x

Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal, Netizen Ngamuk Tuntut PSSI Keluar dari AFF

Senin, 11 Juli 2022 05:06 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kekecewaan para pemain Timnas Indonesia U-19 seusai pertandingan melawan Myanmar di laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 pada Minggu (10/07/22) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Kegagalan Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 seusai membantai Myanmar di laga terakhir Grup A membuat netizen ngamuk.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 baru saja meraih kemenangan telak  5-1 atas Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga pada Minggu (10/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Meski menang telak atas Myanmar, Timnas Indonesia U-19 harus angkat koper dari Piala AFF U-19 2022 setelah Vietnam dan Thailand meraih hasil imbang 1-1.

Sebenarnya pasukan Shin Tae-yong, Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 11 poin di klasemen akhir grup A. Garuda Nusantara juga unggul jumlah gol.

Baca Juga

Akan tetapi, AFF telah menentukan regulasi bahwa posisi akhir penghuni klasemen adalah head to head, selisih gol dan produktivitas gol.

Maka dalam mini klasemen antara ketiga tim, Timnas Indonesia U-19 berada paling akhir karena gagal mencetak gol saat bersua Thailand dan Vietnam.

Hal ini lantas membuat banyak netizen di media sosial marah besar dengan regulasi AFF. Mereka bahkan menuntut PSSI agar Timnas Indonesia segera keluar dari AFF.

Baca Juga

"@ramadhan_hasibuan19: OUT DARI AFF,"

"@dede_riadi: NEXT GA USAH IKUT AGENDA AFF APALAH ITU. UDAH SERJNG BEGINI.. MENDING IKUT YG RESMI AJA KAYA AGENDA AFC ATAU FIFA,"

"@estu_eko_official: Juara group tapi tidak lolos, karena sistem aturan, kasihan sama semuanya, waktu, uang, perjuangan, dikalahkan dengan sistem aneh aff,"

"@hjgt.867: @mochamadiriawan84 stop ikut AFF," tulis beberapa netizen di kolom komentar Instagram resmi PSSI.


1. Shin Tae-yong Juga Kecewa dengan Regulasi AFF

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong.

Menanggapi kegagalan ke semifinal Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi perjuangan Ronaldo Kwateh dkk.

"Saya ingin ucapkan terima kasih banyak kepada para pemain yang sudah bekerja keras dan maksimal dan jadikan laga ini tidak disesali hasilnya," ujar Shin Tae-yong selepas laga.

Baca Juga

"Jadi, saya ingin ucapkan terima kasih sekali lagi untuk para pemain saya," tambah Shin Tae-yong.

Namun pelatih kepala Timnas Indonesia U-19 tersebut sangat kecewa dengan regulasi yang diterapkan AFF di perhelatan ini.

Baca Juga

Di mana Timnas Indonesia U-19 kalah head to head meski menang produktifitas dol dibandingkan dengan Thailand dan Vietnam di klasemen akhir Grup A. Baginya regulasi AFF sangat jadul dan sudah tidak digunakan oleh AFF dan FIFA.

Baca Juga

"Memang head to head seperti situasi sekarang ini memang sudah hilang kalau regulasi FIFA atau AFC, tetapi sedikit aneh memang masih ada di AFF regulasi ini," keluh Shin Tae-yong.


2. Vietnam dan Thailand Memainkan Sepak Bola Gajah?

Vietnam dan Thailand Memainkan Sepak Bola Gajah di Piala AFF u19 2022.

Hasil imbang 1-1 yang didapatkan oleh Vietnam dan Thailand dalam laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 membuat kedua tim berhak mendapat tiket ke semifinal.

Akan tetapi, kedua tim diduga melakukan sepak bola gajah. Pasalnya memang setelah keadaan 1-1, Vietnam terlihat hanya melakukan passing di sektor pertahan, tanpa berusaha untuk menyerang Thailand.

Akun twitter bernama @kom*** mengunggah kejadian tersebut, disertai dengan caption "Vietnam vs Thailand sepakbola gajah".

PSSIVietnamThailandMyanmarBola InternasionalNetizenTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongRonaldo KwatehPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini