x

Tak Lagi Bertaji, Bintang Gagal Real Madrid Sarankan Cristiano Ronaldo Pensiun Saja

Kamis, 29 September 2022 20:40 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Antonio Cassano merasa jika saat ini sudah saatnya bagi Cristiano Ronaldo umumkan purna karier usai tidak lagi tajam untuk Manchester United dan Portugal.

INDOSPORT.COM - Mantan striker Timnas Italia dan Real Madrid, Antonio Cassano, menyarankan Cristiano Ronaldo menyudahi kariernya di dunia sepakbola.

CR7 dinilai oleh Fantantonio sudah tak bisa bersaing di level tertinggi menyusul performa buruk yang dialami oleh sang megabintang 37 tahun bersama Manchester United dan Portugal.

Baca Juga

Ronaldo memang tampak melempem sejak awal musim 2022/2023. Parahnya tren buruk itu tidak hanya di level klub, tetapi juga menular di kancah internasional.

Tercatat Ronaldo baru menorehkan satu gol dari delapan penampilan bersama Manchester United di semua kompetisi musim ini. Jumlah yang sangat kecil menurut standarnya.

Baca Juga

Gol semata wayangnya itu pun dicetak dari titik putih saat menghadapi FC Sheriff di Liga Europa. Tidak heran jika kemudian ia menjadi bulan-bulanan publik.

Performa Cristiano Ronaldo untuk Portugal juga tak kalah buruk. Dia gagal mencetak gol dalam dua pertandingan UEFA Nations League 2022/2023 dan tak kuasa mengantarkan Selecao das Quinas menembus semifinal.

Baca Juga

Jika ditarik lebih jauh, Ronaldo sudah tiga bulan puasa gol bersama Portugal. Terakhir kali sang kapten membobol gawang lawan di laga antarnegara adalah saat menghadapi Swiss pada Juni lalu.

Melihat ini, Cassano pun jadi tidak tahan untuk melontarkan kritik. Ia menganggap jika Ronaldo sudah habis dan sebaiknya gantung sepatu saja.


1. Pantas Dianggap Buruk?

Cristiano Ronaldo (tengah) dikepung Alvaro Morata (kiri) dan Rodri (kanan) di laga UEFA Nations League Portugal vs Spanyol (28/09/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

"Anda boleh suka atau tidak suka dengan Cristiano Ronaldo. Saya pribadi tidak suka namun sangat menghormati apa yang sudah dicapainya," beber Antonio Cassano kepada siniar Muschio Selvaggio.

"Pada titik ini, Cristiano harus sadar apabila tidak mampu mencapai level tertentu, anda harus mengakhiri karier,"

Baca Juga

"Dia telah memenangkan segalanya dan seorang fenomenal. Berhentilah! Anda harus berhenti atau nanti hanya akan menghabiskan waktu di bangku cadangan," tambahnya lagi.

Performa menurun Ronaldo sebenarnya masih bisa dijustifikasi. Pasalnya mantan bomber Juventus jebolan akademi Sporting Lisbon itu tidak menjalani pramusim secara maksimal.

Baca Juga

Ia sempat mangkir dari pemusatan latihan klubnya karena saat itu ia sedang merencanakan kepindahan yang pada akhirnya gagal.

Akhirnya level kebugarannya pun tertinggal dari rekan-rekannya di Manchester United. Andai sabar menunggu maka The Red Devils akan kembali melihatnya tampil subur.

Baca Juga

Ditambah lagi Cristiano Ronaldo juga sudah terbilang uzur di usia 37 tahun. Tidak banyak pemain yang punya karier sepanjang dirinya apalagi bisa memperkuat Manchester United.

Berbeda dengan Antonio Cassano. Kariernya justru meredup sebelum bersinar terang maksimal. Meski pernah berbaju AS Roma, Real Madrid, AC Milan, dan Inter Milan namun ia akan selalu dikenang sebagai pemain yang gagal memenuhi potensi.


2. Ronaldo Dikritik, Sang Kakak Pasang Badan

Aksi Cristiano Ronaldo (kanan) di laga UEFA Nations League Portugal vs Spanyol (28/09/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Kakak perempuan dari megabintang sepak bola, Cristiano Ronaldo, menyebut fans Portugal tidak tahu terima kasih.

Sang kakak bahkan mengungkapkan fans Portugal ‘meludahi piring tempatnya makan sendiri’.

Bintang Manchester United itu memang sedang menghadapi gelombang kritikan yang deras dari berbagai pihak.

Termasuk dari para fans tim nasional negaranya sendiri, yang baru-baru ini mengkritiknya secara langsung.

Kakak dari Cristiano Ronaldo, bernama Katia Aveiro mem-posting sebuah pesan panjang di sosial media untuk membela adik laki-lakinya.

Baca selengkapnya: Kakak Cristiano Ronaldo Sebut Fans Portugal Tidak Tahu Terima Kasih

Manchester UnitedCristiano RonaldoPortugalAntonio CassanoBola Internasional

Berita Terkini