x

Jelang Duel Kualifikasi Piala Asia U-20, Media Vietnam Sibuk Ungkit Rekor Buruk Timnas Indonesia

Sabtu, 17 September 2022 17:55 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Prio Hari Kristanto
Baru-baru ini, penampilan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 kembali disorot oleh media Vietnam. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini, penampilan Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 kembali disorot oleh media Vietnam.

Seperti yang diketahui, Timnas Indoesia U-20 berhasil meraih poin penuh saat mampu mengalahkan Timnas Hongkong dengan skor 5-1.

Baca Juga

Saat ini, Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama mengantongi poin dan selisih gol yang sama. Hanya saja, Timnas Indonesia berada di peringkat satu karena memiliki jumlah kartu kuning yang lebih sedikit.

Menghadapi Timnas Indonesia pada laga terakhir di Grup F, salah satu media Vietnam, Soha, justru sibuk membahas rekor buruk pertemuan skuad Garuda menghadapi ‘Timnas Vietnam.

Dalam artikel mereka yang berjudul ‘U20 Vietnam – U20 Indonesia: Sejarah di Balik Bintang Emas’, media Vietnam itu menyoroti ketidakmampuan Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Vietnam.

Baca Juga

Sejak Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia, dirinya belum pernah sekali pun meraih kemenangan atas skuad The Golden Star.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia hanya mampu meraih 2 kali hasil imbang dan 2 kekalahan atas Vietnam.

“Statistik menunjukkan, sejak berkiprah di sepak bola Indonesia hingga saat ini, pelatih Korea itu (Shin Tae-yong) belum pernah mencium bau kemenangan atas sepak bola Vietnam ketika dia seri 2 kali dan kalah ,” kata Soha dalam laporan yang mereka tulis.

Baca Juga

Tentu saja, Timnas Indonesia harus meraih kemenangan jika ingin langsung memastikan tempat di Piala Asia U-20.

Menurut Soha, jika laga Timnas Indonesia vs Vietnam berimbang, maka akan dilakukan adu penalti untuk mengetahui yang layak mendapatkan tiket Piala Asia U-20.


1. Media Vietnam ‘Kepanasan’ karena Ucapan Shin Tae-yong

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-20 Alfriyanto Nico usai mencetak ke gawang Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Di sisi lain, media Vietnam, The Thao247 dibuat kebakaran jenggot oleh pernyataan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. 

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F telah berjalan dan menghasilkan dua kemenangan yang diraih oleh Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 berhasil meredam perlawanan Timor Leste dengan skor 4-0, sedangkan Timnas Vietnam berhasil menuntaskan perlawanan atas Hong Kong dengan skor 5-1. 

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam kini sama-sama bersaing ketat di posisi satu dan kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20. 

Sama-sama menang, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong justru melemparkan pernyataan panas dan membuat media Vietnam, The Thao247 keki. 

Baca Juga

Tak ayal, The Thao247 pun seolah-olah menganggap pernyataan Shin Tae-yong tersebut sebagai sesuatu yang meremehkan kekuatan Timnas Vietnam. 

“Pelatih Indonesia meremehkan kemenangan kuat Vietnam U-20,” bunyi judul di salah satu artikel media Vietnam, The Thao247, Jumat (16/09/22). 

“Pelatih Shin Tae-yong menilai kemenangan Vietnam U-20 baru-baru ini tidak ada yang istimewa,” lanjut The Thao247 dalam laporannya.

Baca Juga

Menjadi terpancing, media yang berbasis di Vietnam tersebut kemudian kembali menyinggung pertemuan terakhir Timnas Vietnam dengan Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022 yang lalu. 

“Indonesia tersingkir dari babak penyisihan grup (Piala AFF) karena rekor head-to-head yang buruk. Federasi Sepak Bola Indonesia mengira Vietnam U-19 vs Thailand U-19 bermain tanpa fair play, sehingga mengajukan gugatan ke AFF,” lanjut The Thao247 dalam tulisannya.


2. Cahya Supriadi Lakukan Penyelamatan Sebelum Cedera

Kiper muda Persija Jakarta U-18, Cahya Supriadi.

Penjaga gawang Cahya Supriadi melakukan penyelamatan ciamik untuk Timnas Indonesia U-20 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 sebelum terkapar di lapangan.

Seperti diketahui, Cahya Supriadi mengalami cedera parah saat beraksi bersama skuad Timnas Indonesia U-20 melawan Hong Kong di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (16/09/22) malam WIB.

Cahya Supriadi terkapar tidak sadarkan diri usai mengalami benturan keras dengan bek Timnas Garuda Nusantara, Rahmad Beri Santoso. 

Rahang kiper muda Persija Jakarta itu terbentur dengan tendangan Rahmat Beri Santoso, yang bermaksud menyapu bola di area pertahanan di menit ke-60. 

Kondisi Cahya pun sempat membuat seisi penonton di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya khawatir. Lantaran dia langsung dibopong keluar lapangan dengan mobil ambulance di tengah laga Timnas Indonesia U-20 vs Hong Kong.

Baca selengkapnya: Momen Kiper Timnas Indonesia U-29 Cahya Supriadi Lakukan Penyelamatan Ciamik Sebelum Terkapar

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini