x

5 Pencetak Hattrick Beruntun di Liga Inggris Sebelum Haaland, Ada Legenda Manchester United

Kamis, 1 September 2022 15:09 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
West Ham United vs Manchester City, Selebrasi Erling Braut Haaland merayakan gol pertama REUTERS-Tony

INDOSPORT.COM - Erling Haaland bukanlah pencetak hattrick beruntun pertama di Liga Inggris. Ada beberapa pemain yang lebih dulu melakukannya termasuk legenda Manchester United.

Haaland mencetak hattrick beruntun pada laga Manchester City vs Crystal Palace dan pada duel Manchester City vs Nottingham Forest.

Baca Juga

Saat melawan Crystal Palace, pemain Tim Nasional Norwegia itu mencetak hattrick pada menit ke-62, 70, dan 81. Semua gol di buat pada babak kedua.

Sedangkan ketika menghadapi Nottingham Forest, striker berusia 22 tahun itu mengukir hattrick pada pertama, yakni pada menit ke-12, 23, dan 38.

Keberhasilan Haaland mengukir hattrick jelas membuat fans The Citizens langsung melupakan sang legenda Sergio Aguero.

Baca Juga

Selama 10 musim di Etihad Stadium, Aguero sudah mengoleksi 184 gol dari 275 pertandingan Liga Inggris. Lalu, apakah Haaland mampu melewati catatan Aguero?

Selain itu moncernya mantan striker Borussia Dortmund tersebut dalam membobol gawang sekaligus menjawab bahwa dirinya pantas menggantikan peran Gabriel Jesus dan Raheem Sterling.

Jesus dan Sterling dilepas oleh manajemen Manchester City pada bursa transfer musim panas 2022. Alasannya tak lain karena mereka sudah mengincar Haaland.

Baca Juga

Total Erling Haaland sudah mengukir 9 gol sepanjang Liga Inggris 2022/23. Dia menjadi top skor sementara, mengungguli Aleksandar Mitrovic dan Harry Kane.

Namun demikian, Haaland bukanlah pencetak hattrick beruntun pertama di Liga Inggris. Berikut ada 5 pemain yang pernah mencetak hattrick beruntun di Liga Inggris.


1. Hattrick Beruntun Pertama di Liga Inggris

Didier Drogba dan trofi Liga Inggris saat membela Chelsea.

1. Les Ferdinand (Queens Park Rangers)

Les Ferdinand menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick dalam dua pertandingan berturut-turut di Liga Inggris sejak erah Premier League.

Dia menjadi pemain pertama yang membuat rekor langka ini ketika dia mencetak dua hattrick berturut-turut saat masih memperkuat Queens Park Rangers pada Liga Inggris 1992/93.

Baca Juga

Prestasi bersejarah itu bermula ketika laga Queens Park Rangers vs Nottingham Forest pada 10 April 1993. Ferdinand mencetak hattrick untuk membawa QPR menang 4-3.

Hebatnya berselang dua hari kemudian, pada 12 April 1993, Ferdinand kembali membuat hattrick saat laga Everton vs Queens Park Rangers. QPR menutup laga dengan kemenangan 3-5 atas tuan rumah.

Bersinar bersama QPR, karier Ferdinand pun semakin cemerlang di Liga Inggris. Pada musim panas 1995 dia rekrut Newcastle United, dan menjadi tandem striker legenda Inggris, Alan Shearer.

Setelah itu dia hijrah ke Tottenham Hotspur dan bermain di sana selama 5 setengah musim. Dan secara keseluruhan Ferdinand sudah mengoleksi 149 gol di Liga Inggris (era Premier League), termasuk gol bersama West Ham United dan Leicester City.

Baca Juga

2. Ian Wright (Arsenal)

Pemain kedua pencetak hattrick beruntun di Liga Inggris adalah Ian Wright. Prestasi itu dia ukir ketika pada masa keemasannya bersama Arsenal.

Uniknya, hattrick beruntun yang dicatat Wright dilakukan ketika Arsenal bermain di kandang lawan pada Liga Inggris 1993/94. Yakni saat bertandang ke markas Ipswich Town dan Southampton.

Melawan Ipswich Town pada 5 Maret 1994, Ian Wright mencetak hattrick saat Arsenal membawa pulang sebuah pesta gol dengan skor 1-5.

Lalu saat bertandang ke kandang Southampton pada 19 Maret 1994, Arsenal kembali pesta gol. Kali ini Wright mencetak 3 gol dari 4 gol Arsenal yang diukir ke gawang Southampton.

Ian Wright adalah legenda Arsenal, di mana dia turut mempersembahkan gelar Liga Inggris 1997/98, Piala FA 1992/93 dan 1997/98, serta Piala Liga 1992/93 dan Piala Winners 1993/94.

Total Ian Wright mengoleksi 113 gol di Liga Inggris (era Premier League), termasuk 9 gol saat memperkuat West Ham United.

Baca Juga

3. Didier Drogba (Chelsea)

Butuh waktu sekitar 16 tahun untuk kembali menemukan pencetak hattrick beruntun di Liga Inggris. Dan pemain itu adalah Didier Drogba.

Penyerang asal Pantai Gading itu mencatat hattrick berturut-turut di Liga Inggris bersama Chelsea.

Namun yang berbeda adalah hattrick Drogba diukir pada musim yang berbeda, yakni pada 2009/10 dan 2010/11.

Jadi Drogba mencetak hattrick pada laga terakhir Liga Inggris 2009/10, dan kembali membuat hattrick pada pertandingan pembuat Liga Inggris 2010/11.

Pada laga penutup musim 2009/10, Drogba mencatat hattrick saat Chelsea membantai Wigan Athletic dengan skor 8-0 pada 9 Mei 2010.

Dan kemudian, setelah libur musim panas, Drogba mengawali Liga Inggris 2010/11 dengan mencatat hattrick saat Chelsea membantai West Bromwich Albion dengan skor 6-0 pada 14 Agustus 2010.

Drogba adalah striker legenda Chelsea dan Liga Inggris. Bersama The Blues dia menjuarai semua trofi di Inggris, plus Liga Champions.

Secara keseluruhan Drogba mencatat 104 gol di Liga Inggris dari 254 pertandingan bersama Chelsea.


2. Ada Legenda Manchester United

Wayne Rooney selebrasi saat bersama Man United.

4. Wayne Rooney (Manchester United)

Legenda Manchester United, Wayne Rooney, juga pernah mencetak hattrick beruntun. Catatan itu terjadi pada Liga Inggris musim 2011/12.

Hebatnya hattrick pertama dicetak pada big match melawan rival Manchester United, yakni Arsenal.

Baca Juga

Pada laga yang dimainkan 28 Agustus 2011 tersebut, Rooney membuat hattrick dan membawa Manchester United menang 8-2 atas Arsenal.

Hattrick kedua dicetak saat MU bertandang ke kandang Bolton Wanderers pada 10 September 2011. Saat itu MU membawa pulang kemenangan 0-5 atas tuan rumah.

Sama seperti Drogba, Rooney juga menjuarai semua trofi di Inggris. Bahkan Rooney lebih lengkap karena selain Liga Champions, dia juga menjuarai Liga Europa dan Piala Dunia Antarklub.

Total, Rooney mengoleksi 183 gol dari 393 pertandingan Liga Inggris bersama MU. Lalu ada juga 25 gol dari 98 laga Liga Inggris bersama Everton.

Baca Juga

5. Harry Kane (Tottenham Hotspur)

Terakhir ada nama Harry Kane, pemain yang masih aktif hingga saat ini. Dia adalah salah satu striker terbaik generasi saat ini yang tampil beringas bersama Tottenham Hotspur.

Harry Kane mencetak hattrick berturut-turut saat Tottenham melawan Burnley dan Southampton pada Liga Inggris 2017/18.

Saat bertandang ke Burnley pada 23 Desember 2017, Kane tak hanya membuat hattrick namun memborong semua gol kemenangan 0-3 Tottenham atas tuan rumah.

Lalu Kane membuat hattrick pada momen Boxing Day, tepatnya pada 26 Desember 2017. Saat itu Tottenham mengalahkan tamunya Southampton dengan skor 5-2.

Hingga saat ini, secara keseluruhan Harry Kane sudah mengoleksi 187 gol dari 284 pertandingan Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur.

Namun sayang, Kane bersama Tottenham Hotspur hingga saat ini belum pernah menjuarai gelar apa pun.

Liga Primer InggrisLiga InggrisErling Braut Haaland

Berita Terkini