x

Kena Mental, Media Vietnam Sebut Suporter Indonesia Bikin Timnasnya Melempem

Minggu, 3 Juli 2022 12:35 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Duel sengit tersaji di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam vs timnas Indonesia U-19, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (02/07/22) malam WIB.

Kedua tim harus puas dengan hasil imbang tanpa gol alias 0-0. Padahal Timnas Indonesia U-19 tampil lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Akan tetapi, penyelesaian akhir yang buruk membuat Skuad Garuda Muda membuang sejumlah peluang emas yang harusnya bisa dikonversi menjadi gol. 

Baca Juga

Salah satu media asal Vietnam, bongda.com.vn, sempat menulis bahwa Vietnam U-19 mendapat “pertandingan yang mudah” melawan tuan rumah.

Kinerja sang pelatih dalam banyak aspek juga sudah sangat bagus, sehingga layak mendapat banyak pujian.

Meski begitu, mereka mengklaim bahwa Vietnam mengalami nasib apes di laga tersebut karena harus menghadapi tuan rumah Indonesia U-19.

Baca Juga

Media yang berbasis di Ho Chi Minh City tersebut menyatakan bahwa tim nasionalnya menciptakan lebih banyak peluang untuk menguasai meja daripada Skuat Garuda dengan memainkan taktik yang tepat.

Satu-satunya yang kurang adalah keberuntungan. Bagaimanapun juga, hasil imbang pertandingan tersebut secara akurat mencerminkan situasi di lapangan karena timnas Indonesia U-19 sendiri tidak bisa dianggap remeh.

Baca Juga

Tim Dinh The Nam mungkin sedikit lebih baik dalam hal jumlah peluang bersih, namun sebaliknya, timnas Indonesia U-19 juga memiliki kekuatan untuk menjadi sama berbahaya.


1. Suporter Indonesia Pengaruhi Mental

Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022.

Bongda menulis bahwa Timnas Vietnam U-19 sepatutnya dipuji dalam laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 itu karena keberanian mereka bermain dalam suasana menyesakkan yang turun dari tribun penonton.

Puluhan ribu penonton Indonesia tentu menciptakan tekanan besar bagi para pemain muda Vietnam U-19.

Pelatih Dinh The Nam sendiri juga menyampaikan hal yang tak jauh beda. Ia pikir para pemainnya cukup merasa gugup dengan keriuhan para suporter tim tuan rumah.

Baca Juga

“Iniah pertandingan pertama dan para pemain muda saya bermain jauh dari rumah dengan penonton yang sangat besar, sebagian tentu mempengaruhi mentalitas. Mereka mungkin agak syok,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga menambahkan bahwa para pemain Timnas Indonesia U-19 sangatlah bersemangat, kuat, dan memiliki kondisi fisik yang bagus.

Baca Juga

Banyak pemain Timnas Vietnam U-19 juga terlihat mengalami kram meskipun mereka baru saja bermain di pertandingan pembukaan.

Menanggapi hal tersebut, Dinh The Nam menjelaskan bahwa semua itu terjadi karena adanya tekanan psikologis.

"Tentu saja, sebagian karena tekanan psikologis. Ini adalah pertarungan pertama, jadi sangat sulit. Jika para pemain mengalami tekanan psikologis hal itu akan mempengaruhi kebugaran fisik mereka, hingga menyebabkan kram."

Baca Juga

Sebagai pelatih, Dinh The Nam juga harus terus mencari cara bagaimana meningkatkan moral anak-anaknya, mengingat tekanan dari penggemar Indonesia akan terus bertambah.


2. Rekap Hasil Pertandingan Piala AFF U-19 2022

Logo Piala AFF u19 2022.

Berikut rangkuman hasil pertandingan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 yang digelar pada Sabtu (02/07/22) kemarin.

Turnamen sepak bola kelompok umur antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF U-19 2022, baru saja rampung menggelar sebagian pertandingan pertama dari Grup A.

Sebanyak tiga pertandingan tersaji pada Sabtu (2/7/22) kemarin yakni Myanmar vs Brunei Darussalam, Thailand vs Filipina dan Vietnam vs Timnas Indonesia U-19.

Hasilnya cukup membuat terkejut. Pertandingan pembuka digelar antara Myanmar vs Brunei Darussalam yang berakhir dengan skor telak, di Stadion Madya, Jakarta.

Myanmar pesta tujuh gol tanpa balas (7-0). Masing-masing gol dicetak oleh Moe Swe, Zaw Win Thein, Min Htwe, Chit Aye, Htet, Ar Kar Kyaw, dan Zaw Thita.

Baca selengkapnya: Rekap Hasil Pertandingan Piala AFF U-19 2022: Timnas Indonesia U-19 Kurang Beruntung

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini