x

Liga 1: Bersyukur Persib Menang atas Arema FC, Umuh Muchtar Puji Luis Milla dan Pemain

Selasa, 13 September 2022 09:57 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, bersyukur Persib bisa meraih kemenangan pada pertandingan tandang pekan kesembilan Liga 1 2022-2023.

Tiga poin tandang tersebut didapatkan Persib Bandung usai menaklukkan Arema FC dengan skor 2-1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (11/09/22).

Baca Juga

Menurut Umuh, pada pertandingan tersebut skuat Maung Bandung sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama melalui Dedik Setiawan. Hal itu sempat membuatnya merasa was-was.

Namun, memasuki babak kedua tim kebanggaan Bobotoh bisa bangkit. Persib akhirnya membalikkan keadaan menjadi 2-1, melalui gol Beckham Putra Nugraha di menit 49 dan David da Silva saat pertandingan memasuki menit 88.

"Alhamdulillah walaupun kita sudah ketinggalan 1-0 tapi bersyukurlah, Allah memberi jalan terbaik dan membawa kebahagiaan diberi kemenangan," ucap Umuh saat ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (12/09/22).

Baca Juga

Pria yang akrab disapa Pak Haji ini menuturkan, kemenangan Persib atas Arema FC didapat berkat kerja keras yang ditampilkan oleh pemain, selain itu dia juga memuji pelatih Luis Milla, yang pintar dalam melakukan pergantian pemain dan perubahan strategi.

Perubahan gaya bermain Persib bisa terlihat pada babak kedua, setelah masuknya Beckham Putra Nugraha menggantikan Febri Hariyadi. Beberapa menit berada di lapangan, adik kandung Gian Zola itu berhasil mencetak gol.

Gol dari Beckham tersebut membuat skor berubah menjadi imbang 1-1, sekaligus membuat tim Persib semakin termotivasi untuk kembali mencetak gol, hingga akhirnya memasuki menit 88 David da Silva mampu memanfaatkan peluang yang didapat menjadi gol.

Baca Juga

Sehingga, pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2022-2023 tim kebanggaan Bobotoh bisa meraih kemenangan dengan skor 2-1 atas tuan rumah Arema FC.

"Alhamdulillah bagus lah menurut saya, jadi tahu trik langsung kan pas pergantian langsung bikin gol dan babak kedua semua main hebat," tegas Umuh.


1. Ungkap Sukses Bungkam Arema FC

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Sementara itu, sebelumnya pelatih Persib, Luis Milla, mengungkapkan kunci keberhasilan timnya meraih kemenangan atas Arema FC pada pertandingan tandang Liga 1 2022-2023.

Pada pertandingan tersebut, skuat Maung Bandung sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama melalui Dedik Setiawan. Persib akhirnya bisa bangkit dan membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Baca Juga

Menurut Luis Milla, perubahan strategi dan pergantian pemain di babak kedua menjadi salah satu kunci timnya bisa membalikkan keadaan dan menutup pertandingan dengan skor 2-1.

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini menuturkan, pada babak pertama Arema FC mampu menguasai jalannya pertandingan dan lini tengah mereka cukup kuat.

Persib sendiri mengandalkan kecepatan sayapnya terutama Febri Hariyadi, namun strategi tersebut menurut Luis Milla tidak berjalan dengan maksimal dan tidak ada gol tercipta bagi skuat Maung Bandung.

Baca Juga

"Yang pertama seperti yang saya bilang tadi, ketika di babak pertama Arema begitu dominan, karena mereka sangat kuat terutama di lini gelandang. Dan di babak pertama kami mencoba memaksimalkan kedua sayap kita, terutama Febri dengan umpan penetrasi ke depan," kata Luis Milla setelah pertandingan.

"Dan Febri mendapatkan bola kemudian dia mencoba melakukan dribling, itu yang menjadi solusi tapi di babak pertama itu tidak berjalan," ucapnya menambahkan.

Memasuki babak kedua, dengan beberapa pertimbangan Luis Milla menarik keluar Febri Hariyadi dan digantikan oleh Beckham Putra Nugraha.


2. Beckham Putra Jadi Pembeda

Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Hasilnya, adik kandung Gian Zola tersebut mampu mengubah keadaan dan mencetak gol penyeimbang 1-1 saat babak kedua baru berjalan sekitar empat menit. 

"Sehingga di babak kedua saya mencoba mengganti Febri dengan Beckham, Beckham lebih bisa bermain dengan posession," ujar Luis Milla.

"Artinya bisa lebih mengusai bola dan mengalihkan perhatian dan mendapatkan peluang, itu solusi pertama di babak pertama," ungkapnya.

Luis Milla menyadari, di babak kedua anak asuhnya masih mendapatkan gempuran dari skuat Singo Edan. Namun, Persib memiliki pemain kunci, sehingga saat mendapat peluang bisa mencetak gol melalui Beckham dan David da Silva.

"Kemudian di babak kedua memang kita diserang di babak kedua, tetapi kita punya pemain kunci, ketika ada momen dan peluang, kita bisa manfaatkan peluang secara maksimal dengan baik," jelasnya.

Baca selengkapnya: Taktik Jenius Luis Milla Mainkan Beckham Jadi Kunci Utama Persib Kalahkan Arema di Liga 1

Persib BandungUmuh MuchtarLuis MillaLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini