x

Aturan Pajak Diubah, Ronaldo dan Bintang Liga Inggris Lainnya Bakal Lebih Cuan

Rabu, 28 September 2022 14:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol di laga Arsenal vs Manchester United (23/04/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Aturan perpajakan di Inggris telah diubah. Hal ini membuat Cristiano Ronaldo dan pesepak bola lainnya di Liga Inggris (Premier League) akan mendapat keuntungan besar.

Sebelumnya pada Jumat pekan lalu, Perdana Menteri Inggris Liz Truss dan kanselir Kwasi Kwarteng mengumumkan perubahan aturan perpajakan di Inggris.

Baca Juga

Sebagai bagian dari perubahan ini, tarif pajak penghasilan tambahan sebesar 45 persen bagi mereka yang berpenghasilan lebih dari 150 ribu poundsterling akan dihapus seluruhnya.

Sebaliknya, tarif 40 persen lebih tinggi yang dibebankan pada pendapatan di atas 50.271 poundsterling, akan tetap berlaku.

Tarif dasar pajak penghasilan juga akan dipotong, di mana awalnya dari 20 persen menjadi 19 persen pada April.

Baca Juga

Sementara, dikonfirmasi pula bahwa kenaikan 1,25 persen dalam asuransi nasional yang diperkenalkan awal 2022 ini akan dibatalkan pada 6 November mendatang.

Sebagaimana diketahui, Ronaldo adalah pesepak bola dengan gaji tertinggi di tanah Inggris. Megabintang Manchester United ini punya gaji sebesar 510.000 poundsterling.

Angka sebesar itu setara dengan 26,5 juta poundsterling dalam pendapatan kotor. Sebuah angka yang mengejutkan mengingat krisis biaya hidup saat ini.

Baca Juga

Hampir dari setengah pendapatan itu langsung masuk ke HM Revenue and Customs, dengan Ronaldo membayar pajak sebesar 12,78 juta poundsterling untuk gajinya saja.

Lalu, pakar keuangan sepak bola Kieran Maguire menyebut bahwa perubahan pajak ini berarti Ronaldo akan memiliki pendapatan bersih tambahan sebesar 1,3 juta poundsterling.


1. Makin Kaya

Aksi Cristiano Ronaldo saat Manchester United dijamu Sheriff Tiraspol di Liga Europa Reuters/Peter Cziborra

Dengan angka tersebut, Maguire mempertanyakan apakah Pemerintah Inggris sudah mengambil pendekatan yang tepat.

"Pendapatan Cristiano Ronaldo akan meningkat sekitar 1,3 juta poundsterling selama 12 bulan. Kami hidup di lingkungan berbasis pasar," kata Maguire kepada The iNews.

Baca Juga

"Ini adalah karier yang pendek dan mayoritas pemain tidak mendapat uang layaknya orang-orang seperti saya."

Maguire juga mempertanyakan apakah peraturan ini punya dampak positif terhadap perekonomian, mengingat pendapatan Ronaldo akan jadi jauh lebih besar.

"Masalah pajak itu sendiri tidak signifikan, tetapi akan berdampak dalam hal gaji bersih. Apakah yang akan terjadi ke depannya? Apakah akan berdampak positif untuk perekonomian?" ucap Maguire.

Baca Juga

"Ronaldo mendapat tambahan pendapatan 1,3 juta poundsterling, sedangkan dia sudah memiliki banyak uang, berbeda dengan 1.000 staf paruh waktu MU lainnya."

"Itu sifat distribusi pendapatan, orang yang lebih miskin akan membelanjakan uang itu karena mereka tidak mampu menabung."

Di sisi lain, jika melihat besarnya gaji Ronaldo, sepertinya masih belum relevan dengan apa yang ia tampilkan di lapangan.

Baca Juga

Pasalnya, megabintang asal Portugal tersebut belum menampilkan performa terbaiknya di musim 2022-2023 ini.

Dari delapan pertandingan yang dilakoninya, Ronaldo hanya mencetak satu gol, itu pun dari titik penalti.


2. Detik-detik Blunder Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (tengah) dikepung Alvaro Morata (kiri) dan Rodri (kanan) di laga UEFA Nations League Portugal vs Spanyol (28/09/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Cristiano Ronaldo menjadi sorotan setelah melakukan blunder yang menyebabkan Portugal tak bisa mengelak dari kekalahan saat menghadapi di UEFA Nations League.

Bermain di Stadion Estadio Municipal de Braga, Portugal justru gagal meraih kemenangan meski melakoni pertandingan di kandang sendiri.

Gol telat dari Alvaro Morata di menit ke-88 membuat Cristiano Ronaldo, dkk. mengalami nasib nahas di UEFA Nations League.

Pasalnya, sebelum pertandingan tersebut berlangsung, Portugal berhasil memuncaki klasemen dengan total 10 poin.

Namun, Spanyol yang berada di peringkat kedua dengan koleksi delapan poin, justru sukses mengambil alih puncak klasemen Grup A2 di pertandingan hari keenam.

Baca selengkapnya
Manchester UnitedCristiano RonaldoLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini