x

Kevin De Bruyne Sebut Mantan Pemain Tottenham Hotspur Ini Sebagai Pemain Terbaik di Dunia

Sabtu, 16 Juli 2022 18:10 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Manchester City, Kevin De Bruyne usai mencetak gol ke gawang Liverpool di Liga Inggris, Minggu (10/04/22). Foto: Reuters/Carl Recine

INDOSPORT.COM – Salah satu pemain di Liga Inggris (Premier League), Kevin De Bruyne, menyebut mantan pemain Tottenham Hotspur, Mousa Dembele, sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

Meskipun tidak pernah satu klub dengan Kevin De Bruyne, sejatinya Mousa Dembele pernah bermain bersama dengan gelandang Manchester City tersebut saat masih membela Timnas Belgia.

Baca Juga

Dembele datang ke Tottenham Hotspur pada Agustus 2012 usai The Lilywhites mengaktifkan klausul rilisnya saat masih membela Fulham.

Meskipun dianggap salah satu pemain hebat yang pernah bermain di Timnas Belgia, Dembele pernah dihukum tidak boleh bermain selama enam pertandingan setelah mencolok mata striker Chelsea saat itu, Diego Costa.

“Hukuman standar untuk pelanggaran tersebut seharusnya larangan bermain selama tiga hari, tetapi hukuman tersebut tak cukup (bagi Dembele),” tutur FA.

Baca Juga

Meskipun pernah membuat kontroversi semacam itu, manajer The Spurs saat itu, Mauricio Pochettino, menganggap pria asal Belgia sebagai seorang yang genius di antara pemain yang pernah diasuhnya.

“Seandainya kami bisa mengontrakmu saat masih berusia 18 atau 19 tahun, kamu bisa menjadi salah satu pemain terbaik di dunia,” kata Pochettino pada tahun 2017.

Namun, memang Dembele-nya Belgia ini tidak jauh berbeda dengan Ousmane Dembele dari Prancis, yaitu langganan cedera. Mousa Dembele sendiri seringkali mengalami cedera.

Baca Juga

Hingga pada November musim 2018/2019, Dembele harus menepi karena cedera karena cedera ligamen engkel. cedera tersebut menjadikan musim tersebut sebagai musim terakhirnya di Tottenham setelah mengabdi di sana selama enam setengah tahun.

Meskipun sering dihantam cedera, faktanya, beberapa pemain ini, misalnya Kevin De Bruyne, memang mengakui bahwa Mousa Dembele ini memang pemain yang luar biasa hebat.


1. Sempat Digadang-Gadang Membela Real Madrid

Pemain dan pelatih Tottenham Hotspur

Dilansir dari Mirror, meskipun pundit dan para penggemar tidak terlalu mengenali bakatnya, Kevin De Bruyne malah menyebut Mousa Dembele sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

“Bagi saya, dalam five-a-side, dia adalah pemain terbaik di dunia. Begitu kuatnya dalam menguasai bola, Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan bola dari kakinya. Baik secara ofensif maupun defensive, (dia) salah satu yang terbaik,” jelas mega bintang Manchester City itu.

Baca Juga

Dembele dikenal karena kekuatannya dalam menguasai bola dan kemampuannya menggiring bola ke depan serta menciptakan peluang bagi penyerang. Dele Alli sebelumnya pun pernah menjelaskan bagaimana rasanya bermain bersama pemain Belgia itu.

“Dia sangat lihai. Kakinya luar biasa," kata mantan pemain Spurs itu, "dia juga sangat besar, tetapi dia bisa dengan mudah menggerakkan tubuhnya, saya bahkan tidak tahu bagaimana dia bisa melakukannya."

Salah satu lawan Dembele, Wesley Snock, bahkan menyebut pemain asal Belgia itu mempunyai bakat melampaui Kevin De Bruyne dan Eden Hazard.

Baca Juga

“Beberapa orang mungkin mengatakan mereka menginginkan Eden atau De Bruyne, tetapi Mousa memiliki kualitas terbaik sebab tidaklah normal seberapa kuat dia menguasai bola. Saya telah melihatnya selama latihan, dia membuat (Vincent) Kompany seperti orang bodoh,” tuturnya.

Bahkan Dembele sempat digadang-gadang bisa bermain di klub Eropa yang lebih besar lagi, seperti yang dikatakan oleh Les Ferdinand.

“Kami biasa mengatakan ini kepadanya, 'Anda pemain berikutnya yang pergi ke Real Madrid, Anda pemain berikutnya yang pergi ke Real Madrid dari klub ini,'” kata Les Ferdinand.

Baca Juga

Rekan Dembele yang lain, Danny Rose, menjelaskan bagaimana pemain Belgia itu adalah pemain yang paling sulit untuk dilawan walaupun harus melawan Mousa Dembele dalam latihan saja.

“Mousa Dembele, dia pemain tersulit untuk diatasi. Pemain Belgia itu bermain Futsal saat tumbuh kian dewasa dan dia salah satu yang terbaik dalam permainan itu,” tutur Danny Rose.

“Dia membuat separuh (bek) Liga Inggris terlihat konyol dengan keterampilannya dan kami harus menderita karenanya setiap hari dalam latihan! Permainannya menyenangkan untuk ditonton,” tutup pemain asal Inggris tersebut.


2. Belum Istirahat Belanja, Tottenham Masih Sibuk Berburu Pemain Baru

Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte. Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs.

Di sisi lain, Tottenham Hotspur tengah aktif-aktifnya belanja pemain pada bursa transfer musim panas ini.

Saat ini, Tottenham Hotspur telah mendatangkan lima wajah baru, antara lain Ivan Perisic, Frasier Forster, Yves Bissouma, Richarlison, dan Clement Lenglet.

Padahal, baru saja pasukan Antonio Conte mengumumkan perekrutan barunya, Clement Lenglet, yang didatangkan dari Barcelona dengan status pinjaman.

Lenglet sendiri perlahan tersisihkan dalam skuad asuhan Xavi berhubung sang pemain mengalami penurunan performa.

Padahal pascakedatangannya, sang pemain menjadi tandem Gerard Pique. Sayangnya, lambat laun performa Lenglet seringkali tak konsisten.


Baca selengkapnya: Bursa Transfer: Ini 5 Target Tottenham Hotspur Selanjutnya, Ada Mantan Bintang Manchester United

Tottenham HotspurMousa DembeleKevin De BruyneLiga Inggris

Berita Terkini