x

Liga 1: HUT Arema FC, Patung Singa Tegar Jawara Diresmikan Sebagai Ikon Baru Stadion Kanjuruhan

Kamis, 11 Agustus 2022 20:20 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Stadion klub Liga 1 Arema FC, Kanjuruhan Malang resmi memiliki ikon baru, yaitu Singa Tegar Jawara, yang berupa patung berbentuk kepala singa. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Stadion klub Liga 1 Arema FC, Kanjuruhan Malang resmi memiliki ikon baru. Singa Tegar Jawara, menjadi nama resmi dari patung berbentuk kepala singa dengan menyangga mahkota di atasnya.

Peresmian itu menjadi bagian puncak dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Arema yang ke-35 pada Kamis (11/08/22). Setelah sebelumnya juga diadakan rangkaian kegiatan HUT sejak Rabu (10/08/22).

Baca Juga

Peresmian patung singa itu dihadiri para Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) di Malang Raya. Termasuk pula Walikota Malang, Sutiaji dan Bupati Malang, Sanusi.

Selain itu, hadir pula sejumlah perwakilan kepolisian dan TNI, serta sejumlah tokoh Arema FC dan para Aremania.

Pembangunan patung kepala singa itu merupakan wujud kecintaan masyarakat Malang atas eksistensi Arema FC di Liga 1. Khususnya berasal dari ide para stakeholder sepak bola yang ada di Malang Raya.  

Baca Juga

"Inisiasi ini berasal dari Kapolres dan Wakapolres Kabupaten Malang, yang ingin dibangun patung singa di Stadion Kanjuruhan," ujar Sekretaris Dispora Kabupaten Malang, Abdul Haris.

Gayung pun bersambut, dengan tergeraknya sejumlah pengusaha di Malang dalam berkontribusi mewujudkan patung singa tersebut.

"Akhirnya salah satu perusahaan di Kepanjen, Kabupaten Malang melanjutkannya dengan kesanggupan membangun patung tersebut," Abdul Haris menjelaskan.

Baca Juga

Totalitas dalam kontribusi itu pun tergambar dari besaran biaya dalam pembangunan patung ikonik tersebut, yang mencapai setengah miliar rupiah.

"Informasi yang saya dapat seperti itu, biaya pembangunan patung kurang lebih Rp500 juta," ujar figur yang juga Ketua Panpel Arema FC di Liga 1 itu menambahkan.


1. Kisah Singa Tegar

Peresmian Patung Singa Tegar Jawara sebagai ikon baru stadion Kanjuruhan Malang di acara HUT ke-35 klub Liga 1 Arema FC. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Penyematan nama Singa Tegar Jawara pada ikon baru Stadion Kanjuruhan itu pun punya secuil kisah yang menarik. 

Tegar adalah nama seekor singa yang dulunya merupakan ikon hidup dari Arema ketika klub masih bernama Arema Malang periode 2000-an.

Baca Juga

Sementara penyematan nama Jawara di belakangnya, tak lepas dari slogan yang diusung Arema FC pada peringatan HUT klub edisi kali ini, yakni Jiwa Jawara.

"Dan setelah komunikasi dengan beberapa pihak, akhirnya diputuskan ada nama Tegar untuk mengenang singa hidup yang dulu menjadi ikon Arema," ucap Udin, salah satu perwakilan Aremania.

Patung singa ini pun bakal menjadi penanda terbaik bagi Aremania saat datang ke Stadion Kanjuruhan. Letaknya tepat di area parkir barat dan menghadap langsung ke pintu gerbang stadion.    

Baca Juga

2. Bentuk Kecintaan

Arema FC mendapat hadiah istimewa berupa patung singa jelang HUT klub ke-35.

Patung senilai setengah miliar rupiah yang dibangun di Stadion Kanjuruhan adalah sebagai bentuk kecintaan untuk klub Liga 1, Arema FC.

Sejumlah pihak langsung berinisiasi untuk saling berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan patung dengan nilai mencapai setengah Miliar tersebut.

"Gagasan ini berasal dari permintaan Wakapolres Malang (Kompol Rizky Tri Putra) untuk dibuatkan patung singa," ujar Abdul Haris kepada INDOSPORT, Selasa (09/08/22). 

"Lalu Kapolres Malang, Ferli Hidayat juga turut menginisasinya hingga terwujud patung singa jawara di Stadion Kanjuruhan," kata ketua Panpel Arema FC itu melanjutkan.

Dua sosok dari kepolisian itu memang menjadi penggagas dari ikon baru Arema FC. Hal ini tak lepas dari kecintaan mereka terhadap klub kebanggaan Aremania tersebut yang bermain di Liga 1.

Baca selengkapnya: Patung Singa Setengah Miliar di Stadion Kanjuruhan Wujud Kecintaan untuk Arema

AremaniaLiga IndonesiaStadion KanjuruhanArema FCLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini