x

Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030, Spanyol Tawarkan 14 Stadion Mewah

Selasa, 12 Juli 2022 04:35 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Stadion Camp Nou milik klub LaLiga Spanyol, Barcelona.

INDOSPORT.COM – Spanyol dan Portugal terus mengambil langkah untuk persiapan turnamen sepak bola terbesar atau Piala Dunia pada delapan tahun mendatang.

Dalam kerangka Kongres FIFA ke-74 pada 2024 mendatang, tempat akan Piala Dunia 2030 dipilih dan kandidat Iberia-lah yang menang.

Saat ini, negeri matador tersebut menjadi negara yang paling maju dan yang menawarkan paling banyak jaminan untuk waktu yang lama.

Baca Juga

Sejauh ini, Spanyol sudah memiliki 14 stadion mewah yang siap dipilih untuk menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2030 mendatang.

Persyaratan yang ditetapkan oleh FIFA adalah sebagai berikut, yang pertama, kapasitas stadion dimulai dari minimal 40.000 penonton.

Yang kedua, stadion harus memiliki dua lapangan dengan setidaknya 60.000 tempat untuk semifinal dan satu dari 80.000 untuk final.

Baca Juga

Untuk pertandingan antar empat semifinalis, Kandidat Iberia memiliki banyak pilihan stadion, namun untuk yang lainnya harus dilakukan di kota-kota yang telah diajak bekerjasama.

Pada intinya adalah, Spanyol akan menjadi tuan rumah inti Piala Dunia dan Portugal akan menawarkan tiga stadion dari 14 stadion yang direncanakan.

Perhitungannya seperti ini, dua stadion berasal dari Lisbon ditambah Porto, dan mereka akan menaungi pertandingan di mana Portugal dan Brasil akan menjadi unggulan.

Baca Juga

Di Spanyol, ada dua kota yang menawarkan dua stadion, seperti yang terjadi pada Piala Dunia 1982: Madrid (Santiago Bernabéu dan Metropolitano) dan Barcelona (Camp Nou dan Cornellá).


1. Saingan dengan Amerika Selatan

FIFA.

Selanjutnya, akan ada Sevilla (namun dengan La Cartuja, bukan Sánchez-Pizjuán dan Villamarín), Malaga, Bilbao, La Coruña, Gijón, Valencia dan Zaragoza (Valencia dan Zaragoza harus menghadapi kembalinya New Mestalla dan perubahan besar La Romareda).

Sementara itu, Las Palmas, Murcia, dan San Sebastián adalah stadion baru, sedangkan Vigo, Oviedo, Valladolid, Elche, dan Alicante tidak diikutkan.

Bagaimanapun juga, sebanyak minimal 72 sub-tempat harus tersaji bagi seluruh tim untuk memilih kamp kerja mereka atau bagi FIFA untuk para wasitnya.

Baca Juga

Setelah batas waktu atau deadline presentasi untuk stadion kandidat yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 ditutup, Kamis ini (14/07/22), FIFA akan mengadakan rapat.

Rapat tersebut akan bertempat di markas besar Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol di Las Rozas.

Dalam rapat itu juga akan hadir perwakilan Pemerintah Spanyol, Komunitas Otonom dan Dewan Kota.

Baca Juga

Rapat tersebut akan merinci persyaratan teknis dan jaminan yang harus dipatuhi oleh semua calon tuan rumah di Piala Dunia agar sesuai dengan keinginan FIFA.

Sejauh ini, rival yang paling dekat bagi Spanyol dan Portugal adalah Amerika Selatan.

Dahulu sempat lahir pencalonan Argentina dan Uruguay sebagai tempat untuk merayakan Centenary Piala Dunia Pertama di negara yang menjadi tuan rumah sekaligus juara pertama (Uruguay) dan Argentina. Proyek itu sudah dikemukakan 12 tahun yang lalu.

Baca Juga

Kali ini, akan ada empat negara yang bergabung, dengan tambahan Paraguay dan Chili. Akan tetapi kecil kemungkinan mereka menjadi tuan rumah, mengingat situasi ekonomi di Amerika Selatan masih kurang untuk memikirkan proyek setinggi apa yang diminta FIFA.


2. Negara-negara AFF Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

FIFA.

Para petinggi federasi sepak bola ASEAN (AFF) sudah saling setuju jika Asia Tenggara menjadi tuan rumah pada ajang Piala Dunia pada 2034 mendatang.

Menurut media asal Thailand, thairath, dalam pertemuan para pemimpin negara-negara Asia Tenggara yang diadakan di Thailand pada Selasa (05/07/22), proposal tersebut telah disetujui.

Niwat Limsuknirand, pejabat olahraga senior ASEAN, mempresentasikan rencana tersebut.

Sebelumnya di Bangkok, Limsuknirand telah mengundang Kyiv Sameth, presiden Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), dan Winston Lee, sekretaris jenderal AFF, ke dalam sebuah pertemuan.

Dalam pertemuan itu mereka sudah bertukar informasi penting terkait co-hosting Piala Dunia 2034. Persiapan Piala Dunia di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang akan digelar pada 2026 mendatang juga diberikan sebagai contoh.

Baca selengkapnya: Rencana Besar Negara-negara AFF, Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

SpanyolPortugalFIFAPiala DuniaBola InternasionalPiala Dunia 2034

Berita Terkini