x

Mengenal Abdulla Yusuf Helal, Bomber Timnas Bahrain yang Jadi Calon Pengisi Kuota Asia di Persija

Rabu, 6 Juli 2022 19:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Abdulla Yusuf Helal, striker Timnas Bahrain yang dirumorkan gabung Persija Jakarta. Instagram@abdulla_yusuf_

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok Abdulla Yusuf Helal, penyerang Timnas Bahrain yang namanya santer diberitakan menjadi rekrutan asing Asia Persija Jakarta.

Persija Jakarta masih terus mencari satu pemain asing untuk mengisi kuota Asia di tubuh timnya. Kali ini, Macan Kemayoran dilaporkan ingin mendatangkan Abdulla Yusuf Helal.

Baca Juga

Rumor yang mengaitkan Persija Jakarta dengan Abdulla Yusuf Helal sendiri berangkat dari sebuah cuitan akun bernama @dekret.

Dalam cuitannya, ia menuliskan bahwa pemain yang merupakan penggawa Slavia Praha itu bisa saja mengisi kuota Asia di Persija.

Adanya rumor ini tak lepas dari hubungan Persija dengan Slavia Praha. Sebagai informasi, Macan Kemayoran baru saja mendatangkan dua pemain dari klub asal Republik Ceko itu.

Baca Juga

Dua pemain tersebut adalah Ondrej Kudela dan Michael Krmencik. Sehingga, hubungan baik tersebut bisa saja membuat Persija menggaet Abdulla Yusuf Helal.

Kebetulan, Abdulla Yusuf Helal nampaknya juga tak akan dipakai oleh Slavia Praha kembali, mengingat di musim sebelumnya ia dipinjamkan ke Slovan Liberec.

Sehingga, akun tersebut memunculkan rumor bahwa Persija bisa saja membuat Abdulla Yusuf Helal sebagai rekrutan Asianya.

Baca Juga

Terlebih, pelatih Persija, Thomas Doll, menuturkan dirinya butuh penyerang baru, usai penampilan buruk lini serangnya di Piala Presiden 2022 lalu.

Lantas, siapakah sosok Abdulla Yusuf Helal tersebut?


1. Penyerang Jangkung Bahrain

Abdulla Yusuf Helal, striker Timnas Bahrain yang dirumorkan gabung Persija Jakarta. Instagram@abdulla_yusuf_

Abdulla Yusuf Helal merupakan penyerang asal Bahrain yang dikenal akan postur tubuhnya. Ia memiliki postur tubuh setinggi 194 cm atau 1,94 meter.

Ia sendiri masih tergolong muda untuk ukuran pemain asing di Indonesia, mengingat masih berusia 29 tahun, atau lahir pada 12 Juni 1993 silam.

Awal mula karier sepak bolanya berasal dari Bahrain, di mana Abdulla Yusuf Helal membela East Riffa yang tak lain klub kampung halamannya sejak 2009 atau dari level akademi.

Baca Juga

Usai promosi ke tim utama, Abdulla Yusuf Helal bermain di tim utama East Riffa hingga 2017, sebelum akhirnya ia hijrah ke tim Bahrain lainnya, Al-Muharraq SC.

Di musim debutnya bersama Al-Muharraq SC, Abdulla Yusuf Helal mampu meraih gelar liga Bahrain atau Bahrain Premier League.

Kehebatannya membawa Al-Muharraq SC menjadi juara liga pun mengantarkan Abdulla Yusuf Helal ke Republik Ceko, di mana ia bergabung Bohemians 1905.

Baca Juga

Alhasil, kepindahannya tersebut membuatnya menjadi pemain Bahrain pertama yang bermain di kasta teratas Eropa.

Debutnya di Bohemians 1905 pun berjalan manis. Ia mampu mencetak satu gol dan satu assist saat timnya tumbang 2-4 dari FK Pribram.

Selama membela Bohemians 1905, Abdulla Yusuf Helal mampu melesakkan 5 gol dan 6 assist dalam 29 penampilan, yang membuat Slavia Praha pun merekrutnya pada 2019.

Pada musim panas 2019 atau Juli 2019, Abdulla Yusuf Helal kemudian bergabung Slavia Praha dan membuat dirinya menjadi pemain dari Teluk Arab pertama yang bisa tampil di Liga Champions kala timnya bertemu Inter Milan.

Baca Juga

Sayangnya, di Slavia Praha penampilannya tak begitu berkembang. Dalam 32 penampilan, ia hanya mampu mencetak 3 gol dan 2 assist yang membuatnya dipinjamkan ke Slovan Liberec dari 2020 hingga 2022.

Namun di Slovan Liberec, penampilan Abdulla Yusuf Helal cukup mentereng dengan mencetak 7 gol dan 4 assist dari 36 penampilan.

Kiprahnya di Eropa pun lantas membuat Abdulla Yusuf Helal dipanggil ke Timnas Bahrain. Lantas, bagaimana kiprahnya di tim nasional?


2. Salah Satu Pencetak Caps Terbanyak Bahrain

Abdulla Yusuf Helal, striker Timnas Bahrain yang dirumorkan gabung Persija Jakarta. Instagram@abdulla_yusuf_

Kiprah apiknya di Eropa pun membuat Abdulla Yusuf Helal kerap dipanggil ke Timnas Bahrain, di mana ia pertama kali membuat debutnya pada 2012.

Debutnya sendiri didapat pada usia 19 tahun, di mana ia tampil selama 45 menit saat Bahrain menjalani laga persahabatan melawan Azerbaijan.

Sejak debutnya pada 2012 lalu, Abdulla Yusuf Helal telah mencetak 67 penampilan bagi Bahrain dengan mengoleksi 7 gol.

Baca Juga

Meski terkesan minim, sumbangan gol Abdulla Yusuf Helal terbilang penting. Sebab, dirinya lebih banyak mencetak gol di kompetisi resmi.

Tercatat, lima gol yang ia cetak untuk Bahrain terjadi di Kualifikasi Piala Asia 2019 dan 2023, di mana ia mampu mengantarkan negaranya lolos ke putaran final.

Di Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu, Abdulla Yusuf Helal mampu mencetak dua gol, masing-masing ke gawang Turkmenistan dan Malaysia, sehingga membuat Bahrain menjadi pemuncak grup E.

Baca Juga

Dengan torehan golnya di level klub dan tim nasional itu, sejatinya Abdulla Yusuf Helal cukup untuk menjadi rekrutan Asia Persija dan tandem Michael Krmencik.

Apalagi, Abdulla Yusuf Helal terbilang akrab dengan rekrutan Persija lainnya seperti Ondrej Kudela. Sehingga akan memudahkan adaptasinya, dan juga menghadirkan Chemistry di kubu Macan Kemayoran.

Persija JakartaSlavia PrahaprofilSepak BolaThomas DollAbdulla Yusuf Helal

Berita Terkini