x

Wow! Jadi ‘Monster’ Lini Serang Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka Aslinya Bek Tengah

Selasa, 5 Juli 2022 10:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tidak banyak yang menyangka bahwa Hokky Caraka dulunya adalah pemain bek tengah sebelum berubah jadi 'monster' lini serang Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM – Tidak ada yang menyangka bahwa Hokky Caraka dulunya adalah pemain bek tengah sebelum berubah jadi monster lini serang Timnas Indonesia U-19 .

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan telak 7-0 atas Brunei Darussalam di laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung Senin (04/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia yang mengincar kemenangan usai main imbang lawan Vietnam di laga perdana, bermain beringas sejak menit pertama.

Serangan  bertubi-tubi langsung dilancarkan Marselino Ferdinan dkk. Hasilnya, mereka langsung unggul 6-0 pada babak pertama atas Brunei Darussalam.

Adapun enam gol tersebut dicetak empat sekaligus oleh Hokky Caraka (2’, 14’, 18’, 45+2’), Ronaldo Kwateh (11’), Arkhan Fikri (20’), dan Nico (61’).

Baca Juga

Pada babak kedua, Timnas Indonesia U-19 mampu menambah satu gol lagi dari kaki Nico. Skor 7-0 untuk keunggulan Garuda Muda bertahan hingga laga usai.

Kemenangan perdana ini membuat Timnas Indonesia U-19 naik ke posisi kedua dengan empat poin, di bawah Thailand dengan enam poin pada klasemen.

Selain itu, laga ini juga menjadi milik pemain muda PSS Sleman, Hokky Caraka, yang menempati posisi teratas di daftar pencetak gol terbanyak atau top skor Piala AFF U-19 sejauh ini.

Baca Juga

Belum ada pemain yang mencetak lebih banyak gol daripada Hokky saat ini. Bahkan tak ada pemain dari Myanmar, yang juga menang 7-0 melawan Brunei di laga pertama.

Pesaing terdekat Hokky hanyalah Nattakit Butsing (Thailand), Nguyen Quoc Viet (Vietnam) yang sama-sama mencetak dua gol.


1. Legenda Chelsea Minta Hokky Caraka Jadi Striker

Pertandingan antara Indonesia U19 vs Brunai Darussalam U19 Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Senin (04/07/22).

Pemain berusia 17 tahun ini sejatinya juga punya beberapa peluang emas untuk menambah pundi-pundi golnya, tetapi tembakannya keluar sasaran.

Melansir dari akun Lapan Bola Stats di Twitter, Hokky Caraka hingga menit ke-25 di babak pertama sudah melakukan dua gol, tiga tembakan tepat sasaran dan dua kali merebut bola dari lawan.

Baca Juga

Catatan ini membuktikan bahwa Hokky layak dianggap sebagai salah satu monster baru di lini serangan Garuda Nusantara berutan Shin Tae-yong.

Padahal, Hokky Caraka belum lama debut bersama Timnas Indonesia U-19. Tepatnya, di ajang Toulon Tournament 2022 penampilan Hokky Caraka mulai mencuri perhatian.

Uniknya, Hokky Caraka mengawali kariernya bukan sebagai striker melainkan sebagai bek tengah.

Baca Juga

Putra kebanggaan Gunung Kidul itu mulai mengasah kemampuan sepak bolanya sejak usia dini. Meski bukan berasal dari keluarga mampu, namun tekadnya meraih mimpi sangat besar.

Bakat Hokky pun juga memikat klub Liga 1 Indonesia, PSS Sleman. Hokky direkrut sebagai bagian dari tim muda PSS Sleman di kompetisi EPA U-16.

Di PSS Sleman, Hokky Caraka juga diperkenalkan sebagai pemain belakang. Meski bermain di lini belakang, Hokky Cara tetap mampu menunjukkan kehebatannya.

Baca Juga

Ini membuatnya diundang ke dalam program Garuda Select jilid ketiga dan keempat. Nah, legenda Chelsea Dennis Wise, menilai bahwa Hokky Caraka juga punya bakat sebagai penyerang.

Alhasil, Dennis Wise mendorong Hokky bermain lebih ke depan. Hasilnya tak sia-sia, Hokky Caraka justru semakin menunjukkan ketajamannya di depan gawang.


2. Hokky Caraka Siap Tancap Gas di Piala AFF U-19

Hokky Caraka, kapten Garuda Select 4. Foto: Instagram@hokkycaraka_

Meski puas dengan kemenangan tim kemarin malam serta mampu jadi top skor, Hokky Caraka melalui unggahan di Insta Story justru menunjukkan ketidakpuasan.

Pemain jebolan Garuda Select ini ‘meminta’ rekan-rekan setimnya untuk melupakan hasil lawan Brunei demi fokus ke pertandingan berikutnya.

“Lupakan, kita gas lagi next match (pertandingan selanjutnya,” tulis Hokky Caraka.

Setelah duel kontra Brunei Darussalam, Timnas Indonesia U-19 masih menyisakan tiga pertandingan lagi di fase Grup A. Tiga laga tersebut di antaranya melawan Thailand U-19 (06/07/22), Filipina (08/07/22), dan Myanmar (10/07/22).

Ketiga pertandingan itu tentunya harus dimaksimalkan oleh Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong demi mengamankan salah satu dari dua tempat terbaik untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Baca Selengkapnya: Hokky Caraka Siap Tancap Gas di Piala AFF U-19

PSS SlemanTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Garuda SelectBerita Timnas IndonesiaHokky CarakaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini