x

Pelatih Persija Jakarta Kritik Pemainnya Terlalu Lama di Timnas Indonesia U-19

Sabtu, 9 Juli 2022 17:24 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll saat jumpa pers jelang lawan Madura United di Piala Presiden 2022. Foto: Khairul Imam/Persija

INDOSPORT.COM - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll melemparkan kritikan terhadap pemusatan latihan Timnas Indonesia, Sabtu (09/07/22).

Thomas Doll melempar kritik terhadap pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu menilai pemusatan latihan skuad Garuda Nusantara berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga

Menurut Thomas Doll, para pemain di Timnas U-19 tersebut seharusnya lebih sering berlatih dengan timnya masing-masing.

Baca Juga

"Yang jadi masalah di Indonesia, adalah para pemain muda tak punya kesempatan untuk berlatih dengan tim pertama klub," ucap Thomas Doll.

Baca Juga

Memang Persija Jakarta sendiri menjadi tim penyumbang pemain terbanyak dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.


1. 6 Pemain Persija di Timnas Indonesia U-19

Selebrasi gol Alfriyanto Nico di laga Liga 1 Persija Jakarta vs Persela Lamongan.

Setidaknya ada enam pemain Macan Kemayoran yang membela panji Merah Putih. Keenam pemain tersebut antara lain, Supriadi, Muhammad Ferrari, Radzky Syahwal Ginting, Raka Cahyana, Razzaa Fachrezi, dan Alfriyanto Nico Saputro.

Baca Juga

Saking lamanya mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19, Thomas Doll sampai tak pernah melihat pemain tersebut berlatih bersama tim.

Baca Juga

"Saya tak pernah melihat mereka berlatih dengan tim. Tak satupun. Ini seharusnya tak terjadi," kritik Thomas Doll.

"Saat persiapan, mereka terbang dari satu negara ke negara lain untuk bertanding (dengan tim nasional), tapi mereka tak pernah ada di tim utama."

Baca Juga

"Mereka tak punya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan di klub," kata pelatih asal Jerman ini.


2. Tidak Bisa Berbuat Banyak

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll saat konfrensi pers usai laga Persija Jakarta vs Madura United di Piala Presiden 2022. Foto: Khairul Imam/Persija

Thomas Doll memang tidak bisa berbuat banyak bila memang kebutuhan Timnas Indonesia menjadi prioritas. Baginya itu semua berada di luar wewenang dirinya.

"Jika di sini timnas U-20 lebih penting daripada tim pertama liga, di Eropa berbeda. Saya tidak tahu, ini bukan wewenang saya. Ada pihak yang mesti memutuskan," tutur Thomas Doll.

Seperti diketahui Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang bertarung di ajang Piala AFF U-19 2022.
 

Persija JakartaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Thomas Doll

Berita Terkini