x

Jadi Direktur Olahraga Chelsea yang Baru, Ini 5 Pemain Temuan Christoph Freund

Senin, 19 September 2022 23:10 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Erling Haaland adalah salah satu bakat yang ditemukan Christoph Freund. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM - Christoph Freund, calon kuat Direktur Olahraga Chelsea yang baru, dikenal sebagai penemu bakat pesepak bola muda yang luar biasa. 

Salah satu pemain tersukses yang ditemukannya adalah Erling Haaland, striker baru Manchester City.

Baca Juga

Saat ini, Freund masih berstatus Direktur Olahraga milik Red Bull Salzburg, klub papan atas Austria.

Sebelumnya, pria 45 tahun ini sudah menemukan bakat Haaland saat sang striker masih bermain untuk Molde FK, klub asal Norwegia.

Setelah mendekatinya, Freund berhasil merekrutnya masuk ke RB Salzburg pada 1 Januari 2019. Di sini, Haaland pun semakin menunjukkan kualitasnya.

Baca Juga

Hanya butuh waktu setahun, Haaland langsung diperebutkan klub-klub besar Eropa. Pada akhirnya, ia direkrut Borussia Dortmund, klub besar dari Jerman.

Selama 1,5 tahun di Dortmund, striker 22 tahun ini kembali pindah klub dan kini berlabuh di tanah Inggris dengan bergabung di Manchester City.

Di sinilah kualitas Haaland semakin menjadi-jadi. Dari 10 penampilannya di seluruh ajang musim 2022-2023 ini, ia mampu mencetak 14 gol dan satu assist.

Baca Juga

Kecerdikan dan pengamatan yang luar biasa dari Freund inilah yang menarik minat dari Todd Boehly, pemilik Chelsea yang baru.

Dengan begitu, Boehly tertarik untuk mendatangkan Freund ke Stamford Bridge untuk masuk ke dalam staf petinggi di jajaran timnya.


1. 5 Bakat Muda yang Ditemukan Christoph Freund Selain Haaland

Pertandingan di Liga Champions antara Dinamo Zagreb vs Chelsea. Foto: REUTERS/Antonio Bronic

Selain Haaland, masih ada sejumlah talenta-talenta muda lainnya yang berhasil ditemukan Freund. Berikut para pemain tersebut.

1. Patson Daka

Striker muda Leicester City ini sebenarnya punya catatan apik saat masih di RB Salzburg, yakni dengan mencetak 27 gol dalam 28 pertandingan.

Baca Juga

Sayangnya, performanya berbading terbalik dengan Haaland. Meski sama-sama bermain di Liga Inggris, Daka hanya mampu mencetak satu gol dan satu assist dari tujuh penampilan.

2. Dayot Upamecano

Freund merekrut Upamecano ke RB Salzburg dari Valenciennes. Di musim pertamanya, ia lebih banyak menjadi penghangat bangku cadangan.

Tetapi di musim keduanya, Upamecano mampu bertransformasi menjadi bek kelas dunia. Kini, ia berhasil menjadi bagian dari Bayern Munchen, klub raksasa Jerman.

Baca Juga

3. Karim Adeyemi 

Sama seperti Haaland, Adeyemi juga direkrut Freund untuk masuk ke RB Salzburg. Ia menghabiskan 2,5 tahun di Austria.

Setelahnya, striker 20 tahun ini kembali ke negaranya, Jerman, dengan didatangkan ke Signal Iduna Park, markas Dortmund.

4. Dominik Szoboszlai

Sebelum bermain untuk RB Salzburg, Szoboszlai sudah lebih dulu bermain di AKA Salzburg U-18 dan FC Liefering.

Setelah tiga tahun bermain di RB Salzburg, gelandang serang asal Hungaria ini pindah ke Jerman dan bergabung dengan Red Bull Leipzig di Januari 2021.

Baca Juga

5. Brenden Aaronson

Peran utamanya memang bukan mencetak gol. Tetapi, ia berhasil menorehkan sebuah gol dan sebuah assist dari enam pernampilannya di Leeds United.

Sebelum bermain di Inggris, gelandang asal Amerika Serikat ini sudah bermain untuk RB Salzburg selama 1,5 tahun.


2. Keberuntungan Chelsea Rekrut Eks Direktur RB Salzburg, Bisa Rekrut Haaland Baru

Pertandingan di Liga Champions antara Dinamo Zagreb vs Chelsea. Foto: REUTERS/Antonio Bronic

Dengan mendatangkan Christoph Freund dari Red Bull Salzburg, klub Liga Inggris, Chelsea, bisa saja mendapatkan Erling Haaland baru.

Chelsea melakukan langkah maju dengan merekrut Direktur Olahraga baru, yaitu Christoph Freund yang merupakan kepala perekrutan pemain RB Salzburg.

Langkah ini dilakukan selepas pemilik baru The Blues asal Amerika Serikat, Todd Boehly melakukan kegiatan transfer secara mandiri dan harus mencari eksekutif baru untuk melakukannya.

Dilansir dari Evening Standard, Freund menjadi pengisi jabatan Direktur Olahraga yang belakangan kosong seusia ditinggal sosok legendaris, Michael Emenalo pada 2017 yang kemudian dilanjutkan oleh Marina Granovskaia yang hengkang usai Chelsea tak lagi dimiliki oleh Roman Abramovich.

Laporan menyebutkan bahwa dengan masuknya mantan eksekutif Red Bull Salzburg ini membuat Chelsea bisa mendatangkan banyak pemain berbakat dengan meniru model bisnis Red-Bull dengan beberapa klub.

Baca selengkapnya
ChelseaLiga Primer InggrisLiga InggrisErling Braut HaalandBerita Liga Inggris

Berita Terkini