x

Kontestan Liga Champions Wajib Waspada, Sporting Lisbon Punya Pemain Mirip Lionel Messi

Senin, 12 September 2022 18:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Selebrasi Marcus Edwards saat mencetak gol ke gawang Eintracht Frankfurt di Liga Champions. Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach.

INDOSPORT.COM - Para musuh Sporting Lisbon di Grup D Liga Champions termasuk Tottenham Hotspur nampaknya harus berhati-hati dengan sosok Marcus Edwards, yang mirip Lionel Messi.

Sporting Lisbon mengawali perjalanan mereka di Liga Champions dengan mulus usai menekuk wakil Jerman, Eintracht Frankfurt, 3-0 tengah pekan kemarin.

Baca Juga

Hasil ini membuat mereka bercokol di peringkat teratas klasemen dengan 3 poin dan unggul selisih gol dari klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Di jadwal Liga Champions selanjunya, Sporting Lisbon dijadwalkan berjumpa Tottenham Hotspur pada Selasa (13/09/22) malam WIB.

Jelang pertemuan ini, ada satu nama yang terbilang paling mencolok di skuad Ruben Amorim, yakni Marcus Edwards.

Baca Juga

Bukan nama yang asing di kubu The Lilywhites, pemain yang satu ini pernah merumput di Tottenham Hotspur pada periode 2015 sampai dengan 2019.

Selama membela klub asal London tersebut, Marcus Edwards bukanlah bintang besar seperti Harry Kane maupun Jimmy Greaves.

Di sana, ia malah jadi pemain spesialis pinjaman yang sempat dikirim ke Norwich City dan Excelsior sebelum akhirnya angkat kaki secara permanen ke Vitoria de Guimaraes.

Baca Juga

Winger kelahiran Inggris ini kemudian bergabung dengan Sporting Lisbon pada Januari 2022 dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 7 juta euro.


1. Marcus Edwards yang Mirip Lionel Messi

Selebrasi Marcus Edwards saat mencetak gol ke gawang Eintracht Frankfurt di Liga Champions. Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach.

Pada 2016, nama Marcus Edwards sempat ramai dibicarakan publik usai disebut-sebut mirip pemain bintang yang kala itu masih membela Barcelona, Lionel Messi.

Bukan dari sembarang orang, pernyataan tersebut muncul dari mulut Mauricio Pochettino saat masih membesut Tottenham Hotspur.

Baca Juga

“Kualitasnya, penampilannya. Tubuhnya dan cara dia bermain, mengingatkan pada Messi saat masa-masa awal,” ucap Mauricio Pochettino seperti pernah diwartakan The Guardian.

Tentunya, penting untuk dicatat bahwa pelatih asal Argentina tersebut tidak memprediksi bahwa Marcus Edwards akan menjadi the next Lionel Messi hanya karena kesamaan gaya bermain.

Akan tetapi, setelah pernyataan Mauricio Pochettino, orang-orang di klub mulai memberi julukan maupun panggilan "Mini Messi" kepada sang pemain.

Baca Juga

Gaya bermain Marcus Edwards yang dianggap mirip La Pulga tersebut, salah satunya berawal dari kebiasaannya menonton video para bintang sepak bola yang disodorkan oleh sang ayah.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk terpukau dengan skill yang ditunjukkan Neymar dan Zinedine Zidane dalam video yang ia tonton di YouTube.

Sayangnya, meski sempat dipuji Mauricio Pochettino, Marcus Edwards pada akhirnya meninggalkan Tottenham Hotspur tanpa sekalipun memainkan pertandingan di Liga Inggris.

Baca Juga

Kini, ia pun berkesempatan reuni dengan mantan klubnya di Liga Champions 2022-2023, meski tim saat ini sudah ditangani pelatih berbeda, Antonio Conte.

Pemain berusia 23 tahun ini berhasil mencuri perhatian saat Sporting Lisbon bertandang ke markas Frankfurt tempo hari.

 

2. Lawan Mantan Klub

Selebrasi Marcus Edwards saat mencetak gol ke gawang Eintracht Frankfurt di Liga Champions. Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach.

Satu golnya pada menit ke-65 membuka keunggulan Sporting Lisbon atas Eintracht Frankfurt, hingga akhirnya menutup pertandingan dengan skor 3-0.

Kini tiba waktunya Marcus Edwards untuk membuktikan kepada Tottenham Hotspur pemain berbakat macam apa yang sudah mereka pinggirkan.

Berseragam The Lilywhites, sejatinya memang mimpi pemain kelahiran 3 Desember 1998 tersebut yang terwujud namun tidak berjalan sesuai ekspektasi.

Lahir di pinggiran kota London bagian utara, Enfield, Marcus Edwards sudah lama bermimpi bermain untuk Tottenham Hotspur yang berlokasi tidak jauh dari rumahnya.

Ambisi itu terpenuhi ketika ia bergabung dengan akademi mereka dan melakukan debutnya sebagai pemain pengganti di pertandingan Piala Liga melawan Gillingham pada 2016.

Sporting Lisbon vs Tottenham Hotspur

Terlepas dari sejumlah pertandingan klub Liga Inggris yang ditunda usai mangkatnya Ratu Elizabeth II pekan lalu, pertandingan matchday 2 grup Liga Champions akan digelar sesuai jadwal.

Jelang pertemuan ini, Marcus Edwards diprediksi menjadi salah satu pemain yang bakal mencolok berkat benang merahnya dengan Tottenham Hotspur.

Selama bermain untuk Sporting Lisbon asuhan Ruben Amorim, ia menjelma sebagai salah satu sosok potensial di kancah sepak bola Portugal.

Namanya sudah cukup dikenal pada suporter Sporting Lisbon setelah melakoni debut Liga Champions musim lalu melawan Manchester City.

Selain itu, proses adaptasinya di Portugal berjalan lancar berkat bantuan Ruben Amorim yang cukup fasih berbahasa Inggris. Tottenham Hotspur, siap hadapi mantan pemain kalian yang katanya mirip Lionel Messi ini?

Liga ChampionsTottenham HotspurMarcus EdwardsBerita Liga Champions EropaOne Football

Berita Terkini