x

Liga 1: Jacksen Tiago Beberkan Penyebab Persis Solo Kalah dari Dewa United

Rabu, 27 Juli 2022 13:35 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Pertandingan Liga 1 antara Persis Solo vs Dewa United di stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin (25/07/22). Foto: Dewa United

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Jacksen F Tiago, kecewa timnya harus kalah 2-3 dari Dewa United pada laga perdana Liga 1 Indonesia 2022-2023, Senin (25/7/22). Gol cepat Karim Rossi membuat strategi mereka berantakan.

Dalam laga di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Persis Solo sebenarnya tampil dengan kekuatan penuh, termasuk empat pemain asingnya.

Baca Juga

Namun, laga baru berjalan dua menit, Karim Rossi sudah membobol gawang Persis Solo yang dikawal Muhammad Riyandi. Persis Solo sempat menyamakan kedudukan lewat Gerard Artigas menit ke-23.

Tapi lagi-lagi, lini belakang Persis Solo benar-benar payah. Meski ada dua pemain asing, Jaimerson Xavier dan Aaron Evans, serta bek naturalisasi, Fabiano Beltrame, mereka bermain kurang solid.

Gol kedua Dewa United justru didapat lewat gol bunuh diri Aaron Evans menit ke-65. Saat membayangi Fahmi Al Ayyubi, Aaron malah menyundul bola ke gawangnya sendiri.

Baca Juga

Gol itu dengan cepat direspons Persis Solo. Mereka menyamakan kedudukan lewat tandukan Gavin Kwan Adsit.

Namun pada akhirnya, Dewa United keluar sebagai pemenang di laga debut Liga 1 musim ini. Tembakan keras Natanael Siringoringo melesat ke pojok kanan gawang Riyandi.
 
Dalam jumpa pers usai pertandingan, Jacksen Tiago, tak dapat menyembunyikan kekecewaan. Kelengahan pada awal pertandingan membuat strategi yang dipersiapkan buyar.

Baca Juga

"Pertandingan yang sulit karena kita mengawali dengan kebobolan menit kedua, sehingga mau rencana apapun, kalau sebelum melangkah sudah kebobolan pasti menguras tenaga secara emosional yang berat," kata Jacksen Tiago.

"Meski kita mampu bangkit dengan menciptakan dua gol tapi saya rasa start-nya menjadi sebuah hambatan yang luar bisa untuk menjalankan rencana dalam pertandingan pertama Liga 1 ini," lanjut Jacksen.


1. Evaluasi Tim

Pertandingan Liga 1 antara Persis Solo vs Dewa United di stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin (25/07/22). Foto: Dewa United

Ini bukan kali pertama Persis Solo kebobolan dengan cepat. Dalam uji coba sebelum Liga 1 bergulir melawan Persik Kediri, gawang Persis Solo juga kebobolan menit keempat.

"Kalau bicara aspek evaluasi, yang pertama tentang proses gool terlalu cepat. Dua laga berturut-turut, kita kemarin lawan Kediri menit keempat. Aspek konsentrasi untuk mengawali pertandingan perlu ditingkatkan," tutur Jacksen.

Baca Juga

Jacksen juga kecewa ketika dua gol Dewa United tercipta lewat skema bola mati. Hal itu sebenarnya sudah dilatih berkali-kali, namun tetap saja lengah.

"Evaluasi kedua, organisasi saat menghadapi set piece dari lawan. Itu sudah kita lakukan. Ada peringatan untuk tidak melakukan pelanggaran di zona satu, tapi masih terjadi juga," papar Jacksen.

Baca Juga

Sementara untuk dua gol Persis Solo dari set piece, Jacksen menyebut hal itu menjadi keunggulan yang terus diasah dan sukses berbuah dua gol.

Tampaknya strategi ini akan menjadi senjata ampuh bagi Persis Solo untuk mengarungi pertandingan Liga 1 berikutnya.


2. Suporter Berulah

Aksi Suporter Persis Solo di Fase Grup Piala Presiden 2022 (Foto: Prabowo/INDOSPORT)

Sudah kalah, Persis Solo juga harus kecewa karena suporternya berulah sebelum laga Liga 1 melawan Dewa United. Rombongan oknum suuporter Persis Solo sengaja melewati tengah kota Yogyakarta untuk menuju Magelang.

Padahal, ada jalan lain yang secara jarak lebih dekat menuju Magelang, seperti lewat Sleman dan Boyolali. Namun, rombongan itu diduga sengaja lewat Tugu Yogyakarta untuk menunjukkan eksistensi pada suporter PSIM.

Ulah yang dilakukan suporter setianya membuat berang pengusaha kaya raya, Kevin Nugroho. Salah satu pemilik saham Persis Solo ini mengancam akan meninggalkan klub yang kembali promosi ke Liga 1 musim ini.

Ancaman itu diungkapkan melalui akun twitter pribadinya @knugroho33. Kevin turut mengunggah tangkapan layar yang berisi penjelasan bahwa rombongan suporter membawa tongkat bisbol, hingga imbas ulah tersebut.

"Kelakuan mu ojo ngisin2i tim kebanggaan mu. Baliko lewat Jogja meneh PERSIS tak tinggal. (Kelakuanmu jangan membuat malu tim kebanggaanmu. Silakan lewat Jogja lagi, Persis saya tinggal)," ungkap melalui akun twitternya @knugroho33, Senin (25/07/22) petang.

Persis SoloJacksen F. TiagoPasoepatiLiga IndonesiaLiga 1Dewa United FCLiga 1 2022-2023

Berita Terkini