x

Erik ten Hag Pastikan Ban Kapten Manchester United Masih Milik Harry Maguire, Blunder?

Selasa, 12 Juli 2022 11:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Erik ten Hag secara mengejutkan mengumumkan bahwa ban kapten Manchester United masih jadi miliki Harry Maguire. REUTERS-Phil Noble

INDOSPORT.COM – Erik ten Hag secara mengejutkan mengumumkan bahwa ban kapten Manchester United masih jadi miliki Harry Maguire. Apakah ini bakal jadi blunder pertama pelatih asal Belanda itu saat melatih Setan Merah?

Manchester United saat ini tengah menjalani tur pramusim di Thailand. Di sela-sela tur ini, Erik ten Hag memberi kejutan dengan penunjukkan peran kapten di tim besutannya.

Baca Juga

Erik ten Hag dengan tegas mengonfirmasi bahwa Harry Maguire akan melanjutkan perannya sebagai kapten klub.

“Harry Maguire adalah kapten (Manchester United),” ucap Ten Hag dilansir dari laman resmi Man United.

Pelatih asal Belanda itu kemudian menjelaskan alasannya tetap memasang mantan bek Leicester City ini sebagai pemimpin skuad besutannya di musim 2022-2023.

Baca Juga

Menurut Ten Hag, Maguire merupakan kapten yang sudah mapan selama beberapa tahun. Selain itu, Maguire dinilai sukses menjalankan perannya sejak pindah ke Old Trafford pada 2019.

“Tentu saja, saya harus mengenal semua pemain dan itu butuh waktu,” lanjut sang manajer.

“Tapi dia adalah kapten yang mapan selama beberapa tahun dan dia telah mencapai banyak kesuksesan, jadi saya tidak meragukannya soal masalah ini,” tandas eks pelatih Ajax Amsterdam.

Baca Juga

Sejak didatangkan dari Leicester pada 2019, Maguire memang langsung ditugaskan mengenakan ban kapten oleh pelatih Man United kala itu, Ole Gunnar Solskjaer.

Namun dalam prosesnya, penunjukkan bek berusia 29 tahun ini sebagai kapten justru menuai kontroversi dari legenda maupun fans Man United.


1. Tunjuk Maguire Jadi Kapten, Erik te Hag Dicap Blunder

Pemain Manchester United, Harry Maguire saat menghadapi Everton Reuters-Carl Recine

Pasalnya, Man United juga punya pemain lain yang lebih layak menjadi kapten. Sebut saja kiper David de Gea yang juga terbilang cukup senior di kubu tersebut.

Maguire yang kelahiran Sheffield ini sejatinya mampu tampil apik bersama Leicester City. Di musim 2018/19 dirinya mampu menyumbangkan tiga gol dari 31 pertandingan yang dijalani.

Baca Juga

Namun setelah tiba di Old Trafford, performa Maguire  di lini pertahanan Man United kurang memuaskan dalam tiga musim terakhir.

Pemain yang dibeli dari Leicester dengan biaya biaya transfer 87 juta euro ini hanya mampu menyumbangkan satu gol dari 30 pertandingan yang dijalani.

Memang cukup wajar bagi ukuran seorang pemain bek, namun catatan ini sejurus dengan dirinya jadi raja blunder di Liga Inggris. Menurut Opta, Magire catat tujuh blunder dalam 62 penampilannya terbanyak di klub dan di liga. 

Meski begitu, Erik ten Hag yang akan mengawal Manchester United memulai babak baru di musim 2022-2023 nampaknya akan memberikan kesempatan baru kepada Maguire.

Baca Juga

Soal penunjukkan Maguire sebagai kapten Manchester United sendiri sempat membuat mantan gelandang Liverpool, Danny Murphy, mengernyitkan dahi.

Menurut Murphy, keputusan Ten Hag kali ini bisa berujung petaka dan sudah seharusnya ada perubahan sosok kapten di Manchester United.

“Saya pikir dia (Ten Hag) mungkin melakukan kesalahan. Saya pikir sudah waktunya untuk perubahan kapten untuk United," ujar Murphy kepada talkSPORT.

Baca Juga

"Untuk siapa pun yang dia rekrut, itu cukup besar dan cukup berani untuk melakukannya," tambah Murphy ketika ditanya siapa yang harus menjadi kapten baru United.

"Saya ingat berada di Liverpool ketika Incey [Paul Ince] berjalan di pintu, dan mentalitas langsung berubah." tukasnya.


2. Uji Coba Pramusim: Manchester United Lawan Liverpool

Fred dan Harry Maguire di laga Crystal Palace vs Manchester United (Action Images via Reuters/John Sibley)

Manchester United sendiri dijadwalkan menjalani laga uji coba perdana di tur pramusim mereka dengan melawan Liverpool pada Selasa (12/07/22) pukul 20.00 WIB.

Rivalitas yang telah ditunjukkan selama beberapa dekade antara Manchester United dan Liverpool merupakan salah satu daya tarik pertandingan ujicoba kali ini.

Manchester United sendiri harus dihantui mimpi buruk saat mereka menelan kekalahan memalukan dengan kebobolan sembilan gol tanpa balas ooleh Liverpool musim lalu.

Terlepas dari mimpi buruk ini, Manchester United dan Liverpool diisukan bakal memainkan beberapa rekrutan anyar mereka seperti, Fabio Carvalho, Calvin Ramsay, Darwin Nunez, dan Tyrell Malacia.

Baca Selengkapnya: 

Manchester UnitedLiga InggrisHarry MaguireBerita Liga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini