x

Sama-sama Pesakitan di Liga Inggris, Head to Head Jurgen Klopp dan Erik ten Hag Siap Jadi Sorotan

Sabtu, 20 Agustus 2022 22:37 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Liverpool dan Manchester United sedang terseok-seok di Liga Inggris. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa.

INDOSPORT.COM - Baik Jurgen Klopp maupun Erik ten Hag mungkin pusing tujuh keliling lantaran Liverpool dan Manchester United sedang terseok-seok di Liga Inggris (Premier League).

Dari dua pertandingan yang sudah mereka lalui masing-masing, kedua tim sama-sama gagal meraih hasil maksimal.

Baca Juga

Liverpool yang tampil trengginas musim lalu dengan status runner-up, mengawali 2022-2023 dengan bermain imbang kontra Fulham dan Crystal Palace.

Selain itu, The Reds juga gagal mencetak clean sheet usai kebobolan 2-2 dan 1-1. Sekarang, mereka hanya bisa bertengger di peringkat 15 klasemen Liga Inggris - sampai tulisan ini dibuat.

Meski begitu, nasib Jurgen Klopp dan para pemainnya tidak terlalu buruk jika dibandingkan kubu Erik ten Hag.

Baca Juga

Manchester United yang tampil meyakinkan saat pramusim, malah terjun bebas di klasemen sehingga harus terjebak di posisi buncit.

Bruno Fernandes dkk kalah di dua pertandingan pertamanya di Liga Inggris, masing-masing melawan Brighton dan Brentford.

Bahkan saat melawan Brentford tempo hari, Setan Merah melempem dengan skor 0-4. Sang lawan tidak memberi satu kesempatan pun bagi anak-anak asuh Erik ten Hag untuk mencetak gol.

Baca Juga

Tidak ayal, pertandingan pekan ini akan sangat krusial bagi Setan Merah. Jika sampai kalah lagi, entah caci maki seperti apa yang bakal diterima mereka kelak.

Ya, laga antara Manchester United vs Liverpool pada matchday ketiga ini bakal jadi perang dua tim pesakitan di awal musim Liga Inggris 2022-2023.


1. Sama-sama Pesakitan di Awal Musim

Liverpool dan Manchester United sedang terseok-seok di Liga Inggris. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa.

Melempemnya penampilan dua raksasa sekaligus pasangan rival abadi di Liga Inggris ini pun cukup menyita perhatian publik sepak bola.

Pasalnya, Liverpool dan Manchester United saat ini ditangani oleh dua pelatih papan atas dunia yakni Jurgen Klopp dan Erik ten Hag.

Baca Juga

Nama yang pertama, sudah berkelana di Liga Inggris sejak 2015, ketika ditunjuk menangani Liverpool selepas angkat kakinya Brendan Rodgers.

Sementara itu, Erik ten Hag dikenal sebagai pelatih yang berhasil membawa para pemain muda Ajax berjaya di level Eropa.

Kehadirannya di Liga Inggris pun diharapkan menambah warna-warni eksistensi pelatih di kompetisi ini setelah ada Jurgen Klopp, Pep Guardiola, Antonio Conte, dan Thomas Tuchel.

Baca Juga

Namun kini dengan situasi Liverpool dan Manchester United yang sedang terseok-seok dengan hasil di bawah ekspektasi publik, pertemuan keduanya pada matchday ketiga diprediksi berlangsung krusial.

Jelang pertemuan tersebut, seperti apa catatan head to head Jurgen Klopp dan Erik ten Hag? Sebelum musim 2022-2023, mereka sudah berjumpa di laga pramusim yang digelar di Bangkok, Thailand.

Mengagetkan, Liverpool yang pada waktu itu diunggulkan ternyata takluk dengan cukup memalukan dengan skor 0-4.

Baca Juga

Di Stadion Rajamangala pada 12 Juli 2022, Manchester United membabat habis Liverpool melalui 4 gol dari Jadon Sancho, Anthony Martial, Fred, dan Facundo Pellistri.

Sontak saja, suporter dan penikmat sepak bola langsung melihat secercah cahaya yang dibawa Erik ten Hag ke Manchester United, sebuah harapan bahwa tim ini bisa segera bangkit dari keterpurukan.

 

2. Catatan Pertemuan Jurgen Klopp dan Erik ten Hag

Liverpool dan Manchester United sedang terseok-seok di Liga Inggris. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa.

Sebelum perjumpaan di Bangkok tersebut, Jurgen Klopp dan Erik ten Hag sudah pernah berhadapan satu sama lain dua kali sepanjang kariernya.

Akan tetapi, pertemuan mereka terjadi saat Erik ten Hag menukangi Ajax, yakni Liga Champions 2020-2021.

Baca Juga

Berjumpa di putaran grup, Erik ten Hag harus mengakui keunggulan Jurgen Klopp di dua pertemuan mereka pada bulan Oktober dan Desember.

Sama-sama menggunakan formasi 4-3-3, Jurgen Klopp berhasil mengungguli rekan seprofesinya itu dengan skor masing-masing 1-0.

1-0 yang pertama, berasal dari laga yang digelar tertutup di Johan Cruyff ArenA pada Oktober 2020. Sayangnya, gol semata wayang Liverpool kala itu dicetak oleh pemain Ajax, Nicolas Tagliafico, pada menit ke-35.

Baca Juga

Selama 2x45 menit waktu normal, Mohamed Salah dkk ternyata gagal mencetak gol dengan upaya mereka sendiri. Poin penuh pun berhasil digondol dengan sedikit sentuhan keberuntungan.

Kemudian 1-0 yang kedua, terjadi pada Desember 2020. Adalah Curtis Jones yang menjadi pahlawan tunggal Liverpool pada waktu itu.

Liverpool pun finis sebagai juara Grup D, ditemani Atalanta ke fase gugur, sedangkan Ajax terpaksa turun kasta ke Liga Europa usai berakhir di peringkat ketiga.

Baca Juga

Dalam waktu dekat, Jurgen Klopp dan Erik ten Hag akan kembali berjumpa. Apakah yang akan terjadi apabila keduanya sama-sama menggunakan skema 4-3-3 seperti pertemuan sebelumnya?

Pertandingan antara Manchester United vs Liverpool untuk matchday ketiga Liga Inggris 2022-2023 bakal digelar pada Selasa (23/08/22) dini hari WIB.

Manchester UnitedLiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisErik ten HagOne Football

Berita Terkini