surabaya itu adalah kala mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023.

Di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Marselino tampil sebanyak dua kali, di mana semuanya menjadi pemain pengganti.

Meski menjadi pemain pengganti, Marselino tak ketinggalan untuk bersumbangsih, dengan menyumbangkan satu gol ke gawang Nepal di laga terakhir grup A.

Golnya itu memastikan kemenangan 7-0 Timnas Indonesia atas Nepal sekaligus mengantarkan skuat Garuda ke Piala Asia 2023.

Baca selengkapnya

Timnas IndonesiaBola InternasionalVietnam U-19Timnas VietnamTimnas Indonesia U-19Marselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini