x

Senggol Kericuhan Suporter Persebaya, Timnas Vietnam Takut Diserang Pendukung Timnas Indonesia

Sabtu, 17 September 2022 19:05 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang duel lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Vietnam dibuat takut dengan pendukung tuan rumah menyusul kericuhan Bonek. Foto: Suporter Persebaya

INDOSPORT.COM – Jelang pertandingan hari ketiga melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Vietnam dibuat takut dengan pendukung tuan rumah.

Pendukung Persebaya Surabaya melakukan aksi protes dengan merusak fasilitas stadion, usai dipermalukan RANS Nusantara FC 1-2, Kamis, (15/09/22).

Baca Juga

Protes yang dilakukan oleh pendukung Persebaya Surabaya, menyusul hasil buruk karena menelan tiga kekalahan secara beruntun di Liga 1 2022/2023.

Setelah wasit meniup peluit panjang sebagai tanda berakhirnya pertandingan, Bonek langsung memasuki lapangan dan merusak sejumlah fasilitas Stadion Gelora Delta.

Kerusuhan yang terjadi pascapertandingan tersebut langsung beredar luas di sosial media, baik lewat Instagram ataupun Twitter.

Baca Juga

Bahkan, insiden kerusuhan itu turut membuat Media Vietnam angkat suara dan memberikan kritik atas kejadian tersebut.

Mereka mengungkapkan bahwa kerusuhan yang dilakukan oleh pendukung Persebaya Surabaya, di nilai menggambarkan situasi dari suporter timnas Indonesia.

Media Vietnam tersebut mengaku takut dan khawatir, jika kejadian serupa bakal terulang ketika melakoni laga kontra Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

Pasalnya, pertandingan babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 diselenggarakan di Indonesia, secara khusus di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Oleh karena itu, berada di lokasi yang sama dengan kejadian kericuhan pasca pertandingan Persebaya Surabaya membuat Vietnam dihantui ketakutan.


1. Vietnam Takut Diserang Pendukung Indonesia

Dinh Xuan Tien sumbang 2 gol kemenangan Vietnam atas Hong Kong Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Media Vietnam, TheThao247, mengungkapkan bahwa kerusuhan yang terjadi pasca pertandingan Surabaya membuat mereka takut.

Mereka menyebutkan jika, kerusuhan dan penyerangan pendukung Indonesia pernah terjadi pada masa lalu.

Baca Juga

“Kerusuhan dan penyerangan pendukung Indonesia di masa lalu, mau tidak mau membuat suporter Vietnam khawatir dengan para pemainnya,” ungkap TheThao247.

Bahkan mereka turut menyoroti kericuhan yang terjadi, menyusul kekalahan Persebaya Surabaya atas RANS Nusantara FC.

“Ribuan suporter tim sepak bola Persebaya Surabaya berhamburan dari tribun penonton, mencoba menyerang aparat dan menghancurkan fasilitas Stadion Gelora Delta,” jelasnya.

Baca Juga

Insiden tersebut dikatakan mengingatkan kembali atas kejadian di Piala AFF U-16 2022 beberapa waktu lalu, di mana banyak pendukung Indonesia melempar botol ke lapangan.

“Pendukung Indonesia di tribun lapangan Maguwoharjo melemparkan benda asing berbahaya langsung ke posisi pemain Vietnam yang tergeletak di lapangan,” ungkap mereka.

“Atau selama sesi latihan, banyak pendukung Indonesia masuk ke lapangan dan mencoba menyerang pemain dan pelatih Nguyen Quoc Tuan,” tambahnya.

Baca Juga

Dengan kejadian-kejadian tersebut, Media Vietnam itu menilai bahwa pendukung Indonesia telah meninggalkan citra buruk dalam sepak bola.

Mereka khawatir jika pada pertandingan melawan Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya nanti akan berakhir ricuh.


2. Skema Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia U-20 2023

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-20 Alfriyanto Nico usai mencetak ke gawang Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Berikut tiga skema Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 usai menggilas Hong Kong di babak kualifikasi.

Timnas Indonesia U-20 membuka peluang untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 usia menghajar Hong Kong dengan skor 5-1, Jumat (18/09/22).

Dalam laga kedua grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 itu, Timnas Indonesia U-20 mampu tampil dominan atas lawannya tersebut.

Skuad Garuda Nusantara bahkan mampu unggul cepat di menit ke-10 lewat Rabbani Tasnim. Skor itu pun bertambah 12 menit berselang lewat Alfriyanto Nico.

Dominasi Timnas Indonesia U-20 atas Hong Kong makin terlihat jelang paruh pertama berakhir setelah Zanadin Fariz memperlebar kedudukan menjadi 3-0 pada menit ke-43.

Baca selengkapnya: 3 Skema Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia U-20 2023 Usai Gilas Hong Kong

 

Persebaya SurabayaVietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini