x

Terkuak, Ini Alasan Shin Tae-yong Gelar TC Timnas Indonesia U-20 di Eropa

Sabtu, 15 Oktober 2022 16:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menaruh target khusus untuk Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan di Eropa. Dia berharap kepercayaan diri skuad Timnas Indonesia U-20 bisa bertambah.

Timnas Indonesia U-20 memang direncanakan kembali menggelar pemusatan latihan di Eropa. Dua negara Eropa yakni, Turki dan Spanyol menjadi destinasi Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga

Pemusatan latihan ini tak lepas menjadi satu rangkaian persiapan Timnas Indonesia U-20 menuju pentas Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Indonesia sendiri menjadi tuan rumah dalam perhelatan Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan berlangsung pada Mei 2023 mendatang.

Tampil sebagai tuan rumah, tentu Timnas Indonesia U-20 diharapkan tampil maksimal. Untuk itu, pemusatan latihan di Eropa menjadi satu alasan Shin Tae-yong sebagai pelatih.

Baca Juga

"Target TC kali ini untuk mendapatkan kepercayaan diri. Kami akan melakukan uji coba dengan tim-tim bagus. Jadi pemain tidak harus takut menghadapi tim-tim Eropa," kata Shin Tae-yong di PSSI TV.

Memang Shin Yae-yong masih melihat kekurangan di Timnas Indonesia U-20. Terlebih fisik Timnas Indonesia U-20 masih menjadi satu hal yang harus ditingkatkan.

"Secara fisik, pemain masih kurang jadi harus dikembangkan. Baru kami bisa bersaing dengan tim-tim hebat," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

TC di Eropa akan digelar sampai awal Desember 2022. Timnas Indonesia U-20 masih berlatih di Jakarta sambil menunggu visa.

Sesuai rencana, Timnas Indonesia U-20 menjalani pemusatan latihan di Turki lebih dahulu sampai 5 November. Setelah itu ke Spanyol dan melanjutkan TC hingga 4 Desember.


1. Shin Tae-yong Terlebih Dulu 'Siksa' Timnas Indonesia U-20

Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menggeber fisik para pemain sebelum bertolak ke Eropa untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Timnas Indonesia U-20 diketahui sudah mulai kembali berkumpul. Mereka 'disiksa' terlebih dulu di Jakarta sebelum melakoni pemusatan latihan di Eropa.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 memang disiapkan melakoni pemusatan latihan di dua negara Eropa, tepatnya Turki dan Spanyol, sebagai bentuk persiapan menyambut Piala Dunia U-20 2023.

Dalam latihan di Jakarta, Shin Tae-yong menggeber fisik skuat timnas Indonesia U-20. Memang fisik Alfriyanto Nico dkk. menurun pasca-libur selama sebulan.

Baca Juga

"Setelah ajang di Surabaya (Kualifikasi Piala Asia U-20), memang pemain diberikan libur hampir sebulan. Pastinya fisik tidak begitu baik. Jadi, kami fokus latihan fisik di pagi hari dan sore hari di gym," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga menilai timnas Indonesia U-20 masih banyak memiliki kekurangan. Itulah mengapa dirinya meminta kepada PSSI untuk menggelar pemusatan latihan di Eropa.

Baca Juga

"Tetapi masih banyak kekurangan. Maka dari itu kami adakan TC (training camp) di Eropa. Dengan TC ini pasti akan berkembang lebih baik." cetus Shin Tae-yong.

"Secara fisik, pemain masih kurang jadi harus dikembangkan. Baru kami bisa bersaing dengan tim-tim hebat," ujar pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, di PSSI TV.

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini