x

3 Alasan Mengapa PSSI Wajib Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Senin, 26 September 2022 16:36 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 lalu.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga alasan mengapa Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) wajib memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao di pertandingan leg pertama FIFA Matchday pada Sabtu (24/09/22) lalu membuat Shin Tae-yong semakin disayang oleh fans Garuda.

Baca Juga

Beberapa dari mereka menuntut agar PSSI mau memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia yang habis pada akhir 2023 mendatang.

Fans menilai kalau saat ini Timnas Indonesia sudah mulai berkembang. Puncaknya saat duel melawan Curacao di jeda Internasional membuat banyak pihak terpukau dengan permainan apik Witan Sulaeman dkk.

Baca Juga

Alhasil, skuat Garuda senior mampu memenangkan laga dengan skor dramatis 3-2. Tiga gol skuat Garuda senior dicetak Marc Klok, Fachruddin Aryanto dan Dimas Drajad.

Baca Juga

Kemudian dua gol dari tim tamu dicetak oleh Rangelo Jangan dan Juninho Bacunan. Hasil positif ini membuat pasukan Shin Tae-yong mampu naik ke posisi 153 dunia dari yang sebelumnya peringkat 156 FIFA.

Berikut INDOSPORT telah merangkum tiga alasan kuat mengapa PSSI wajib mengabulkan permintaan fans dengan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong:


1. 2. Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Asia Level Senior dan Junior

Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Shin Tae-yong resmi dikontrak PSSI menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak akhir 2019 lalu. Saat permata kali mendampingi latihan, ia kaget dengan skill para pemain.

Bahkan Shin Tae-yong sempat memberikan kritik keras kalau cara menendang para pemain Garuda seperti anak SD.

Baca Juga

Hal itu membuat pelatih asal Korea Selatan tersebut harus memperbaiki skill Witan Sulaeman dkk dari nol. Ia juga menerapkan peraturan ketat agar seluruh pemain bisa berdisiplin tinggi.

Alhasil, berkat Shin Tae-yong akhirnya mental para pemain mulai terbentuk. Kini fans bisa melihat bagaimana permainan satu dua Timnas Indonesia di lapangan yang sangat enak untuk dinikmati.

Baca Juga

2. Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Asia Level Senior dan Junior

Pada 2022 ini, Shin Tae-yong sukses menorehkan dua prestasi besar untuk Timnas Indonesia senior dan kelompok umur. Untuk skuat senior, ia sukses membawa Elkan Baggott dkk lolos ke Piala Asia 2023.

Baca Juga

Setelah itu, Shin Tae-yong sukses membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023. Mereka berhasil mendulang tiga kemenangan beruntun atas Timor Leste, Hong Kong dan Vietnam.


2. 3. Permalukan Curacao di FIFA Matchday

Juninho Bacuna, pemain Curacao (nomor 7). Foto: Juninho Bacuna

Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Timnas Indonesia suskes menang dengan skor dramatis 3-2. Tiga gol skuat Garuda senior dicetak Marc Klok, Fachruddin Aryanto dan Dimas Drajad.

Kemudian dua gol tim dari tim dari Benua Amerika tersebut dicetak oleh Rangelo Jangan dan Juninho Bacunan. Hasil positif ini membuat pasukan Shin Tae-yong mampu naik ke posisi 153 dunia dari yang sebelumnya 156.

Setelah menang, Shin Tae-yong akan ditantang mempertahankan konsistensunya. Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong akan kembali menantang Curacao di leg kedua FIFA Matchday pada Selasa (27/09/22) pukul 20.00 WIB besok.

FIFAPSSIPelatihTimnas IndonesiaTim Nasional CuracaoShin Tae-yongKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini