x

Masa Bodoh dengan Timnas Indonesia, Pelatih Malaysia Malah Tebar Ancaman ke Vietnam

Selasa, 12 Juli 2022 15:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Malaysia, Hasan Sazali, tak ingin mengomentari lebih jauh mengenai kegagalan Timnas Indonesia U-19 yang tersingkir dari Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM – Pelatih Malaysia, Hasan Sazali, tak ingin mengomentari lebih jauh mengenai kegagalan Timnas Indonesia U-19 yang tersingkir dari Piala AFF U-19 2022.

Malah, sang pelatih lebih fokus mempersiapkan timnya yang akan menghadapi Vietnam di semifinal turnamen pada Rabu (13/07/22) besok.

Baca Juga

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 selaku tuan rumah turnamen Piala AFF U-19 mengalami nasib kurang beruntung gara-gara pertandingan Thailand vs Vietnam.

Kemenangan telak 5-1 atas Myanmar tidak membuat pasukan Shin Tae-yong lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Sebab, laga Thailand vs Vietnam berkesudahan 1-1. Hasil ini membuat timnas Indonesia U-19 kalah head to head dengan kedua tim tersebut.

Baca Juga

Bukan hanya itu, fans Garuda Nusantara kian dibuat ‘ngamuk’ lantaran dalam laga Vietnam vs Thailand, ada dugaan praktik kotor berupa ‘sepak bola gajah’ dan 'main sabun' alias match fixing.

Selain itu, anggapan Thailand dan Vietnam yang ‘main sabun’ itu membuat PSSI mengadukan masalah ini sebagai bentuk tidak sportivitas kepada AFF.

Bukannya memberi dukungan kepada Timnas Indonesia U-19 sebagai negara tetangga, Hasan Sazali justru membuat pernyataan yang menyakitkan.

Baca Juga

Pelatih Timnas Malaysia U-19 ini ingin Timnas Indonesia U-19 legawa dan menghormati aturan yang ditetapkan AFF perihal head-to-head.

“Itu kebijakan AFF, mereka harus mematuhi aturan. Saya melihat pertandingannya, kedua tim saling serang di awal babak pertama dan di awal babak kedua,” kata Sazali kepada awak media di Stadion Patriot Candrabhaga, Senin (11/7/22).


1. Pelatih Malaysia Tahu Cara Hancurkan Vietnam

Logo Piala AFF u19 2022.

“Tetapi, mungkin karena kelalaian di babak kedua, Thailand U-19 jadi kebobolan. Saya tidak mau berkomentar soal aturan itu (head-to-head). Itu sudah ketetapan AFF, harus dipatuhi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sazali mengaku tidak mau tahu soal nasib Timnas Indonesia U-19 yang tersingkir dari Piala AFF U-19 meski unggul secara produktivitas gol.

Baca Juga

Sebab, dirinya saat ini hanya fokus kepada Malaysia U-19 yang akan menghadapi Vietnam U-19 di semifinal.

Pertandingan melawan Vietnam dijadwalkan berlangsung apda Rabu besok, sementara Laos yang jadi juara di Grup B akan menghadapi Thailand.

Hassan bahkan sudah mengantongi cara untuk menaklukkan Vietnam di laga semifinal. Dirinya ingin Harimau Malaya muda memberikan tekanan dan tidak memberi kesempatan Vietnam menguasai bola.

Baca Juga

Vietnam dari segi permainan mereka cukup bagus, jadi kami tidak boleh memberikan mereka peluang untuk menguasai permainan," kata Hassan dilansir dari Bernama.

“Kami hanya punya satu hari (istirahat sebelum semifinal) dan berharap semua pemain bisa mendapatkan istirahat yang cukup,” lanjutnya.


2. Rapor Malaysia di Piala AFF U-19 22022

Logo Piala AFF u19 2022.

Malaysia sendiri sebelumnya kalah 0-1 dari Laos dalam laga terakhir fase grup B. Kekalahan itu membuat Malaysia harus puas sebagai runner-up grup.

Penampilan Malaysia di Piala AFF U-19 2022 sejauh ini terbilang belum meyakinkan. Selain kalah dari Laos, Malaysia juga sempat imbang tanpa gol lawan Singapura yang jadi juru kunci grup.

Dua kemenangan Malaysia didapat atas Kamboja dan Timor Leste dengan keunggulan tipis. Malaysia menang 2-1 lawan Kamboja dan unggul 4-3 atas Timor Leste.

Catatan ini sejatinya membuat Malaysia kurang diunggulkan untuk memenangkan Piala AFF U-19. Namun bukan tidak mungkin taktik Hasan Sazali bisa berjalan apik saat jumpa Vietnam dan berakhir dengan kemenangan. 

Di ajang Piala AFF, skuad U-19 Malaysia tercatat punya rapor bagus dalam tiga edisi terakhir. Mereka menjadi juara di tahun 2018, dan runner-up di tahun 2017 dan 2019.

VietnamBola InternasionalMalaysia U-19Timnas Indonesia U-19Piala AFF U-19 2022

Berita Terkini