x

Belum Ada Rotasi Pemain di Skuad Timnas Indonesia U-17, Ini Alasan Bima Sakti

Sabtu, 8 Oktober 2022 18:28 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Bima Sakti menjelaskan mengapa dia jarang melakukan rotasi di Timnas Indonesia U-17 dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bima Sakti menjelaskan mengapa dia jarang melakukan rotasi di Timnas Indonesia U-17 dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 mendatang.

Timnas Indonesia memang sedang berjuang di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 yang berlangsung sejak awal bulan Oktober di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor.

Baca Juga

Skuat Garuda Asia sendiri mampu menorehkan hasil apik dengan meraih tiga kemenangan di tiga laga awal.

Terbaru Timnas Indonesia U-17 menang saat menghadapi Palestina, Jumat (07/10/22) malam.

Baca Juga

Namun selepas laga melawan Palestina, Bima Sakti disinggung perihal yang selalu memainkan delapan pemain sebagai starter.

Bima dinilai jarang melakukan rotasi terhadap pemainnya. Terkait hal ini, Bima pun memiliki alasan tersendiri.

Baca Juga

Baginya dia menilai karena waktu mepet dan tensi pertandingan yang ketat sehingga dia belum sempat memberikan waktu bermain untuk pemain yang kurang mendapat menit bermain.

"Karena waktunya mepet dan tensi pertandingan juga. Saat lawan Guam ingin memberikan kesempatan bermain kepada pemain lain, tetapi itu pertandingan pertama jadi kami mau ambil safe (aman) dulu," ucap Bima.


1. 2 Pemain Cedera

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Palestina pada Kualifikasi Piala Asia U-17 grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (07/10/22).

Bima Sakti sendiri menilai dari 23 pemain yang diboyong hanya tersisa sedikit yang belum mendapatkan menit bermain.

Yakni dua kiper Andhika Putra dan Ikram Algiffari. Di sisi pertahanan ada dua nama yakni Irvansyah Afanda dan Muhammad Afazriel.

Baca Juga

"Hanya tinggal berapa pemain yang belum saya berikan kesempatan bermain," jelas dia.

Bima Sakti lantas memberikan sinyal akan memainkan pemain-pemain yang belum tampil hingga laga ketiga. Menurutnya, hal ini untuk meningkatkan kepercayaan anak asuhnya.

Satu pemain yang kemungkinan dirotasi adalah Nabil Asyura. Nabil sebelumnya mengalami cedera saat bertanding melawan Uni Emirat Arab 

Baca Juga

"Nabil tidak kita paksa karena memang lututnya sedikit terganggu."

"Ditekuk tidak bisa maksimal jadi kita tidak mau maksa juga. Kita persiapkan buat hari Minggu," pungkasnya.


2. Tanpa Kapten Tim

Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22).

Selain itu Timnas U-17 tidak akan diperkuat kapten tim, Muhammad Ibal. Bek tengah itu absen karena akumulasi kartu kuning dan juga alami cedera.

Pelatih Bima Sakti pun telah menyiapkan pemain pengganti untuk keduanya. Semua pemain Timnas U-17 dikatakan miliki kualitas yang sama jadi tim pelatih tidak perlu khawatir, meski ada pemain yang cedera. 

Posisi Muhammad Iqbal dan Azzaky Esa bisa digantikan oleh Andre Pangestu, Femas Aprian Crespo dan Muhammad Afazriel. Mereka sebelumnya juga diturunkan lawan Palestina.

Saat ini, Timnas U-17 berada di puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Timnas Indonesia U-17 kumpulkan sembilan poin dari tiga laga Kualifikasi Piala Asia U-17 dengan catatan 19 gol memasukan dan kebobolan 2 gol. 

PSSIMalaysiaBima SaktiBola InternasionalMuhammad IqbalKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini