x

Deretan Fakta Unik Jelang Chelsea vs RB Salzburg: Graham Potter Dibayangi Mantan

Rabu, 14 September 2022 10:02 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Brighton, Graham Potter, di laga kontra Fulham (30/08/22). (Foto: Reuters/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM – Berikut deretan fakta unik jelang duel Liga Champions 2022/23 grup E antara Chelsea vs RB Salzburg, Kamis (15/09/22).

Chelsea akan menjamu RB Salzburg di Matchday ke-2 Liga Champions 2022/23 grup E di markasnya sendiri, Stamford Bridge.

Baca Juga

Dalam duel ini, nama Graham Potter akan menjadi sorotan. Maklum saja, dirinya baru saja ditunjuk sebagai pelatih Chelsea untuk menggantikan Thomas Tuchel.

Graham Potter resmi ditunjuk pekan lalu, sesaat setelah Tuchel dilengserkan dari jabatannya pasca Chelsea tumbang di Matchday ke-1 Liga Champions 2022/23 kontra Dinamo Zagreb.

Dengan kata lain, Graham Potter pun dibebani dua hal berat di laga nanti, yakni debut bersama Chelsea dan membawa The Blues meraih kemenangan pertama di Liga Champions musim ini.

Baca Juga

Sayangnya, langkah Graham Potter ini akan dijegal RB Salzburg, tim yang penuh kejutan di sepanjang gelaran Liga Champions dalam beberapa musim terakhir.

Bahkan, RB Salzburg bisa dikatakan memulai kiprahnya di Liga Champions musim ini dengan baik, usai menahan imbang AC Milan dengan skor 1-1.

Alhasil, Graham Potter mau tak mau harus menyiapkan taktik terbaiknya agar berhasil mencetak debut gemilang dan membawa Chelsea meraih kemenangan pertama di grup E.

Baca Juga

Jelang duel ini, terdapat sederet fakta unik yang melibatkan Chelsea dan RB Salzburg, sehingga menambah keseruan dalam duel ini.

Apa saja deretan fakta unik tersebut? Berikut rangkumannya.


1. Fakta Jelang Chelsea vs RB Salzburg

Anthony Taylor tengah diprotes para pemain Chelsea di laga kontra Tottenham Hotspur (14/08/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

1. Pertemuan Pertama

Duel Chelsea vs RB Salzburg nyatanya akan jadi pertemuan pertama antara kedua tim di kompetisi Eropa, terutama di Liga Champions.

Dalam sejarahnya, Chelsea bertemu RB Salzburg hanya sekali saja, yakni di laga pramusim pada tahun 2019 lalu, saat The Blues menang 5-3 atas The Bulls.

Baca Juga

2. Catatan Mentereng Chelsea

Jelang duel dengan RB Salzburg, Chelsea punya sederet catatan mentereng. Catatan pertama adalah kehebatan The Blues di Stamford Bridge.

Dalam 20 laga babak grup Liga Champions terakhirnya di kandang, Chelsea hanya kalah sekali di Stamford Bridge, yakni dari Valencia pada musim 2019/20.

Bahkan, dalam 18 laga terakhirnya di babak grup Liga Champions, Chelsea hanya kalah dua kali, dengan catatan 11 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 2 kekalahan.

Baca Juga

3. Rekor Chelsea atas Tim Austria

Chelsea juga punya rekor mentereng melawan tim Austria di kompetisi Eropa saat bermain di kandangnya sendiri, Stamford Bridge.

Dalam dua pertemuan dengan tim Austria di Stamford Bridge, Chelsea mampu mencetak Clean Sheet atau nirbobol yakni saat menang 2-0 atas Wiener Sport-Club dan imbang 0-0 dengan Austria Vienna.


2. Fakta Lainnya

Pelatih baru Chelsea, Graham Potter saat memimpin Brighton melawan Newcastle United (13/08/22). (Foto: REUTERS/Toby Melville)

4. Debut Graham Potter

Graham Potter akan melakoni debutnya sebagai pelatih Chelsea di laga kontra RB Salzburg. Bahkan, ia juga akan melakoni debut sebagai pelatih di Liga Champions.

Dalam sejarahnya, hanya ada 7 pelatih Inggris yang menukangi tim di Liga Champions dan hanya ada 2 pelatih saja yang bisa memenangi laga debutnya di ajang ini.

Baca Juga

5. Catatan Buruk RB Salzburg

RB Salzburg punya catatan buruk jelang bertamu ke Stamford Bridge markas Chelsea. Catatan buruk ini tak lepas dari kiprahnya saat bertemu tim Inggris.

Dalam 6 pertemuannya melawan tim Inggris, RB Salzburg tak pernah menang dengan catatan 1 hasil imbang dan 5 kekalahan.

Bahkan dalam 3 kali lawatannya saat bermain tandang ke Inggris, RB Salzburg tak pernah menang atas lawannya, dengan menelan 3 kekalahan.

Baca Juga

6. Reuni Graham Potter dan Mantan Anak Asuh

Siapa sangka, duel Chelsea vs RB Salzburg ini menjadi ajang reuni bagi Graham Potter dan mantan anak asuhnya, yakni Bernardo.

Bernardo yang kini membela RB Salzburg, ternyata dulunya adalah mantan anak asuh Graham Potter di Brighton and Hove Albion.

Bernardo berada di bawah arahan Graham Potter selama kurun waktu 3 tahun, yakni pada 2018 hingga 2021 dan mencatatkan 39 penampilan.

ChelseaLiga ChampionsRed Bull SalzburgOne FootballGraham Potter

Berita Terkini