x

Profil Nabil Asyura: Hattrick untuk Timnas Indonesia, Calon Top Skor Piala AFF U-16 2022

Kamis, 4 Agustus 2022 12:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura, usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Nama Nabil Asyura jadi buah bibir publik sepak bola setelah mencatatkan hattrick untuk timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022.

Seperti diketahui, Indonesia baru saja menuntaskan perlawanan Singapura di matchday kedua Grup A dengan skor telak 9-0.

Baca Juga

Hasil ini pun membawa Indonesia memuncaki klasemen sementara dengan 6 poin, sama kuat dengan Vietnam namun unggul berkat produktivitas gol.

Skuat Garuda Asia sejauh ini sudah mengumpulkan selisih gol yang sangat impresif (+11) dari dua laga kontra Filipina dan Singapura, bahkan tanpa mengalami kebobolan sama sekali.

Ya, pertandingan melawan Singapura memang membawa berkah luar biasa bagi Indonesia karena langsung melesatkan produktivitas gol mereka bak roket berkecepatan tinggi.

Baca Juga

Nabil Asyura pun jadi salah satu pembawa berkah tersebut dengan tiga golnya ke gawang Singapura tanpa ampun.

Ia bahkan membuka keunggulan Timnas Indonesia U-16 cukup cepat di babak pertama, dengan satu gol pada menit ke-2 usai mengecoh pemain belakang lawan.

Tidak cukup sampai di situ, kurang lebih 15 menit berselang, Nabil Asyura kembali mencatatkan nama di papan skor dan membuat skor menjadi 2-0.

Baca Juga

Hingga akhirnya, hattrick-nya terjadi pada menit ke-30 lewan tandukan yang tidak mampi dihalau kiper Singapura.

Gol ketiganya itu membuat Timnas Indonesia U-16 unggul 4-0 usai Hanif Ramadhan juga mencetak satu gol pada menit ke-20.


1. Profil Singkat Nabil Asyura

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura, usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Termasuk hattrick Nabil Asyura, Timnas Indonesia U-16 menutup babak pertama dengan skor 6-0 atas sang lawan, Singapura.

Perolehan tersebut pun bertambah lagi menjadi 9-0 sampai peluit panjang dibunyikan wasit sebagai tanda akhir pertandingan.

Baca Juga

Hasil impresif 9-0 ini membawa Garuda Asia semakin dekat ke pintu semifinal Piala AFF U-16 2022. Poin mereka bagus, begitu pula selisih dan produktivitas golnya.

Kini, tersisa laga kontra Vietnam yang bakal jadi tantangan besar mereka untuk memantapkan diri sebagai juara Grup A.

Di tengah perjuangan Timnas Indonesia U-16 menuju semifinal, nama Nabil Asyura pun mencuat ke permukaan berkat penampilannya yang menonjol kontra Singapura.

Baca Juga

Sebelum bergabung dengan Timnas Indonesia, Nabil Asyura pernah tercatat sebagai pemain PSP Padang U-15, yang meraih peringkat ketiga di Piala Soeratin 2021-2022.

Naluri menjebol gawang lawan pun sudah terlihat jelas dari dirinya saat itu, usai menggondol predikat top skor dengan raihan 9 gol.

Pemain asal Sumatra Barat ini tercatat pernah menimba ilmu di Sekolah Sepak Bola (SSB) Arafah di Payakumbuh.

Baca Juga

Dari sana, ia kemudian bergabung dengan Gasliko Limapuluh Kota U-15 hingga mendarat di klub PSP Padang.

Menunjukkan penampilan gemilang, ia juga menuntut ilmu di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) daerah.

 

2. Melesat di Daftar Top Skor Piala AFF U-16 2022

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura, usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Nabil Asyura merupakan salah satu andalan Bima Sakti di Piala AFF U-16 2022 usai dimainkan sebagai starter sejak laga melawan Filipina di matchday pertama.

Kala itu, ia sebenarnya sudah mendapat peluang mencatatkan nama di papan skor, namun memang belum berhasil.

Baca Juga

Kegagalan tersebut pun langsung dibayar lunas tiga kali saat melawan Singapura. Bahkan, hattrick-nya semalam langsung membawanya melejit di daftar top skor Piala AFF U-16 2022.

Saat ini, Nabil Asyura sejajar dengan pemain Timnas Vietnam U-16, Hoang Cong Hau, yang telah sama-sama mengoleksi 3 gol selama kompetisi.

Peluangnya untuk menjadi top skor Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-16 seperti Bagus Kahfi atau Marselino Ferdinan pun masih terbuka lebar.

Baca Juga

Bukan hanya itu, ia juga punya kesempatan meraih predikat top skor kompetisi selama bisa menyalip raihan gol Hoang Cong Hau.

Sementara itu, sejauh ini Phan Thanh Duc Thien (Vietnam) masih jadi pemain tersubur di Piala AFF U-16 2022 dengan 4 gol.

Dengan persaingan di daftar top skor yang didominasi Vietnam dan Indonesia, termasuk Kafiatur Rizky dengan 2 gol, matchday terakhir Grup A bakal jadi panggung perang yang luar biasa bagi para pemain ini.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-16 sendiri dijadwalkan berjumpa Vietnam di matchday ketiga Grup A pada Sabtu tanggal 6 Agustus 2022 mulai pukul 20.00 WIB.

Selain para calon top skor yang berburu tambahan gol, laga ini juga krusial bagi kelanjutan nasib kedua tim di Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaOne FootballPiala AFF U-16 2022Nabil Asyura

Berita Terkini