x

7 Rahasia yang Menyelimuti Piala Dunia 2022, Banyak yang Baru Terungkap!

Rabu, 3 Agustus 2022 15:46 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM - Gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar mengundang banyak rahasia yang mungkin publik lupa atau belum diketahui. Apa saja itu?

Kurang dari beberapa bulan lagi, publik akan disuguhkan pesta olahraga sepak bola terbesar Piala Dunia 2022 akan segera dimulai akhir tahun ini.

Baca Juga

Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan event empat tahunan tersebut oleh FIFA, yang akan dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Ini merupakan pertama kalinya Piala Dunia digelar di musim dingin untuk Eropa. Biasanya FIFA selalu menggelar di akhir kompetisi atau musim panas.

Total ada 32 tim yang sudah memastikan diri akan tampil di putaran final, untuk merebut trofi paling bergengsi itu. 

Baca Juga

Nama-nama negara besar seperti Brasil, Prancis, Argentina, Jerman masih menjadi favorit untuk diunggulkan.

Sayangnya, Piala Dunia 2022 ini sedikit hambar lantaran jawara Eropa EURO 2020, Italia, tak bisa lolos setelah mereka kalah di babak play-off.

Kendati demikian, tidak menghilangkan ketegangan dan keseruan dari Piala Dunia itu sendiri. Sebab, akan selalu ada intrik dan drama di setiap edisinya.

Baca Juga

Apalagi Piala Dunia 2022 ini menghadirkan banyak catatan menarik. Apa saja itu? berikut dari rangkuman beberapa fakta rahasia Piala Dunia 2022 Qatar.

Piala Dunia Terakhir dengan Peserta 32 Tim

Piala Dunia 2022 di Qatar akan menjadi edisi terakhir dengan peserta 32 negara. Pasalnya pada perhelatan edisi berikutnya akan bertambah menjadi 48 kontestan di tahun 2026 mendatang.

Kepastian itu diumumkan langsung oleh Biro Dewan FIFA, yang beranggotakan Presiden FIFA dan para presiden konfederasi dalam pertemuan pada Januari tahun 2017 lalu.

Hasilnya, Biro Dewan FIFA menyetujui proposal tentang penambahan jumlah peserta dan sudah disahkan dalam rapat FIFA pada bulan Mei 2017.

Sebagai catatan, negara tuan rumah berhak lolos langsung ke putaran final, dan jatahnya diambil dari kuota yang dimiliki konfederasi mereka.

Berikut Pembagian Peserta Piala Dunia 2026:

AFC (Asia): 8 jatah langsung

CAF (Afrika): 9 jatah langsung

CONCACAF (Amerika Utara, Tengah dan Kepulauan Karibia): 6 jatah langsung

CONMEBOL (Amerika Selatan): 6 jatah langsung

OFC (Oseania): 1 jatah langsung

UEFA (Eropa): 16 jatah langsung


1. Piala Dunia Termahal

Logo Piala Dunia 2022

Banyaknya stadion yang baru dibangun oleh Qatar, membuat Piala Dunia 2022 ini disebut-sebut sebagai Piala Dunia termahal dengan anggaran 200 miliar dolar untuk infrastruktur.

Infrastruktur itu meliputi pembangunan jalan raya, stadion, hotel, dan sejumlah teknologi canggih untuk digunakan di stadion.

Baca Juga

Salah satu teknologi canggih yang terbenam seperti stadion ber-ac. Qatar merupakan negara dengan suhu yang tinggi saat siang hari. 

Qatar pun memberanikan diri untuk menyediakan stadion ber AC. Seluruh stadion di Qatar akan ber AC dan memberikan kenyamanan bagi para penggemar.

Tumbalkan Banyak Korban

Pemerintah Qatar yang melakukan pembangunan besar-besaran untuk menggelar Piala Dunia harus mendapat kabar miring, setelah ada laporan menelan banyak korban jiwa pekerja migran dalam pembanguna infrastruktur.

Baca Juga

Miris, sepanjang durasi pembangunan mega proyek, terungkap sedikitnya 6.500 pekerja migran sudah berguguran. Demikian temuan terbaru dari media Inggris Guardian (23/02/2021).

Berdasarkan dokumen dari otoritas Qatar dan pihak-pihak kedutaan, mereka berhasil mengumpulkan data kematian 5.927 migran asal India, Bangladesh, Nepal dan Sri Lanka selama 2011-20, ditambah 824 korban jiwa dari Pakistan antara 2010-20.

Baca Juga

Terdapat Sejumlah Larangan

Qatar akan menjadi negara muslim pertama yang menggelar Piala Dunia. Sehingga mereka bersikukuh melarang keberadaan alkohol di dalam stadion selama Piala Dunia 2022. 

Meski begitu, panitia memberi kelonggaran untuk para suporter di waktu dan tempat tertentu.

Pembahasan soal alkohol yang tak sejalan dengan aturan agama Islam sudah terjadi sejak negara semenanjung Arab itu ditunjuk sebagai tuan rumah.

Menenggak alkohol di tempat umum merupakan tindakan ilegal di Qatar, namun panitia mencoba berkompromi jelang kehadiran jutaan suporter yang sebagian besar berasal dari negara-negara yang tak mempermasalahkan hal tersebut.

Selain alkohol, Qatar juga melarang adanya seks bebas. Pertaturan itu dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

“Seks sangat dilarang, kecuali Anda datang sebagai suami dan istri. Saya pastikan takkan ada cinta satu malam di sepanjang turnamen,” kata kepolisian Qatar, mengutip dari Sportskeeda.

“Setiap orang harus menjaga pikiran mereka, kecuali jika mereka ingin dipenjara. Pada dasarnya, ini untuk pertama kalinya di ajang Piala Dunia ada larangan seks,” lanjut pihak kepolisian.


2. Musim Dingin Pertama

Logo Piala Dunia 2022

FIFA melakukan terbososan saat menggelar Piala Dunia 2022 di Qatar. Sebab ini jadi pertama kalinya ajang empat tahunan tersebut digelar di musim dingin.

Biasanya, Piala Dunia berlangsung di pertengahan tahun atau saat kompetisi-kompetisi di Eropa telah selesai. Tetapi ada pengecualian saat digelar di Qatar.

Baca Juga

Bahkan saat terakhir kali Piala Dunia 2022 digelar di Asia dengan Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah, juga tetap digelar pertengahan tahun antara Juni hingga Juli.

Qatar terletak di Timur Tengah dan biasanya mengalami suhu yang sangat tinggi hingga mencapai 50 derajat celcius saat pertengahan tahun.

Oleh karena itu, Piala Dunia FIFA dipindahkan saat musim dingin pada akhir tahun mendatang.

Baca Juga

Stadion Sedikit

Qatar sebagai tuan rumah hanya mampu menyediakan delapan stadion untuk digunakan perhelatan Piala Dunia 2022. Jumlah tersebut terbilang sedikit jika dibandingkan dari edisi-edisi beberapa tahun terakhir.

Rusia misalnya, pada Piala Dunia 2018 lalu mereka menyediakan 12 stadion. Selain itu, Qatar juga membangun tujuh stadion baru dan hanya satu yang dilakukan renovasi.

Pada 1978 silam, Argentina menjadi tuan rumah Piala Dunia hanya menyediakan 6 stadion dan kini Qatar menjadi tuan rumah dengan delapan stadion.

Baca Juga

Jarak Stadion Berdekatan

Qatar sebagai salah satu negara Timur Tengah di Asia, bukanlah negara dengan wilayah cukup luas. Hal tersebut membuat jarak antar stadion di Piala Dunia 2022 sangat berdekatan.

Kota tuan rumah seperti Doha, Lusail, Al Wakrah, dan Al Rayyan terletak berdekatan. Fakta menarik lain, dua stadion paling terpencil di Qatar, Al Bayt dan Al Wakrah hanya berjarak 90 mil.

FIFAPiala DuniaQatarPiala Dunia 2022TRIVIA

Berita Terkini