x

Head to Head Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Jumat, 16 September 2022 14:18 WIB
Editor: Juni Adi
Uji coba antara Timnas U-19 vs Persija Jakarta U-18.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 dalam kepercayaan diri tinggi saat menghadapi Hong Kong di laga lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 karena unggul head to head.

Duel seru tersaji di pertandingan kedua grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 antara Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/09/22).

Baca Juga

Para pemain tuan rumah dalam kepercayaan diri tinggi menyusul penampilan gemilang di laga perdana, melawan Timor Leste beberapa waktu lalu.

Timnas Indonesia U-19 menang telak dengan skor akhir 4-0. Hokky Caraka jadi bintang lapangan karena ia mencetak tiga gol, satu golnya lagi dibuat oleh Rabbani Tasnim.

Raihan tiga poin membuat Timnas Indonesia U-19 saat ini memuncaki klasemen Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

Sementara itu, Hong Kong meraih hasil yang kontras. Melawan Vietnam pada laga pertama mereka, Hong Kong dipermak 1-5. Penalti Ellison Tsang memberi Hong Kong satu gol hiburan.

Perbedaan hasil yang nyata di pertandingan pertama, membuat pelatih Hong Kong, Cheung Kin Fung sedikit was-was timnya bisa kembali jadi korban.

Ia menilai kalau Timnas Indonesia U-19 bukanlah lawan yang mudah. 

Baca Juga

"Indonesia sejauh yang kami tahu sangat kuat. Barisan penyerang mereka mampu berlari melewati bek," kata Cheung Kin Fung.

"Pertahanan Indonesia juga sangat bagus, tapi ini akan menjadi gaya berbeda daripada Vietnam," imbuh pelatih 48 tahun tersebut.

Sementara itu, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong belum sepenuhnya puas. Sebab, menurutnya, Indonesia belum optimal. Namun, dia juga menilai kalau itu hanyalah masalah ketidakberuntungan.

"Kemarin kurang beruntung, tapi kami bisa mencetak sampai empat gol," ujarnya.

Dari segi kualitas di atas kerta jelas Timnas Indonesia U-19 atas Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 lebih diunggulkan apalagi melihat catatan pertemuan kedua tim.


1. Head to Head Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Timnas Indonesia U-19 punya rekor positif saat berhadapan dengan Hong Kong di turnamen resmi kelompok umur Asia, Piala Asia U-20. 

Skuad Garuda Nusantara tercatat sudah dua kali bertemu melawan Hong Kong sejak 1960an silam. Hasil Merah Putih belum pernah kalah, dan selalu menang dengan skor mencolok.

Baca Juga

Pertemuan pertama, Timnas Indonesia U-19 bertemu dengan Hong Kong terjadi di Piala Asia U-20 1962. Kala itu Garuda Muda menang dua gol tanpa balas, pada babak penyisihan grup B.

Kemenangan itu membawa Timnas Indonesia U-19 melaju ke putaran selanjutnya babak gugur. Mereka bertemu Malaysia, dan menang 3-0.

Sayang, langkah Timnas Indonesia U-19 harus terhenti oleh Korea Selatan dan harus puas merebut gelar peringkat ketiga.

Baca Juga

Pertemuan kedua Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong terjadi di Piala Asia U-20 1967. Tim Merah Putih lagi-lagi meraih kemenangan 4-2.

Catatan head to head tersebut menjadi bukti keunggulan Timnas Indonesia U-19 atas Hong Kong. Kali ini mereka akan bertemu kembali di Kualifikasi Piala Asia U-19 2023.

Baca Juga

Berikut Dua Pertemuan Terakhir Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong:

Piala Asia U-20 1962:
Hong Kong 0-2 Indonesia (Grup B)

Piala Asia U-20 1967:
Indonesia 4-2 Hong Kong (Grup B)


2. Hati-hati Kondisi Pemain

Selebrasi gol pemain Timnas Indonesia U-20 ke gawang Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Timnas Indonesia U-19 dan Hong Kong U-19 harus cermat dan bijak dalam menjaga kondisi kesehatan pemain mereka.

Maklum, kualifikasi ini memainkan pertandingan setiap dua hari sekali, maka akan sangat penting bagaimana rotasi dilakukan.

Baca Juga

Shin Tae-yong pun mengonfirmasi bahwa pendekatan berbeda akan dia lakukan ketika Indonesia melawan Hong Kong.

Yang sudah jelas, bagaimana Garuda Nusantara bermain tidak akan sama dengan ketika mengalahkan Timor Leste U-20.

Salah satu hal yang disorot dari Hong Kong adalah fisik para pemain mereka.

Baca Juga

Namun STY memberi penegasan bahwa tidak masalah dengan itu, dan percaya diri bahwa anak-anak timnas Indonesia U-20 mampu berduel dengan mereka.

"Kami tidak perlu khawatir masalah postur tubuh atau tinggi. Kami hanya fokus pada mobilitas dari 11 pemain yang akan dimainkan. Semuanya akan tergantung pada mobilitas pemain seperti apa, maka akan menang," ucapnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Shin Tae-yong belum sepenuhnya puas. Sebab, menurutnya, Indonesia belum optimal. Namun, dia juga menilai kalau itu hanyalah masalah ketidakberuntungan.

"Kemarin kurang beruntung, tapi kami bisa mencetak sampai empat gol," pungkasnya.

Hong KongBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini