x

Jelang Hadapi PSM Makassar, Kebugaran Tiga Pilar Persis Solo Masih Dipantau

Jumat, 23 September 2022 16:06 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Persis Solo masih memantau kebugaran tiga pilar menuju laga melawan PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Manahan Solo, Kamis (29/9/22). Andaikan Jaimerson Xavier dkk. belum bisa main, rotasi akan dilakukan lagi.

Ada tiga pemain yang kebugarannya masih dipantau, yakni Taufiq Febriyanto, Fernando Rodrigues dan Jaimerson Xavier. Ketiganya sudah absen saat Laskar Sambernyawa menang atas Bali United 2-0, Kamis (15/09/22).

Baca Juga

Taufiq, Fernando dan Jaime mengalami cedera yang berbeda-beda. Dari tiga nama tersebut, Jaime menjadi yang paling dikhawatirkan untuk absen melawan PSM.

Jaime mengalami cedera hamstring saat laga melawan PSIS Semarang, 3 September lalu. Meski sudah gabung latihan, namun eks pilar Persija Jakarta ini masih melakukan program terpisah.

Ketiadaan Jaime sempat menjadi masalah saat melawan PSS Sleman. Kala itu, dua gol PSS tercipta karena ada kesalahan dari lini belakang Persis Solo sendiri.

Baca Juga

Namun saat melawan Bali United, tugas Jaime bisa digantikan dengan bagus oleh Andri Ibo. Caretaker Persis Solo, Rasiman, masih akan memantau kesiapan setiap pemain.

"Ada Fabiano dan andri Ibo yang tersedia, tapi nanti kita lihat siapa yang fit menjelang lawan PSM," kata Rasiman.

Cedera hamstring biasanya memerlukan waktu pemulihan lebih dari sebulan. Bahkan jika kondisi cederanya masuk level menengah, waktu pemulihan bisa dua hingga tiga bulan.

Baca Juga

Terkait hal itu, Rasiman tak khawatir andaikata Jaime memang belum bisa tampil. Menurutnya, Fabiano bisa melakukan tugas menghalau bola tusukan maupun udara dengan bagus.

"Jika Jaime belum bisa, saya rasa Fabiano juga melakukan tugasnya dengan baik. Diluar gol bunuh diri (lawan PSS), tapi menurut saya itu lebih ke sial sih," tutur Rasiman.


1. Jajal Uji Coba

Pertandingan antara Persis Solo vs Bali United di BRI Liga 1 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

"Dalam beberapa pertandingan ini Fabiano main terus, dan juga dalam latihan dia bisa melakukan tugasnya dengan baik," lanjut ayah Syahrian Abimanyu ini.

Selain kebugaran, Rasiman juga akan melihat karakter permainan lawan, terutama dari sektor depan. Karakter lini depan PSM Makassar turut mempengaruhi pemilihan pemain belakang.

Baca Juga

Saat melawan Bali United, Rasiman menempatkan Gavin Kwan Adsit, Fabiano Beltrame, Andri Ibo dan Abduh Lestaluhu dalam empat bek sejajar.

Kinerja mereka ditopang Shulton Fajar sebagai gelandang bertahan. Untuk laga melawan PSM nanti, Rasiman akan mempelajari detail kekuatan tim Juku Eja.

Baca Juga

"Tentunya berbeda antara menangani striker besar dengan striker cepat. Pilihan center back juga mempertimbangkan ke arah sana," jelas Rasiman.

Bisa jadi, penentuan ketiganya siap melawan PSM atau tidak akan dipantau dalam uji coba. Persis Solo rencananya akan menggelar uji coba dengan dua tim berbeda pada Sabtu (24/09/22).

Baca Juga

Uji coba akan dilakukan pada pagi dan sore hari. Kemungkinan tim utama akan bermain pada uji coba sore dengan melawan salah satu kontestan Liga 3.

"Untuk yang pagi kemungkinan lawan tim lokal saja," jelas Rasiman.


2. Pemain Cedera

Pertandingan antara Persis Solo melawan PSIS Semarang di BRI Liga 1 2022..

Dalam aturan Rasiman, para pemain yang kembali dari cedera harus tampil lebih dahulu di laga uji coba. Hal itu dilakukan untuk mengukur kesiapan pemain sebelum main di Liga 1 2022/2023.

Tahapan ini sebelumnya sudah dijalani Irfan Bachdim. Sebelum main melawan Bali United, Bachdim lebih dulu diturunkan dalam laga melawan Persebi Boyolali.
 

PSM MakassarPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Jaimerson da Silva XavierFernando RodriguezLiga 1 2022-2023

Berita Terkini