x

Tuah Tuan Rumah, Deretan Negara yang Berhasil Menjuarai Piala Dunia di Tanah Sendiri

Jumat, 14 Oktober 2022 20:02 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM – Berikut negara-negara yang berhasil menjuarai Piala Dunia saat menjadi tuan rumah penyelenggaraan. Akankah Qatar akan juara juga di edisi 2022 ini?

Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 ini sesuai hasil voting yang dilakukan oleh anggota Komite Eksekutif FIFA pada 2010 silam.

Baca Juga

Dalam menyambut Piala Dunia 2022, Qatar pun melakukan pembenahan baik dalam hal teknis seperti skuad maupun non teknis seperti infrastruktur.

Dalam pembenahan infrastruktur, Qatar menggelontorkan dana besar untuk membangun stadion dan fasilitas selama gelaran ajang empat tahunan ini.

Sedangkan dalam pembenahan teknis seperti pemain, Qatar mulai berbenah meningkatkan kualitas tim dan mendatangkan pelatih kelas dunia untuk bersaing dengan negara-negara besar di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Qatar yang baru pertama kali menjadi tuan rumah ajang ini, tak hanya ingin menjadi partisipan atau penggembira semata di Piala Dunia 2022.

Qatar diyakini akan berusaha mencoba peruntungan sebagai tuan rumah agar bisa berprestasi di ajang terakbar di dunia sepak bola itu.

Ambisi Qatar ini tak lepas dari sejarah bahwa beberapa tuan rumah Piala Dunia selalu bisa berprestasi dengan menjadi juara ajang itu.

Baca Juga

Sejak digelar pertama kali pada 1930, banyak tuan rumah Piala Dunia yang mampu memanfaatkan statusnya sebagai tuan rumah dan menjuarai ajang ini.

Lalu, negara-negara mana saja yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia dan menjadi juara ajang tersebut di tanahnya sendiri?


1. Juara Piala Dunia dengan Status Tuan Rumah

Kapten Inggris, Bobby Moore, mencium trofi Piala Dunia usai mengalahkan Jerman Barat di final, 30 Juli 1966.

1. Uruguay (1930)

Uruguay merupakan negara pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia sekaligus menjadi negara pertama yang menjuarai ajang empat tahunan ini.

Tim asal Amerika Selatan ini menjadi juara Piala Dunia dengan status tuan rumah pada Piala Dunia 1930 silam, di mana Uruguay mampu mengalahkan 12 tim lainnya.

Di partai final, Uruguay mampu mengalahkan Argentina dengan skor 4-2 dan menjadi negara pertama yang meraih trofi Jules Rimet.

Baca Juga

2. Italia (1934)

Empat tahun berselang, giliran Italia yang berhasil menjadi juara Piala Dunia 1934 saat ajang tersebut digelar di negeri Pizza tersebut.

Dalam Piala Dunia 1934 yang berisikan 16 tim, Italia mampu menyingkirkan lawan-lawannya dari babak 16 besar, yakni Amerika Serikat, Spanyol, dan Austria.

Di babak final, Italia mampu meraih gelar juara usai membekuk Cekoslovakia dengan skor 2-1 lewat perpanjangan waktu.

Baca Juga

3. Inggris (1966)

Usai beberapa waktu tuan rumah tak menjadi juara Piala Dunia, Inggris kemudian berhasil mengembalikan tradisi tersebut saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1966.

Di Piala Dunia 1966 tersebut, Inggris arahan Sir Alf Ramsey mampu keluar sebagai juara usai membekuk rival abadinya, yakni Jerman Barat.

Dalam ajang tersebut, Inggris mampu lolos dari babak grup dengan mudah. Bahkan The Three Lions tak terkalahkan dalam perjalanannya menuju gelar juara Piala Dunia pertama dan satu-satunya hingga saat ini.


2. Tuan Rumah yang Jadi Juara Piala Dunia

Prancis saat juara Piala Dunia 1998.

4. Jerman Barat (1974)

Delapan tahun berselang, Jerman Barat berhasil membalaskan dendamnya di Piala Dunia 1966 dengan menjuarai Piala Dunia 1974 yang berlangsung di negaranya sendiri.

Pada Piala Dunia 1974 tersebut, Jerman berhasil mengubur impian Belanda untuk menjadi juara berkat kemenangan 2-1 di babak puncak.

Perjalanan Jerman Barat di Piala Dunia 1974 pun terbilang sulit. Sempat kalah dari Jerman Timur di babak grup, Jerman Barat kemudian melaju apik hingga babak puncak.

Baca Juga

5. Argentina (1978)

Belanda lagi-lagi mengubur impiannya menjadi juara Piala Dunia usai tumbang kembali di final di Piala Dunia 1978 dari tuan rumah Argentina.

Argentina yang menjadi tuan rumah saat itu, berhasil menjadi juara Piala Dunia 1978 usai mengalahkan Belanda dengan skor 4-1 lewat perpanjangan waktu.

Di Piala Dunia 1978, langkah Argentina sempat terseok-seok di ronde pertama. Namun di ronde kedua dan fase Knock Out, La Albiceleste mampu tampil ciamik dan menyentuh final.

Baca Juga

6. Prancis (1998)

Untuk tuan rumah yang berhasil menjadi juara Piala Dunia sendiri terakhir kali mampu diraih oleh Prancis pada gelaran Piala Dunia 1998.

Pada Piala Dunia 1998 itu, Prancis dianggap bukan unggulan menyusul beratnya lawan-lawan yang dihadapi di babak grup dan fase Knock Out.

Namun dengan dukungan masif dari penduduknya, Prancis bisa menjuarai Piala Dunia 1998 dengan mengalahkan Brasil di babak final.

UruguayItaliaArgentinaPiala DuniaQatarPiala Dunia 2022Timnas InggrisJerman BaratTim Nasional PrancisOne FootballHasil Piala Dunia 2022

Berita Terkini