x

Masuk Sejarah Liga Inggris, Erling Haaland Buat Manchester City Lupakan Sergio Aguero

Kamis, 1 September 2022 13:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Erling Haaland tampil moncer sebagai pengganti Sergio Aguero di klub Liga Inggris, Manchester City. Foto: REUTERS-Tony Obrien.

INDOSPORT.COM - Kehadiran Erling Haaland nampaknya bisa membuat klub Liga Inggris (Premier League), Mancheseter City melupakan Sergio Aguero.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa Manchester City sempat tidak memiliki striker murni di lini depannya setelah sosok yang akrab disapa Kun itu pergi.

Baca Juga

Sergio Aguero meninggalkan Manchester City pada 2021 setelah mengabdi selama kurang lebih 10 tahun di sana. Sungguh waktu yang tidak sebentar.

Selama berbakti, ia sudah memenangkan seabrek gelar seperti Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Community Shield.

Namun seperti kebanyakan rekannya di skuad The Citizens, mantan pentolan Timnas Argentina itu belum pernah mencicipi manisnya gelar Liga Champions.

Baca Juga

Paling terdekat, mereka hanya bisa mencapai final 2020-2021 dan ditumbangkan Chelsea dengan skor 1-0. Satu gol Kai Havertz sudah cukup membuat Kevin De Bruyne gigit jari di Estadio do Dragao, Porto.

Sergio Aguero sudah memutuskan gantung sepatu pada Desember 2021. Klub terakhir yang dibelanya ialah Barcelona.

Sergio Aguero memang mengalami sedikit gangguan pada kesehatannya. Ia bahkan harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluh sesak napas di laga kontra Alaves akhir Oktober lalu.

Baca Juga

Pada waktu itu, ia tidak mampu melanjutkan pertandingan dan harus segera mendapat penanganan medis.

Setelah melakukan tes, Sergio Aguero dinyatakan mengidap aritmia jantung. Memutuskan pensun, ia pun sudah berkonsultasi dengan tim dokter, klub, dan pihak-pihak terkait.


1. Manchester City setelah Sergio Aguero Pergi

Sergio Aguero saat masih berseragam klub Liga Inggris, Manchester City. Foto: Catherine Ivill/Getty Images.

Setelah Sergio Aguero pergi, Pep Guardiola pun harus memutar otak karena kehilangan salah satu striker berharganya.

Beberapa kali ia harus menjadikan Gabriel Jesus sebagai penyerang tengah, dengan hasil yang kerap mengecewakan.

Baca Juga

Bukan hanya itu. Pep Guardiola juga menggunakan false nine yang memaksa pemain seperti Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Ferran Torres, bahkan Bernardo Silva beroperasi di tempat yang tidak seharusnya.

Namun situasi sulit itu sudah berubah. Manchester City yang dulu pusing tujuh keliling menemukan penerus Sergio Aguero, kini dibuat terpana dengan rekrutan anyar mereka, Erling Haaland.

Mantan bomber Borussia Dortmund itu sejak dulu memang jadi rebutan banyak klub di bursa transfer. Bahkan, sekelas Manchester United saja gagal mendapatkannya.

Baca Juga

Setelah menjalani karier yang cemerlang di Liga Jerman, kini tiba waktunya bintang Timnas Norwegia itu menjajal kompetisi Liga Inggris yang jauh lebih menantang.

Dan nampaknya, Erling Haaland menjelma sebagai pengganti Sergio Aguero yang tidak kalah hebat dari pendahulunya itu.

Dua-duanya memiliki postur dan fisik yang kuat, ditambah naluri mencetak gol yang luar biasa saat berada di depan gawang lawan.

Baca Juga

Untuk diingat kembali, Erling Haaland bahkan langsung mencatatkan namanya di papan skor ketika pertama debut secara unofficial di pertandingan pramusim Manchester City.

Kala itu, ia membobol gawang Bayern Munchen pada 24 Juli lalu. Gol semata wayangnya itu akhirnya membawa The Citizens menang tipis dengan skor 1-0.

 

2. Erling Haaland Cemerlang

Erling Haaland tampil moncer sebagai pengganti Sergio Aguero di klub Liga Inggris, Manchester City. Foto: REUTERS-Tony Obrien.

Jika bicara soal pertandingan pramusim, baiklah, mungkin penampilan Erling Haaland waktu itu hanya dianggap ‘keberuntungan’ semata.

Apalagi, tidak semua orang memberi atensi lebih kepada pertandingan-pertandingan pramusim tim. Bagi sebagian mereka, partai resmi dan kompetitiflah yang harus dihitung.

Baca Juga

Tenang saja. Erling Haaland ternyata sukses membuktikan hal tersebut. Sampai hari ini, di mana Liga Inggris sudah memasuki matchday 5, sebanyak 9 gol sudah ia lesatkan.

Bahkan, dari 9 gol itu, 6 di antaranya berasal dari 2 laga dan dicetak secara beruntun - mulai dari laga melawan Crystal Palace pekan lalu dan Nottingham Forest semalam.

Sementara itu sisanya, dicetak Erling Haaland ketika laga debutnya di Liga Inggris saat menghadapi West Ham United (2 gol) dan satunya lagi di partai melawan Newcastle United.

Baca Juga

Bahkan dengan raihannya selepas laga kontra Nottigham Forest mengantarkan namanya menyalip rekor Sergio Aguero.

Dengan capaian 9 gol dari 5 kali main di Liga Inggris, Erling Haland berhasil melampaui catatan dua seniornya yakni Sergio Aguero dan Mick Quinn.

Pasalnya, dua sosok tersebut sempat mencatatkan 8 gol dari 5 laga perdananya di awal musim Liga Inggris.

Baca Juga

Tentu saja, hal ini akan membuat Manchester City melupakan rasa hampa mereka terhadap Sergio Aguero dulu.

Kini, Erling Haaland berada di daftar top skor Liga Inggris dengan 9 gol. Menyusul di bawahnya ada Aleksandar Mitrovic (Fulham).

Manchester CitySergio AgueroLiga Primer InggrisLiga InggrisErling Braut HaalandOne Football

Berita Terkini