x

Makin Jadi Klub Sultan, AC Milan Segera Dapat Suntikan Dana Rp9 Triliun!

Sabtu, 17 September 2022 03:30 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kabar menyenangkan datang dari klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, yang diberitakan segera mendapatkan suntikan dana yang besar. REUTERS-Daniele Mascolo

INDOSPORT.COM Kabar menyenangkan datang untuk fans klub juara bertahan Liga Italia (Serie A) yakni AC Milan, karena bakal mendapatkan suntikan dana melimpah.

Seperti yang diketahui, AC Milan kini dipegang oleh RedBird Capital Partners yang mengakuisisi kepemilikan I Rossoneri dari Elliot Management.

Baca Juga

Sejauh ini, RedBird Capital Partners telah memberikan suntikan dana yang besar kepada AC Milan demi membangun skuad yang jauh lebih kuat.

Tampaknya, kali ini fans AC Milan akan semringah. Pasalnya, RedBird Capital Partners akan menjual saham mereka sebesar 1,9 miliar dollar atau setara dengan 9 triliun rupiah.

Dilansir dari SempreMilan, RedBird Capital Partners sendiri menjual 40 persen saham mereka di OneTeam, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perizinan dan pemasaran atlet.

Baca Juga

Namun, pada akhirnya memutuskan menjual saham tersebut kepada beberapa perusahaan HPS, Atlatntic Park, dan Morgan Stanley, dan hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh OneTeam melalui situs resmi mereka. 

Banyak kabar yang beredar jika RedBird Capital Partners menjual saham lantaran profit yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. 

Selain itu, RedBird Capital Partners pun diketahui harus mencatat keuntungan sekitar 600 juta dollar atau Rp8 miliar dengan keuntungan sebanyak 500 persen dari jumlah yang mereka investasikan kepada OneTeam.

Baca Juga

Tentu saja karena hal ini, AC Milan berkemungkinan besar akan mendapatkan suntikan dana yang besar.

Hal ini juga akan menjadi keuntungan yang besar dan menjadi modal yang sangat cukup demi mendatangkan beberapa pemain yang dibutuhkan untuk menambah kekuatan skuad AC Milan.


1. Profil Perusahaan Pemilik AC Milan

Kabar menyenangkan datang dari klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, yang diberitakan segera mendapatkan suntikan dana yang besar. REUTERS-Daniele Mascolo

Melansir dari laman resmi AC Milan, diketahui bahwa RedBird Capital Partners adalah sebuah perusahaan investasi swasta yang berfokus pada pembangunan usaha lewat modal jangka panjang yang fleksibel.

Perusahaan yang bertempat di New York, Amerika Serikat tersebut memiliki fokus investasi terutama pada bidang olahraga, TMT (teknologi, media, dan telekomunikasi) serta jasa keuangan.

Baca Juga

RedBird Capital Partners yang mengelola dana $6 miliar ini, juga berinvestasi di industri film, musik, dan hiburan—termasuk Wasserman Media, SpringHill, dan Skydance. 

Di dunia olahraga, RedBird Capital Partners diketahui memiliki sejumlah saham di beberapa klub terutama sepak bola. 

RedBird Capital Partner merupakan investor di Fenway Sports Group, yang tak lain adalah salah satu pemilik saham di klub Liga Premier Inggris, Liverpool.

Baca Juga

Memang bukan mayoritas, tercatat RedBird Capital Partners punya saham 10 persen di FSG. Artinya, RedBird hanya punya 10 persen saham di Liverpool. 

Walau sedikit, namun suntikan dana dari RedBird terbukti mampu membantu Liverpool rajai Liga Inggris bahkan sempat sukses amankan gelar Liga Champions. 

Selain Liverpool, RedBird juga menanamkan sahamnya untuk tim bisbol Amerika Serikat, Boston Red Sox serta salah klub bola Prancis, Toulouse.

Baca Juga

Di bawah pimpinan RedBird Capital Partner, Toulouse FC alami perkembangan cukup besar. Terbukti sejak diakuisisi pada 2020 lalu, Toulouse FC langsung bisa promosi ke Ligue 1 dua musim berselang.

Tak tanggung-tanggung, dana mencapai 5.89 juta euro berani diberikan RedBird untuk pembelian bintang-bintang seperti Brecht Dejaegere, Rafael Ratao serta Ado Onaiwu.


2. AC Milan dan Inter Sepakat Robohkan Stadion

Stadion San Siro dalam keadaan tanpa penonton

AC Milan dan Inter Milan sepakat memutuskan untuk merobohkan stasion San Siro yang menjadi markas bersama kedua klub Liga Italia tersebut. 

Dua tahun lalu, Inter Milan dan AC Milan yang bersaing ketat di kompetisi Liga Italia, menatap ke depan dan menginginkan adanya stadion yang lebih modern.

Sayang, proyek pembangunan New San Siro yang dicanangkan sejak 2020 ini terkendala oleh ruwetnya birokrasi. Alhasil, rencana ini menguap begitu saja sampai sekarang. 

Bukan hanya itu saja, masing-masing klub juga tidak mungkin bisa mewujudkan pembangunan stadion itu sendirian gara-gara situasi keuangan yang berbeda dari kedua klub. 

Namun, Inter dan AC Milan kini sepakat mengucapkan selamat tinggal untuk San Siro. Kedua klub telah sepakat merobohkan stadion kebanggaan mereka dilansir dari Milan Posts.


Baca selengkapnya: Selamat Tinggal San Siro, AC Milan dan Inter Sepakat untuk Merobohkan Stadion

Serie A ItaliaAC MilanLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini