x

Balada Trofi Piala Dunia di Masa Lampau, Bisa-bisanya Dicolong Sampai Dua Kali

Sabtu, 30 Juli 2022 18:54 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Trofi Piala Dunia 2022. Foto: FIFA/FIFA via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 di Qatar hanya tinggal menghitung bulan, yang akan menyajikan 32 kontestan terbaik dari seluruh penjuru bumi.

Qatar sebagai tuan rumah merupakan satu dari enam wakil dikirim oleh AFC. Mereka akan membawa nama Benua Kuning bersama Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi, ditambah Australia.

Baca Juga

Gelaran Piala Dunia kali ini merupakan edisi ke-22 sejak pertama kali digelar pada tahun 1930 dengan Argentina sebagai juaranya.

Sejauh ini, Brasil masih menjadi negara tersukses di ajang empat tahunan ini dengan raihan lima gelar mereka.

Tentu ada banyak hal menarik yang terjadi selama event sekelas Piala Dunia berlangsung dari tahun ke tahun.

Baca Juga

Salah satunya yang tercatat dalam sejarah adalah kisah trofi yang raib alias hilang entah ke mana. Bahan kejadiannya terjadi sampai lebih dari sekali.

Sejak tahun 1930, ada dua trofi yang digunakan untuk perhelatan Piala Dunia, termasuk yang dipakai saat ini.

Yang satunya lagi adalah trofi Jules Rimet, yang namanya diambil dari sosok ‘bapak’ Piala Dunia dan presiden FIFA periode 1921-1954.

Baca Juga

Awalanya, trofi Piala Dunia yang hilang terjadi di London pada tahun 1966, ketika diletakkan di display pameran di Central Hall, Westminster, London.

Namun suatu hari, tahu-tahu trofi itu lenyap. Sontak, orang-orang pun dibuat bingng dan bertanya-tanya tentang seketat apa protokoler untuk menjaga benda berharga tersebut.


1. Seekor Anjing Jadi Terkenal, Trofi Dicuri Lagi

Trofi Piala Dunia dulu sempat dua kali dicuri. Foto: FIFA/FIFA via Getty Images.

Pencarian pun gencar dilakukan dan titik terang pun baru terlihat sekitar satu pekan kemudian. Ya, trofi itu telah ditemukan.

Adalah seorang warga bernama David Corbett dan anjingnya, Pickles, muncul sebagai pahlawan penemu, meski mereka sempat diduga sebagai komplotan yang mencurinya.

Baca Juga

Lucunya, Corbett awalnya mengira telah menemukan bom setelah Pickles mengendus-endus satu kotak di dekat sebuah mobil. Namun ternyata setelah dibuka itu adalah si trofi yang sudah lama dicari.

Kasus Pencurian Lagi

Insiden kedua hilangnya trofi Piala Dunia, yang dulu masih diberi nama Jules Rimet, terjadi di Brasil usai negara tersebut berhasil memenangkan Piala Dunia 1970.

Mereka pun mendapat privilege untuk menyimpan trofi tersebut lantaran sukses tampil sebagai juara sebanyak tiga kali.

Baca Juga

Akan tetapi, ketika FIFA sudah ‘ikhlas’ membuat trofi baru (yang kita kenal sekarang ini), trofi Jules Rimet yang diamanatkan kepada Brasil malah hilang pada tahun 1983.

Setelah bertahun-tahun, tak ada yang tahu ke mana raibnya piala tersebut, yang hingga kini masih jadi misteri.

Kejadian ini bahkan sempat membuat gempar jagat sepak bola setelah muncul rumor bahwa Inggris telah menukar Trofi Jules Rimet pada tahun 1966 dengan replika.

Baca Juga

Pasalnya, pada 1966 setelah insiden pencurian yang pertama, Football Association (FA) dikabarkan telah menggandakan trofi sakral tersebut dan memajangnya untuk ekshibisi, alih-alih memasang yang asli.

Namun setelah dilakukan penyelidikan oleh FIFA dan otoritas terkait, trofi yang dipindahtangankan ke Brasil dan kemudian hilang tersebut benar-benar asli.


2. Balada Trofi Piala Dunia

Trofi Piala Dunia dulu sempat dua kali dicuri. Foto: FIFA/FIFA via Getty Images.

Kejadian pencurian di Brasil pada tahun 1983 ini bermula ketika ada satu kelompok geng yang dengan nekat masuk ke kantor PSSI-nya Negeri Samba, CBF.

Mereka berhasil mencuri trofi setelah menumbangkan satu-satunya petugas keamanan yang berjaga di TKP.

Baca Juga

Sayangnaya trofi Piala Dunia yang hilang di Brasil tidak bisa ditemukan. Bahkan, ada kabar menyebut, benda keramat itu sudah dilelehkan dan dijual.

Tentang Trofi Piala Dunia

Trofi Piala Dunia yang sekarang ini kita kenal merupakan ‘pengganti’ Trofi Jules Rimet yang dahulu dikenal dengan nama Victory dan dibuat oleh seorang pematung bernama Abel Lafleur.

Bentuk awalnya terinspirasi dari Nike yang tidak lain tidak bukan merupakan dewi kemenangan Yunani.

Baca Juga

Uruguay menjadi negara pertama yang mendapat kehormatan menyimpan trofi tersebut setelah menjadi juara pada 1930.

Piala Dunia 2022

Jelang perhelatan di Qatar, trofi Piala Dunia telah memulai ‘perjalanannya’ ke berbagai negara sejak pertengahan Mei lalu.

Dubai pun jadi kota pertama yang disinggahi tur trofi Piala Dunia, yang dipresentasikan oleh Iker Casillas dan Kaka.

Baca Juga

Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar sendiri rencananya bakal memulai kick-off pada 8 November dan berakhir pada 18 Desember.

Timnas Prancis yang tampil sebagai juara di edisi Rusia 2018, kali ini berada di Grup D bersama Tunisia, Denmark, dan Australia. 

Piala DuniaPiala Dunia 2022Trofi Jules RimetBola Internasional

Berita Terkini