x

Gagal Menang Lagi, 3 Pelatih Top Eropa Mirip Antonio Conte yang Layak Gantikan Allegri di Juventus

Selasa, 13 September 2022 14:10 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga pelatih top Eropa dengan taktik mirip Antonio Conte yang layak gantikan Massimiliano Allegri usai rentetan hasil negatif Juventus di Liga Italia (Serie A).

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pelatih top Eropa dengan taktik mirip Antonio Conte yang layak gantikan Massimiliano Allegri usai rentetan hasil negative Juventus di Liga Italia (Serie A) dan Liga Champions.

Dalam sepekan terakhir, penampilan Juventus bersama Massimiliano Allegri di berbagai ajang yang diikuti memang sedang mendapat sorotan tajam dari para penggemar.

Baca Juga

Pasalnya dari tiga pertandingan yang dijalani, Juventus belum sekalipun meraih kemenangan dan sempat dipecundangi PSG dengan skor 2-1 di ajang Liga Champions.

Di laga teranyar, Juventus juga membuang-buang kesempatan untuk kembali ke jalur kemenangan setelah hanya bermain imbang 2-2 kontra tim papan bawah, Salernitana.

Dengan hasil minor tersebut, kini Juventus tertahan di peringkat 6 klasemen sementara Liga Italia serta bertengger di tempat ketiga Grup H Liga Champions.

Baca Juga

Imbas kegagalan Juventus bersaing di papan atas klasemen, membuat desakan Massimiliano Allegri untuk turun dari jabatan pelatih Si Nyonya Tua pun mulai bermunculan.

Tak hanya gagal membawa Juventus menang, taktik Massimiliano Allegri yang dianggap tidak ada perkembangan saat tim sedang tertekan, juga jadi alasan mengapa banyak fans yang memintanya mundur.

Sebelum dilatih Massimiliano Allegri, sejatinya Juventus punya pelatih berkarakter sekelas Antonio Conte yang berhasil membawa Si Nyonya Tua akhiri puasa gelar juara Liga Italia pada 2011/12 lalu.

Baca Juga

Meski Massimiliano Allegri bisa melanjutkan tren positif setelah ditinggal Conte, namun Juventus tampaknya masih membutuhkan sosok pelatih berkarakter serta taktik serupa dengan yang pernah diterapkan Antonio Conte.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga pelatih dengan taktik serupa Antonio Conte yang mungkin layak gantikan Massimiliano Allegri di Juventus:


1. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel di laga Dinamo Zagreb vs Chelsea di Liga Champions. Foto: REUTERS/Antonio Bronic.

Nama pertama adalah Thomas Tuchel. Pelatih asal Jerman ini bisa jadi pilihan utama Juventus jika pihak klub ingin mengganti posisi Massimiliano Allegri sebagai pelatih kepala.

Peluang mendapatkan tanda tangan Thomas Tuchel pun terbilang besar, lantaran sang pelatih saat ini sedang berstatus bebas transfer usai dipecat Chelsea.

Baca Juga

Meski dipecat, namun Thomas Tuchel punya sederet prestasi luar biasa termasuk juara Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub, hal yang memang sangat dibutuhkan Juventus untuk bisa bangkit musim ini.

Faktor lain yang membuat Thomas Tuchel layak jadi pengganti Allegri di Juventus adalah kesamaan taktik yang ia miliki dengan Antonio Conte.

Seperti diketahui, Juventus era Antonio Conte sangat erat dengan skema permainan tiga bek, namun saat dilatih Massimiliano Allegri perlahan berubah menjadi 4-3-3.

Baca Juga

Dengan datangnya Thomas Tuchel, maka taktik permainan tiga bek khas Juventus akan bisa terlihat lagi, lantaran formasi pakem Thomas Tuchel adalah 3-4-2-1 yang tak jauh berbeda dengan formasi andalan Conte.

Domenico Tedesco
Berikutnya adalah Domenico Tedesco. Salah satu pelatih muda Italia yang bersinar di kompetisi luar Serie A dan bisa jadi opsi Juventus untuk gantikan Massimiliano Allegri.

Pengalaman melatih Domenico Tedesco terbilang sangat luar biasa dengan sukses memimpin sejumlah tim besar di Jerman dan Rusia.

Baca Juga

Tim-tim seperti Schalke 04, Spartak Moscow hingga RB Leipzig tercatat pernah menggunakan jasanya sebagai pelatih kepala.

Sama dengan Thomas Tuchel, peluang Juventus mendapatkan tanda tangan Domenico Tedesco juga sangat besar lantaran sang pelatih sedang menganggur usai dipecat klub Liga Jerman, RB Leipzig.

Sebelum dipecat, karier Domenico Tedesco sejatinya cukup terkenal di Liga Jerman, terutama saat dirinya sukses membawa Die Roten Bullen menjuarai ajang DFB-Pokal 2021/22.

Domenico Tedesco bisa jadi pilihan tepat buat Juventus lantaran taktikal yang dipakai sang pelatih juga tak berbeda jauh dengan masa keemasan Juve bersama Conte yakni pakem tiga bek serta dua striker.


2. Simone Inzaghi

Simone Inzaghi berpose dengan trofi Coppa Italia setelah bawa Inter Milan juara. Foto: REUTERS/Alberto Lingria.

Terakhir adalah Simone Inzaghi. Pelatih Inter Milan yang juga bisa dilirik Juventus untuk gantikan posisi Massimiliano Allegri musim ini.

Meski masih berstatus sebagai pelatih Inter, namun ada peluang buat Juventus untuk mengamankan tanda tangan mantan juru latih Lazio tersebut.

Baca Juga

Pasalnya, Simone Inzaghi juga sedang dalam sorotan manajemen berkat pencapaian buruknya sepanjang musim ini dan berpotensi dilepas andai gagal mengembalikan Nerazzurri ke jalan kemenangan.

Walau bakal dipecat, rapor Simone Inzaghi bersama Inter Milan sepanjang musim lalu terbilang cukup apik lantaran sukses membawa La Beneamata menjuarai Super Coppa Italia serta Coppa Italia.

Faktor minimnya rekrutan anyar yang diminta Simone Inzaghi, dianggap sebagai alasan menurunnya performa Inter Milan dibawah arahannya.

Namun bersama Juventus yang cukup loyal soal transfer, tampaknya kehadiran Simone Inzaghi bisa jadi jawaban Si Nyonya Tua untuk kembali rajai Liga Italia.

Sama seperti dua pelatih sebelumnya, Simone Inzaghi juga merupakan allenatore yang mempunyai pakem tiga bek dan cukup berhasil diterapkan bersama Inter Milan dan Lazio.

JuventusAntonio ConteMassimiliano AllegriLiga ItaliaOne Football

Berita Terkini