x

3 Skema Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia U-20 2023 Usai Gilas Hong Kong

Sabtu, 17 September 2022 10:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-20 Alfriyanto Nico usai mencetak ke gawang Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Berikut 3 skema Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 usai menggilas Hong Kong di babak kualifikasi.

Timnas Indonesia U-20 membuka peluang untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 usia menghajar Hong Kong dengan skor 5-1, Jumat (18/09/22).

Baca Juga

Dalam laga kedua grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 itu, Timnas Indonesia U-20 mampu tampil dominan atas lawannya tersebut.

Skuad Garuda Nusantara bahkan mampu unggul cepat di menit ke-10 lewat Rabbani Tasnim. Skor itu pun bertambah 12 menit berselang lewat Alfriyanto Nico.

Dominasi Timnas Indonesia U-20 atas Hong Kong makin terlihat jelang paruh pertama berakhir setelah Zanadin Fariz memperlebar kedudukan menjadi 3-0 di menit ke-43.

Baca Juga

Hong Kong bukannya tanpa peluang di laga ini. Pada babak kedua, mereka mendapat hadiah penalti yang sempat digagalkan kiper sebelum bola Rebound mampu dieksekusi dengan baik oleh Cheng Ngo Hin.

Hingga akhirnya, Timnas Indonesia U-20 mampu menambah keunggulannya lagi. Kali ini lewat pemain pengganti Marselino Ferdinan yang mencetak Brace di menit ke-86 dan 90.

Berkat hasil ini, Timnas Indonesia U-20 pun menyamai poin dan selisih gol Vietnam yang di laga kedua grup F menang 4-0 atas Timor Leste.

Baca Juga

Mengingat hanya ada juara grup dan lima Runner Up terbaik yang akan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, bagaimana dengan kans Timnas Indonesia U-20?

Berikut 3 skema yang bisa menentukan langkah Timnas Indonesia U-20 untuk bisa lolos otomatis ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.


1. 1. Menang atas Vietnam di Laga Terakhir

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Skema pertama tentunya adalah Timnas Indonesia U-20 harus bisa mengalahkan Vietnam di laga terakhir grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Skema pertama ini menjadi barang wajib, agar Timnas Indonesia U-20 tak perlu repot-repot lolos ke Piala Asia U-20 2023 lewat Runner Up grup terbaik.

Baca Juga

Kemenangan ini menjadi harga mati, sebab Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam memiliki jumlah poin yang sama di tabel klasemen.

Bahkan, baik Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam sama-sama memiliki selisih gol yang sama, yakni 8 gol, usai masing-masing mengalahkan Timor Leste dan Hong Kong dengan skor identik 4-0 dan 5-1.

Baca Juga

Melihat hal tersebut, tentu peluang Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam sama-sama 50 berbanding 50. Apalagi di duel terakhir yang terjadi antara keduanya, kedua tim tak menemukan pemenang.

Mau tak mau Shin Tae-yong harus menyiapkan taktik terbaiknya dan harus bisa mencuri kemenangan untuk meraih tiga poin di laga terakhir grup F.


2. 2. Imbang di Laga Terakhir dengan 1 Catatan

Selebrasi gol pemain Timnas Indonesia U-20 ke gawang Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Skema kedua, Timnas Indonesia U-20 bisa saja lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 meski di laga terakhir bermain imbang dengan Vietnam.

Untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 meski harus bermain imbang dengan Vietnam di laga terakhir, Timnas Indonesia U-20 harus mengingat satu catatan penting.

Baca Juga

Catatan penting itu adalah terakhir poin kedisplinan. Jika bermain imbang dengan Vietnam, Timnas Indonesia U-20 harus menjaga poin kedisplinan serendah mungkin.

Saat ini, Timnas Indonesia U-20 yang memiliki poin dan selisih gol yang sama dengan Vietnam, berada di puncak klasemen grup F karena unggul poin kedisiplinan.

Baca Juga

Poin kedisiplinan ini terkait dengan kartu kuning atau kartu merah. Saat ini, Timnas Indonesia U-20 baru mengantongi dua kartu kuning dan Vietnam telah mengantongi tiga kartu kuning.

Jika di laga terakhir Timnas Indonesia U-20 bermain imbang dengan Vietnam dan para pemainnya tak mendapat kartu kuning tambahan, skuad Garuda Nusantara pun otomatis lolos sebagai juara grup dengan keunggulan poin kedisiplinan atas rivalnya itu.


3. 3. Lewat Jalur Runner Up Grup Terbaik

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Skema terakhir agar Timnas Indonesia U-20 bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 adalah lewat jalur Runner Up grup terbaik.

Skema ini bisa saja terjadi andai Timnas Indonesia U-20 kalah di laga terakhir dari Vietnam atau unggul poin kedisiplinan atas rivalnya itu.

Baca Juga

Peluang untuk lolos sebagai salah satu Runner Up grup terbaik pun terbuka lebar bagi Timnas Indonesia U-20, mengingat selisih gol masif yang dimiliki saat ini.

Dengan kata lain, jikapun nantinya kalah dari Vietnam, Timnas Indonesia U-20 harus kalah dengan skor tipis agar selisih gol yang masif ini tetap terjaga.

Baca Juga

Namun, skema ini bukanlah skema yang aman. Apalagi di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini, banyak tim-tim besar yang pesta gol.

Selain itu, Timnas Indonesia U-20 juga harus menunggu sampai Oktober untuk mengetahui lolos atau tidaknya. Pasalnya, grup H yang diisi Australia, India, Irak, dan Kuwait baru akan bertanding bulan depan.

VietnamHong KongBola InternasionalTimnas Indonesia U-20One FootballKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini