x

5 Hasil Pertandingan Piala Dunia yang Berakhir dengan Kejutan, Brasil Paling Apes

Rabu, 10 Agustus 2022 12:38 WIB
Editor: Juni Adi
Trofi Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Berikut empat pertandingan di Piala Dunia yang berakkhir mengejutkan. Salah satunya ada pembantaian yang dialami oleh Brasil.

Kurang dari beberapa bulan lagi, publik akan disuguhkan pesta olahraga sepak bola terbesar Piala Dunia 2022 akan segera dimulai akhir tahun ini.

Baca Juga

Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan event empat tahunan tersebut oleh FIFA, yang akan dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Ini merupakan pertama kalinya Piala Dunia digelar di musim dingin untuk Eropa. Biasanya FIFA selalu menggelar di akhir kompetisi atau musim panas.

Total ada 32 tim yang sudah memastikan diri akan tampil di putaran final, untuk merebut trofi paling bergengsi itu. 

Baca Juga

Nama-nama negara besar seperti Brasil, Prancis, Argentina, Jerman masih menjadi favorit untuk diunggulkan.

Sayangnya, Piala Dunia 2022 ini sedikit hambar lantaran jawara Eropa EURO 2020, Italia, tak bisa lolos setelah mereka kalah di babak play-off.

Gagalnya Italia lolos adalah sebagian kecil kejutan yang terjadi di Piala Dunia. Sebab sebelumnya sudah kerap terjadi hasil pertandingan yang ternyata berada di luar prediksi banyak orang. 

Baca Juga

Di luar prediksi yang dimaksud adalah banyaknya pertandingan di Piala Dunia mengejutkan termasuk yang pernah dialami oleh negara-negara besar penuh bintang.

Berikut beberapa hasil pertandingan Piala Dunia yang berakhir dengan kejutan.

Kamerun vs Argentina

Argentina tampil sangat superior saat masih diperkuat oleh mendiang Diego Maradona di Piala Dunia 1986. Ia jadi pahlawan ketika membawa negaranya juara dunia di edisi saat itu, untuk kedua kalinya.

Namun empat tahun berselang ketika Piala Dunia 1990, Argentina justru harus kehilangan gelarnya. Tim Tango tak bisa berbuat banyak, dan harus menerima sejumlah kejutan.

Salah satunya dalah kekalahan dari Kamerun 1-0. Padahal Argentina datang dengan status juara bertahan.

Beruntung, Argentina masih mampu tampil maksimal hingga lolos ke partai final, meski harus kalah di laga pamungkas oleh Jerman.


1. Jerman Dibungkam

Trofi Piala Dunia.

Kesialan Argentina harus menular oleh Jerman. Menyabet gelar juara di Piala Dunia 1990, tapi mereka tampil melempem di edisi selanjutnya 1994.

Jerman datang ke Amerika Serikat selaku tuan rumah, dengan status juara dunia. Namun mereka terkena mitos juara bertahan yang tampil buruk.

Baca Juga

Awalnya Jerman tampil menjanjikan di babak penyisihan grup hinggga 16 besar. Tergabung di grup C bersama Korea Selatan, Spanyol, dan Bolivia, Der Panzer perkasa.

Mereka mampu meraih dua kemenangan dan satu kali imbang. Lolos ke 16 besar dengan status juara grup. Di babak gugur, mereka sukses meredam perlawanan Belgia dengan skor 3-2. 

Tetapi yang mengejutkan terjadi di babak perempatfinal melawan Bulgaria. Saat itu Jerman di favoritkan melaju mudah ke semifinal, tapi siapa sangka mereka justru harus tumbang dengan skor 2-1 dari Bulgaria.

Baca Juga

Langkah Prancis Terjegal

Mitos juara bertahan Piala Dunia akan tampil buruk di edisi berikut masih terus berlanjut pada Piala Dunia 2002. 

Kali ini menimpa Prancis, yang juara dunia edisi 1998. Bermain di Korea Selatan-Jepang, kiprah Prancis banyak membuat publik terkejut.

Le Bleus langsung kalah di laga perdana babak penyisihan grup dari tim debutan Afrika, Senegal dengan skor 0-1.

Baca Juga

Kemudian mereka ditahan imbang 0-0 oleh Uruguay, dan di laga terakhir tumbang dari Denmark 0-2. 

Tak mampu meraih satupun kemenangan, membuat Prancis harus tersingkir lebih awal karena menempati posisi juru kunci Grup A.


2. Brasil Hancur Lebur

Trofi Piala Dunia.

Piala Dunia 2014 menjadi salah satu edisi paling menyakitkan untuk publik sepak bola Brasil, tapi tidak dengan publik Jerman.

Sebab Tim Samba harus menelan kekalahan memalukan saat berhadapan dengan Jerman di babak semifinal Piala Dunia 2014.

Kala itu Jerman tampil perkasa dengan unggul lima gol di babak pertama. Lalu di babak kedua, mereka menambah dua gol lagi, dan Brasil hanya mampu membalas satu gol.

Skor 7-1 untuk kemenangan Jerman bertahan hingga laga usai. Siapa yang menyangka jika jawara dunia terbanyak itu harus kalah dengan skor telak.

Inggris Dipecundangi Amerika Serikat

Piala Dunia 1950, Amerika Serikat 1-0 Inggris - Stadion Independencia Untuk kali pertama, Inggris melangkah ke putaran final Piala Dunia.

Berbekal nama-nama tenar macam Stanley Matthews dan Tom Finney, Inggris merupakan salah satu negara yang difavoritkan di Brasil 1950.

Akan tetapi, Amerika Serikat yang diperkuat oleh sejumlah para pemain amatir, seperti petugas pos dan manajer pemakaman, bisa menghadirkan kejutan bagi publik Inggris. The Three Lions kalah 0-1 lantaran gol Joe Gaetjens.
 

InggrisPrancisJermanFIFABrasilPiala DuniaPiala Dunia 2022TRIVIAOne FootballHasil Piala Dunia 2022

Berita Terkini