x

Piala AFF U-16: Jelang Final Lawan Vietnam, Bek Timnas Indonesia U-16 Dapat 'Jimat' dari Asnawi

Jumat, 12 Agustus 2022 13:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Bek Timnas Indonesia U-16, Sulthan Zaky Pramana, mendapatkan ‘jimat’ dari seniornya, Asnawi Mangkualam Bahar, jelang melawan Vietnam di final Piala AFF U-16.

INDOSPORT.COM – Bek Timnas Indonesia U-16, Sulthan Zaky Pramana, mendapatkan ‘jimat’ dari seniornya, Asnawi Mangkualam Bahar, jelang melawan Vietnam di final Piala AFF U-16 2022.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 bakal bersua Vietnam di pertandingan final Piala AFF U-16 2022. Duel ini tersaji di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/08/22) pukul 20.00 WIB.

Baca Juga

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menembus partai final setelah mereka sukses mengalahkan Myanmar dengan skor 5-4 di semifinal Piala AFF U-16 2022.

Saat itu pasukan Bima Sakti sempat tertinggal lebih dulu. Myanmar mencetak gol pembuka pada menit ke-44 lewat Nay Min Htet dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Beruntung, di babak kedua Garuda Asia mampu bangkit dan mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-69 lewat tembakan bebas dari Riski Afrisal.

Baca Juga

Tanpa babak perpanjangan waktu, laga langsung dilanjutkan lewat drama adu penalti. Dewi Fortuna berpihak kepada skuat Garuda Asia karena memenangkan laga dengan skor 5-4.

Sementara itu, Vietnam U-16 lolos ke partai final dengan hasil mengejutkan. Mereka sukses menggilas tim kuat Thailand dengan skor dua gol tanpa balas alias 2-0.

Sulthan Zaky Pramana Putra Razak, gelandang andalan Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16 dipastikan akan diturunkan saat final melawan Vietnam yang terbilang musuh berat.

Baca Juga

Menjelang pertandingan tersebut, Sulthan Zaky mendapatkan ‘jimat’ dari bintang Timnas Indonesiam Asnawi Mangkualam. Jimat yang dimaksud ini pesan berisi dukungan mental.

Hal ini diketahui lewat unggahan Asnawi Mangkualam melalui unggahan di Insta Story pada akun pribadi Instagram, Jumat (12/08/22).

Asnawi Mangkualam, pemain Timnas Indonesia. Foto: Instastory@asnawi_bhr

1. Asnawi Beri Dukungan untuk Timnas Indonesia U16

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22).

Bintang klub Korea Selatan, Ansan Greeners tersebut mendoakan skuad asuhan Bima Sakti agar meraih keberuntungan di partai final Piala AFF U-16.

“Semoga beruntung,” tulis Asnawi yang secara khusus juga menandai akun Sulthan Zaky.

Baca Juga

Dengan jimat berupa dukungan dari Asnawi, tentunya Sultan Zaky dan rekan-rekannya bisa semakin bersemangat menghadapi Vietnam demi memenangkan trofi kedua Piala AFF U-16 malam nanti.

Asnawi dan Sulthan Zaky sendiri memang mengenal satu sama lain mengingat keduanya sama-sama binaan salah satu klub terbesar di Indonesia, PSM Makassar.

Sebelum direkrut klub K-League 2, Ansaan Greeners FC, Asnawi merupakan salah satu penggawa di klub yang berjuluk Juku Eja, PSM Makassar.

Baca Juga

Dia ditempatkan oleh pelatih Darije Kalezic saat itu di posisi bek kanan. Pemuda kelahiran Makassar, 4 Oktober 1999 ini mampu menunjukkan kemampuannya dan tak kalah dibanding pemain senior lainnya.

Sementara Sulthan Zaky sendiri saat ini berstatus sebagai pemain binaan Akademi PSM Makassar. Selain Sultan Zaky, ada juga striker Arjuna Tri Wahyudi yang juga dipanggil Bima Sakti ke Timnas Indonesia U-16 untuk Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga

Sulthan Zaky dan Arjuna tercatat jadi bagian yang membawa PSM Makassar U-16 meraih gelar juara Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 pada 2021 lalu.

Di PSM Makassar U-16, keduanya merupakan pemain andalan yang masing-masing punya keunggulan. Mereka dinilai banyak berkontribusi sehingga membawa timnya keluar sebagai juara.


2. 3 Alasan Timnas Indonesia U-16 Bisa Juara Piala AFF U-16

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22).

Berikut INDOSPORT telah merangkum tiga alasan kuat mengapa Timnas Indonesia U-16 bakal bisa menundukan Vietnam dan meraih juara Piala AFF U-16 2022:

Alasan pertama Timnas Indonesia U-16 bakal menang atas Vietnam karena pasukan Bima Sakti sudah pernah bertemu di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (06/08/22) lalu, Garuda Asia sukses mendulang kemenangan dengan skor 2-1.

Timnas Indonesia U-16 memiliki keuntungan lainnya yakni setelah Vietnam dilaporkan bakal bermain pincang di pertandingan final Piala AFF U-16 2022.

Baca selengkapnya: 3 Alasan Kuat Timnas Indonesia Bakal Tundukan Vietnam di Final Piala AFF U-16 2022

VietnamPSM MakassarTimnas Indonesia U-16Piala AFFBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022Timnas Vietnam U-16

Berita Terkini