x

Rencana Besar Negara-negara AFF, Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Kamis, 7 Juli 2022 02:43 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM Para petinggi federasi sepak bola ASEAN (AFF) sudah saling setuju jika Asia Tenggara menjadi tuan rumah pada ajang Piala Dunia pada 2034 mendatang.

Menurut media asal Thailand, thairath, dalam pertemuan para pemimpin negara-negara Asia Tenggara yang diadakan di Thailand pada Selasa (05/07/22), proposal tersebut telah disetujui. Niwat Limsuknirand, pejabat olahraga senior ASEAN, mempresentasikan rencana tersebut.

Baca Juga

Sebelumnya di Bangkok, Limsuknirand telah mengundang Kyiv Sameth, presiden Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), dan Winston Lee, sekretaris jenderal AFF, ke dalam sebuah pertemuan.

Dalam pertemuan itu mereka sudah bertukar informasi penting terkait co-hosting Piala Dunia 2034. Persiapan Piala Dunia di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang akan digelar pada 2026 mendatang juga diberikan sebagai contoh.

Baca Juga

Patit Suphaphong, sekretaris jenderal Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), mengatakan bahwa perwakilan AFF telah mengundang para ahli berpengalaman untuk memandu penyelenggaraan Piala Dunia.

Semua persiapan akan dipelajari secara mendetail. Suphaphong juga menegaskan bahwa FAT akan aktif mendukung AFF agar negara-negara Asia Tenggara bisa menjadi co-host Piala Dunia 2034.

Baca Juga

AFF akan memulai persiapannya pada akhir tahun ini. Ajang Piala Dunia 2026 yang bertempat di negara-negara Amerika Utara akan dipilih sebagai model.


1. Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia

Logo Piala Dunia 2022

Sebelumnya, Asia hanya sekali dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia pada 2002. Saat itu, Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah bersama.

Ini juga pertama kalinya Piala Dunia diadakan di dua negara. 20 tahun kemudian, Piala Dunia kembali ke Asia ketika Qatar terpilih sebagai tuan rumah pada tahun 2022.

Baca Juga

Pada hari Jumat (24/06/22), federasi sepak bola dunia FIFA akhirnya mengabarkan tanggal pasti penyelenggaraanan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Hajatan Piala Dunia U-20 akan berlangsung di Indonesia tahun depan. Turnamen bergengsi ini rencananya akan bergulir pada 20 Mei-11 Juni 2023.

"Setelah berdiskusi dengan PSSI serta berkonsultasi dengan seluruh konfederasi, biro mengkonfirmasi bahwa turnamen akan bergulir dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023,” tulis pernyataan di laman resmi FIFA.

Baca Juga

Menjelang persiapan Piala Dunia U-20 2023, delegasi FIFA sudah menyambangi Indonesia. Mereka melakukan inspeksi terhadap stadion-stadion pelaksana.

Selain itu, mereka juga melakukan Inspeksi ke enam venue utama Piala Dunia U-20 2023, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), lalu Stadion Jakabaring Sriwijaya (Palembang).

Selanjutnya juga Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca Juga

Nantinya, ada 24 tim yang berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023, termasuk timnas Indonesia. Eropa mendapat jatah lima slot. Disusul kawasan Afrika, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan dengan jatah masing-masing (4). Terakhir ada Oceania (2).


2. Begini Cara Aman Nobar Piala Dunia 2022

Logo Piala Dunia 2022

PT Indonesia Entertainmen Group (IEG) merupakan pemegang hak siar di wilayah Indonesia untuk beberapa program olahraga internasional.

Ada Liga Inggris, Liga Champions, UEFA Europa Conference League, NBA, Formula 1, Liga 1 hingga FIFA World Cup 2022.

Sejumlah event bergenggsi itu akan ditayangkan channel olahraga berbayar seperti Champions TV, platform OTT (over the top) Vidio, serta di kegiatan menyaksikan bersama (public viewing).

Sehubungan dengan hal ini, PT IEG secara bertahap akan melakukan sosialisasi mengenai hak siar dan kegiatan public viewing di area komersil di beberapa kota besar di Indonesia.

"Saat ini PT IEG telah mendapatkan hak siar di wilayah Indonesia untuk musim terbaru dari program-program olahraga premium dunia dari berbagai cabang olahraga yang ditayangkan di channel Champions TV dan Vidio, salah satunya adalah English Premier League pada 2022-2025 dan FIFA WORLD CUP 2022," ujar Hendy Lim, Director of Business Content PT IEG.

Baca selengkapnya: Begini Cara Aman Nobar Piala Dunia 2022, Liga Inggris Hingga Liga Champions

Piala DuniaPiala Dunia 2022Bola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Piala Dunia 2034

Berita Terkini