x

Ada yang Pensiun Dini, Nasib 5 Debutan Termuda di Liga Inggris Sebelum Wonderkid Arsenal Ethan Nwaneri

Selasa, 20 September 2022 10:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain muda Arsenal, Ethan Nwaneri. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM – Berikut nasib 5 debutan termuda sepanjang sejarah Liga Inggris sebelum wonderkid Arsenal, Ethan Nwaneri. Siapa sangka ada yang harus pensiun dini!

Ethan Nwaneri mencuri perhatian di pekan ke-8 Liga Inggris 2022/23 kala Arsenal bertandang ke markas Brentford, Minggu (18/09/22).

Baca Juga

Dalam pertandingan tersebut, Ethan Nwaneri menorehkan tinta emas sebagai debutan termuda sepanjang sejarah Liga Inggris usai diturukan oleh Mikel Arteta.

Arteta sendiri memasukkannya di menit-menit akhir, tepatnya di menit ke-90+2 untuk menggantikan debutan lainnya, Fabio Vieira.

Saat Ethan dimasukkan, Arsenal sendiri mampu tampil dominan atas Brentford dan mampu menggelontorkan tiga gol ke gawang The Bees.

Baca Juga

Tiga gol Arsenal itu diciptakan oleh tiga pemainnya, yakni William Saliba dan Gabriel Jesus di babak pertama dan Fabio Vieira di babak kedua.

Masuknya Ethan sendiri menjadi catatan sejarah di Liga Inggris. Bagaimana tidak? Dirinya melakoni debut di usia yang baru 15 tahun 5 bulan 28 hari.

Alhasil, ia pun menjadi debutan termuda di Liga Inggris sekaligus menjadi debutan termuda sepanjang sejarah Arsenal mengalahkan Cesc Fabregas yang debut di usia 16 tahun.

Baca Juga

Banyak yang meyakini Ethan akan mendapati masa depan yang cerah, mengingat dirinya debut di usia yang sangat muda untuk ukuran pemain profesional.

Namun Ethan juga dibayangi kegagalan yang pernah menimpa debutan-debutan termuda Liga Inggris lainnya. Kira-kira bagaimana nasib pada debutan termuda sebelum dirinya?


1. Nasib Debutan Termuda Liga Inggris

Lennon meryakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Stoke City Februari tahun lalu.

5. Jose Baxter (16 Tahun 6 Bulan 19 Hari)

Jose Baxter merupakan salah satu debutan termuda yang pernah tampil di Liga Inggris. Ia sendiri melakoni debut di usia 16 tahun 6 bulan 19 hari bagi Everton.

Debutnya terjadi pada Liga Inggris musim 2008/09. Kala itu, dirinya masuk sebagai pemain pengganti di pekan pertama yang dilakoni Everton.

Dianggap kariernya akan melonjak drastis, Jose Baxter malah harus menerima kenyataan pahit karena kariernya justru anjlok.

Usai dilepas Everton pada 2012, ia mendapat hukuman usai gagal melakukan tes obat-obatan. Usai 8 bulan tak mendapat klub, dirinya pun lantas pensiun dini di usia 29 tahun pada 2021 lalu.

Baca Juga

4. Aaron Lennon (16 Tahun 4 Bulan 7 Hari)

Aaron Lennon bisa dikatakan sebagai salah satu debutan termuda yang sukses di Liga Inggris sejak debutnya pada 2003 di usia yang baru 16 tahun 4 bulan 7 hari.

Saat itu, Lennon debut kala Leeds United menghadapi Tottenham Hotspur. Meski debut bareng The Whites, namanya malah melonjak bagi Spurs.

Selam berseragam Tottenham, Lennon mampu membuat 364 penampilan dan membawa Spurs meraih gelar Piala Liga Inggris 2008.

Nausai hengkang dari Tottenham, Lennon tetap berkiprah di level teratas di Inggris dan Turki. Kini di usia 35 tahun, dirinya tengah menganggur usai dilepas Burnley.

Baca Juga

3. Izzy Brown (16 Tahun 3 Bulan 27 Hari)

Pada Liga Inggris 2012/13 lalu, seorang bocah bernama Izzy Brown membuat geger usai debut di usia 16 tahun 3 bulan 27 hari saat West Bromwich Albion menjalani laga terakhirnya di musim itu.

Debut tersebut pun lantas membuat tim sekelas Chelsea datang menjemputnya dan menawarinya kontrak dengan nilai fantastis.

Sayangnya kepindahan ini menghancurkan karier Izzy Brown yang baru seumur jagung. Pasalnya, ia banyak dipinjamkan Chelsea hingga tujuh kali.

Setelah melakoni peminjaman, ia pun dilepas pada 2021 lalu dan bergabung Preston North End. Namun kini dirinya berstatus tanpa klub usai dirilis oleh timnya pada 2022 di usia 25 tahun.


2. Debutan Lainnya

Harvey Elliott dan Fabinho di situasi sebelum laga Inter Milan vs Liverpool dalam ajang Liga Champions.

2. Matthew Briggs (16 Tahun 2 Bulan 7 Hari)

Fulham dikenal rajin memberikan debut ke pemain muda. Salah satunya adalah Matthew Briggs yang sempat menjadi debutan termuda di Liga Inggris saat debut di usia 16 tahun 2 bulan 7 hari.

Ia melakoni debutnya pada tahun 2007 lalu, tepatnya saat Fulham melakoni laga terakhir di Liga Inggris saat menghadapi Middlesbrough.

Baca Juga

Usai melakoni debut, ia pun sempat menjalani masa peminjaman yang terbilang banyak sebelum akhirnya dilepas pada 2014 secara permanen.

Sempat beberapa kali tak punya klub, kini Matthew Briggs yang berusia 31 tahun bermain di Inggris di tim semenjana yakni Gosport Borough.

1. Harvey Elliott (16 Tahun 1 Bulan)

Nama satu ini tentu tak asing. Maklum saja, Harvey Elliott merupakan penggawa salah satu tim papan atas Liga Inggris, Liverpool.

Meski begitu, ia melakoni debutnya di Liga Inggris bersama Fulham pada usia 16 tahun 1 bulan, yang otomatis membuatnya menjadi debutan termuda sebelum Ethan Nwaneri.

Baca Juga

Usai debut bersama Fulham, Liverpool memboyongnya pada 2019. Harvey Elliott pun lantas menjadi debutan termuda bagi The Reds sepanjang sejarah.

Sejauh ini kariernya sendiri belum menunjukkan progres signifikan. Liverpool masih menjaganya dan tak membebaninya dengan tuntutan di tim utama.

ArsenalMikel ArtetaAaron LennonLiga InggrisHarvey ElliottOne Football

Berita Terkini