x

San Siro Dirobohkan, Inter dan AC Milan Baru Bisa Pakai Stadion Baru 8 Tahun Lagi

Rabu, 21 September 2022 11:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Sepakat merobohkan Stadion San Siro, dua klub Liga Italia AC Milan dan Inter Milan ternyata baru bisa menggunakan stadion baru setelah delapan tahun mendatang. Kok bisa?

INDOSPORT.COM – Sepakat merobohkan Stadion San Siro, dua klub Liga Italia AC Milan dan Inter Milan ternyata baru bisa menggunakan stadion baru setelah delapan tahun mendatang. Kok bisa?

AC Milan dan Inter Milan, yang bersaing ketat dalam gelar Scudetto, disibukkan dengan proyek stadion San Siro baru. Namun proyek ini sempat tertunda dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

Hingga akhirnya dua raksasa kota Milan tersebut kompak mengucapkan selamat tinggal kepada San Siro. Mereka sepakat merobohkan stadion yang telah dipakai bersama-sama sejak 1947 ini.

New San Siro akan dibangun di lokasi yang bersebelahan dengan stadion lama. Stadion baru yang mengusung konsep ramah lingkungan awalnya diharapkan rampung 2026 mendatang.

Namun demikian, pembangunan Stadion San Siro baru ini tidak akan berlangsung cepat mengingat banyaknya kendala birokrasi yang harus dilalui, melansir dari Sempre Milan.

Baca Juga

Belum lagi proses pembersihan bekas pembongkaran stadion yang juga bernama Giuseppe Meazza itu, membuat kedua klub enggan terburu-buru menggarap pembangunan.

Oleh karenanya, AC Milan dan Inter baru akan memulai proyek senilai 700 juta euro tersebut pada awal tahun 2024 dengan total durasi enam tahun.

Sehingga peresmian stadion San Siro baru akan berlangsung pada 2030 mendatang. Itu artinya, Inter dan AC Milan baru bisa menggunakan stadion rumah mereka delapan tahun kemudian.

Baca Juga

Masih dari Sempre Milan, Inter dan AC Milan juga sudah mendapatkan lampu hijau dari dewan kota Milan terkait draft proyek pembangunan San Siro baru.

Dewan kemudian mengirimkan proposal proyek tersebut ke Komisi Nasional untuk debat publik di Milani yang baru akan dimulai pekan depan.


1. Inter dan AC Milan Ajukan Proposal New San Siro

Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza.

Menurut dokumen resmi, Milan dan Inter akan mulai membangun pada 2024 dan kemudian menyiapkan stadion pada 2027. Baru setelah itu San Siro dihancurkan.

- Pembangunan stadion baru (1 Januari 2024 hingga 18 November 2027): Dinamai Tahap Pertama, meliputi pengerjaan underpass Via Patroclo, stadion serta Office Tower dan Pusat Kongres.

Baca Juga

- Pembongkaran San Siro (13 September 2027 hingga 31 Juli 2030): Dikenal sebagai Tahap Kedua. Ini termasuk pembongkaran Giuseppe Meazza dan pembangunan area Komersial-Hiburan-Museum-Olahraga.

Sejak Milan dan Inter pertama kali mempresentasikan proyek tersebut, yang baru-baru ini direvisi, biaya material dan tukang meningkat secara drastis  karena dampak COVID-19 dan perang Rusia-Ukraina.

Selain itu, ada edisi tambahan dari Olimpiade 2026, yang akan diselenggarakan di Milano.

Inter dan AC Milan sendiri diketahui telah berbagi stadion yang sama sejak 1947. San Siro sendiri awalnya dibuka pada tahun 1926.

Baca Juga

Karena menggunakan stadion yang sama, AC Milan menamai rumah mereka dengan San Siro sedangkan Giuseppe Meazza dipakai untuk menyebut rumah Inter Milan.

Stadion San Siro memiliki kapasitas sekitar 80 ribu pendukung, tetapi stadion baru yang diusulkan akan mengurangi jumlah tersebut menjadi sekitar 60 ribu.


2. Karena Hal Ini, Pembangunan Stadion New San Siro Kembali Tersendat

Ruang ganti AC Milan di Stadion San Siro.

Pembangunan Stadion New San Siro yang akan jadi markas baru klub Serie A Liga Italia, AC Milan dan Inter Milan, kembali mendapat masalah pelik sehingga terhambat hingga saat ini.

Kendala ini sendiri tidak serta-merta berasal dari pemerintah daerah, melainkan juga para fans. Sempat terjadi debat besar antara dua klub raksasa Serie A Italia, yakni Inter Milan dan AC Milan.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, dua klub besar asal Negeri Pizza ini merasa optimistis pembangunan stadion baru bisa terealisasikan.

Sayang baik Inter Milan dan AC Milan mendapat pertentangan dari Dewan Daerah Milan yang menyebut rencana mereka sangat berisiko karena berakibat kehilangan para fans.

Hal ini sendiri berdasarkan pendapat fans yang menolak pembangunan karena harus melalui proses penghancuran San Siro atau Giuseppe Meazza terlebih dahulu.

Baca selengkapnya: Karena Hal Ini, Pembangunan Stadion New San Siro Kembali Tersendat

AC MilanInter MilanStadion San SiroStadionGiuseppe MeazzaLiga ItaliaAC Milan NewsBerita Liga Italia

Berita Terkini