x

Liga Inggris: Tersia-sia di Arsenal, Bernd Leno Resmi Angkat Kaki ke Fulham

Rabu, 3 Agustus 2022 14:24 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bernd Leno akhirnya angkat kaki dari klub Liga Inggris, Arsenal. Foto: David Price/GettyImages.

INDOSPORT.COM – Kiper Arsenal berkebangsaan Jerman, Bernd Leno, resmi hengkang dari Emirates Stadium usai menjalani empat musimnya berseragam The Gunners di Liga Inggris (Premier League).

Bernd Leno resmi diperkenalkan sebagai rekrutan anyar sesama klub Liga Inggris, Fulham, dengan memakan biaya sebesar 8 juta poundsterling atau sekitar 145 miliar rupiah.

Baca Juga

Mantan pemain Bayer Leverkusen itu mau tidak mau harus cabut dari Arsenal setelah kurangnya waktu bermain usai kedatangan Aaron Ramsdale.

Bukan hanya itu, Arsenal juga kembali mendatangkan seorang kiper yang diproyeksikan akan menjadi back up Aaron Ramsdale itu sendiri, Matt Turner. 

Dengan demikian, Bernd Leno secara tidak langsung dipersilakan untuk pergi karena sudah tidak memiliki tempat utama di skuad The Gunners.

Baca Juga

“Halo penggemar Arsenal, sudah waktunya bagiku untuk pergi! Sangat menyenangkan bagiku menjadi bagian dari klub sepak bola yang hebat ini selama 4 tahun yang luar biasa,” kata Leno dalam postingan di akun Instagram miliknya.

“Terima kasih atas dukungan kalian. Aku juga berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan satu tim, staf, dan dari belakang timku. Aku tidak sabar untuk segera bertemu di Emirates Stadium,” lanjutnya.

Leno harus segera mencari klub baru agar dapat bermain secara reguler dan mendapat pos untuk mengisi skuad Jerman di Piala Dunia 2022. Kini, kiper berusia tersebut memantapkan langkahnya untuk tetap di Inggris dengan berseragam Fulham.

Baca Juga

Kepergian Leno sejatinya banyak diprotes oleh banyak pihak, seolah tak ingin kejadian pada kiper lama mereka, Emiliano Martinez, kembali terulang.

Namun patut ditunggu, apakah Bernd Leno bisa menunjukkan tajinya saat membela Fulham nanti di musim yang mendatang.


1. Kedatangan Matt Turner

Matt Turner, kiper pembawa mimpi buruk bagi Bernd Leno di Arsenal. Foto: REUTERS/Winslow Townson-USA TODAY Sports/File Photo.

Klub Liga Inggris, Arsenal, mendatangkan kiper anyar bernama Matt Turner yang menjadikan posisi Bernd Leno semakin mengkhawatirkan.

Kehadiran Matt Turner sendiri diproyeksikan akan menjadi kiper pendukung Aaron Ramsdale guna menyambut Liga Inggris musim depan.

Baca Juga

Didatangkan dari Bayer Leverkusen pada 2018, Bernd Leno langsung menjadi kiper utama Arsenal di bawah mistar gawang. Setidaknya, sampai kedatangan Aaron Ramsdale tahun lalu. 

Awalnya, Aaron Ramsdale sempat dipandang sebagai rekrutan yang kurang saat didatangkan Arsenal dari Sheffield United. 

Bukan tanpa alasan, Sheffield United baru saja terdegradasi dari Liga Inggris yang mana Ramsdale menjadi kiper utamanya.

Baca Juga

Akan tetapi, Mikel Arteta justru membuat keputusan mengejutkan saat lebih memilih kipernya yang satu itu ketimbang Bernd Leno.

Bernd Leno sendiri memulai musim 2021-2022 sebagai kiper utama. Hanya saja, rapornya di mata Mikel Arteta ternyata tidak terlalu baik.

Ia bahkan kebobolan sampai sembilan kali dari tiga laga perdana Arsenal di Liga Inggris. The Gunners tumbang di tangan Brentford 0-2 saat partai pembuka, kemudian dihantam Chelsea dua gol tanpa balas. 

Baca Juga

Kehadiran Aaron Ramsdale yang membawa angin segar pun membuat posisi Bernd Leno semakin terpinggirkan. 

Hingga situasi makin pelik usai Arsenal mendatangkan Matt Turner dari klub Major League Soccer (MLS), New England Revolution.


2. Bernd Leno Resmi Dilepas ke Fulham

Kiper klub Liga Inggris, Arsenal, Bernd Leno.

Raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal, dikabarkan sudah sepakat dengan Fulham untuk menjual mantan kiper andalan mereka, Bernd Leno. 

Seperti yang diketahui, waktu bermain Bernd Leno kian menipis seusai Arsenal mendatangkan Aaron Ramsdale dari Sheffield United pada bursa transfer musim panas tahun lalu.

Ngenesnya, meski awalnya didapuk sebagai kiper utama Arsenal, Leno hanya mencatatkan tiga penampilan di musim lalu seusai kiper asal Inggris itu datang ke Emirates Stadium. 

Sejak tiba dari Bundesliga di bawah asuhan Unai Emery pada 2018 silam, ia memang menjadi kiper utama Arsenal. 

Namun, sejumlah kesalahan dan penampilan yang tidak konsisten membuat Arteta dan Direktur Teknik, Edu, mendatangkan kiper anyar guna meningkatkan persaingan di bawah mistar gawang.

Baca selengkapnya: Bursa Transfer: Arsenal Sepakat Jual Kiper Terpinggirkannya dengan Sesama Klub Liga Inggris

ArsenalFulhamLiga Primer InggrisBernd LenoLiga Inggris

Berita Terkini