x

Jumpa Timnas Indonesia di Piala AFF U-19, Ini Penilaian Shin Tae-yong soal Kekuatan Thailand

Selasa, 5 Juli 2022 12:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, menilai Vietnam dan Thailand menjadi dua tim kuat yang menjadi lawan tangguh Skuad Garuda di babak penyisihan grup A Piala AFF U-19 2022, Selasa (05/07/22).

Timnas Indonesia U-19 memang akan menghadapi Thailand di laga ketiga grup A Piala AFF U-19 2022. Skuat Garuda Nusantara bakal meladeni pasukan Hajah Perang, Rabu (06/07/22) besok di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.

Baca Juga

Menghadapi Thailand, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 tak mau menilai enteng.

Meskipun sejatinya Timnas Indonesia U-19  memiliki modal berharga usai menang besar 7-0 atas Brunei Darussalam Senin malam.

Bagi Shin Tae-yong Thailand merupakan satu tim kuat selain Vietnam yang berada di grup A.

Baca Juga

"Tim paling kuat di grup kita adalah Thailand dan Vietnam, lawan Vietnam kita main baik, dan nanti lawan Thailand kita akan mempersiapkan tim dengan baik," ucap Shin Tae-yong.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong jiga menilai dalam skuat Timnas Indonesia U-19 kali ini baginya tidak ada pemain inti atau cadangan.

Baca Juga

Baginya seluruh pemain memiliki kemampuan yang sama. "Menurut saya, tak ada inti dan cadangan semua kualitas sama, namun sudut pandang orsng berbeda, kita tidak ada pemain kuat atau lemah di tim," tutup Shin Tae-yong.


1. Shin Tae-yong Masih Belum Puas

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Moto pantang merasa puas terlalu cepat masih dipegang oleh Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-19 2022.

Kendati Garuda Muda baru saja membantai Brunei Darussalam 7-0 berkat penampilan individu brilian Hokky Caraka, tetapi juru taktik asal Korea Selatan itu masih merasa ada kekurangan yang harus ia perbaiki.

Baca Juga

Bermain di hadapan publik Stadion Patriot Candrabhaga pada Senin (04/07/22) lalu, Timnas Indonesia dibebani untuk wajib menang usai pada matchday pertama ditahan imbang Vienam tanpa gol.

Kendati demikian mereka justru tampil sangat apik terutama di babak pertama di mana enam gol sudah bersarang di gawang Brunei yang dikawal Danish Aiman.

Gol Nico jadi satu-satunya yang tercipta di paruh kedua pertandingan. Kemungkinan besar pergantian sejumlah pemain yang dilakukan Shin Tae-yong pascaturun minum jadi alasan macetnya keran gol Garuda Muda.

Baca Juga

Bisa jadi inilah penyebab kenapa juga Shin Tae-yong merasa belum puas sepenuhnya dengan performa yang ditunjukkan kontra Brunei.

Terlihat masih ada gap antara tim utama dan cadangan namun eks bos Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu enggan mendiskriminasi skuatnya dengan membagi ke dalam dua kategori tersebut.

Shin Tae-yong berharap jika nantinya semua kekuarangan bisa dikikis saat timnas Indonesia jumpa Thailand di matchday ketiga pada Rabu (06/07/22) mendatang.

"Pada babak kedua setelah pergantian pemain, organisasi kami tidak sebaik babak sebelumnya," beber Shin Tae-yong seperti yang dikutip dari Antara.

Baca Juga

"Selain itu konsentrasi juga menurun. Secara kualitas, semua pemain sama. Tidak ada pemain yang bagus atau jelek di dalam tim," lanjutnya lagi.

"Itulah kenapa di sini tidak ada (istilah) pemain inti atau pelapis," tambah pelatih kharismatik berusia 51 tahun itu.


2. Klasemen Sementara Piala AFF U-19 2022

Logo Piala AFF u19 2022.

Berikut ini klasemen sementara fase penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, di mana Timnas Indonesia U-19 merangsek ke posisi kedua usai berpesta gol.

Timnas Indonesia baru saja menikmati pesta gol melawan Brunei Darussalam di laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (04/07/22).

Timnas Indonesia U-19 yang mengincar kemenangan usai main imbang lawan Vietnam di laga perdana bermain beringas sejak menit pertama.

Serangan bertubi-tubi langsung dilancarkan Marselino Ferdinan dkk. Hasilnya, mereka langsung unggul 6-0 di babak pertama atas Brunei Darussalam.

Ada pun enam gol tersebut dicetak empat sekaligus oleh Hokky Caraka (2’, 14’, 18’, 45+2’), Ronaldo Kwateh (11’), Arkhan Fikri (20’), dan Nico (61’).

Baca selengkapnya: Klasemen Sementara Piala AFF U-19 2022: Timnas Indonesia U-19 Buntuti Thailand  

ThailandTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini