x

Liga 1: Cedera Patah Tulang Selangka, Gelandang Persib Tak Sabar Kembali Bermain

Senin, 17 Oktober 2022 01:36 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Gelandang Persib Bandung, Erwin Ramdani, mengaku sudah tidak sabar untuk kembali memperkuat skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 Indonesia 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Erwin Ramdani, mengaku sudah tidak sabar untuk kembali memperkuat skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Pasalnya, Erwin Ramdani sudah sekitar satu bulan ini beristirahat dan menjalankan program pemulihan, lantaran mengalami cedera patah tulang selangka kanan (fraktur clavicula dextra).

Baca Juga

Cedera tersebut, dialami oleh Erwin saat pertandingan Persib menghadapi Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (11/09/22), dalam laga tersebut dia berbenturan dengan pemain Singo Edan.

Sehingga, Erwin yang baru masuk sekitar menit 70 dan tidak dapat melanjutkan pertandingan saat memasuki menit 83. Cedera tersebut, membuatnya harus meninggalkan lapangan dan digantikan oleh Abdul Aziz.

Tim medis Persib, membawa Erwin ke rumah sakit dan akhirnya saat itu mantan pemain PSMS Medan tersebut langsung menjalani operasi di bagian bahu kanannya.

Baca Juga

Menurut Erwin, proses pemulihannya berjalan dengan lancar, namun dia masih membutuhkan waktu untuk bisa tampil dalam pertandingan. 

Sehingga, saat ini dia harus sabar untuk bisa kembali bertanding dan menunggu kepastian mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023.

"Mungkin saya harap kurang dari satu bulan sih, cuman kalau lebih dari 1 bulan lagi ya saya rasa sudah bisa (bermain)," kata Erwin.

Baca Juga

Mantan pemain PSMS Medan ini, merasa cederanya berangsur pulih, namun dia belum bisa melakukan banyak aktivitas lantaran kondisinya belum pulih 100 persen .

"Ini juga sudah enakan, tapi masih ada rasa ganjel dan sedikit ganggu saja di bagian pen-nya itu, karena saya kan kemarin hampir dua Minggu lebih tidak boleh olah raga banget," ucapnya.

"Kan kalau masih ada jahitan jangan dulu ada keringat, karena masih diperban takut infeksi jadi saya benar benar off, sudah itu lepas jahitan, nah sudah itu baru gerak sedikit," ujar Erwin.


1. Alami Perkembangan

Gelandang Persib, Erwin Ramdani (tengah). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Aktivitas yang dilakukan oleh Erwin Ramdani sendiri sejauh ini masih terbatas, namun ada perkembangan yang bagus dari setiap pekannya selama proses pemulihan cedera.

"Tapi gerakannya dari minggu ke minggu Alhamdulillah sudah sangat membaik," jelas Erwin.

Baca Juga

Sementara itu, sebelumnya Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo, membeberkan kondisi terkini kebugarannya, setelah mengalami cedera patah tulang pipi.

Menurut pemain bernomor punggung 32 ini, setelah menjalankan program pemulihan dan beristirahat cukup lama, kondisi cederanya saat ini sudah berangsur pulih dan berharap bisa segera kembali bermain.

Sebagai informasi, cedera patah tulang yang dialami pemain naturalisasi ini, membuatnya harus menjalani operasi.

Baca Juga

Setelah menjalani operasi, Victor Igbonefo membutuhkan waktu pemulihan cukup lama dan absen pada laga pamungkas Grup C dan 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, serta tiga laga Liga 1 2022-2023.

Cedera Victor Igbonefo didapat pada pertandingan kedua Grup C Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (17/06/22).

Pada pertandingan tersebut, Victor Igbonefo, berbenturan dengan pemain Persebaya Surabaya saat mencetak gol penyeimbang di menit 26. 

Baca Juga

Setelah mencetak gol, pemain naturalisasi ini tidak dapat melanjutkan pertandingan dan terpaksa harus ditarik keluar dan mendapatkan perawatan dari tim medis.

"Kondisi saya semakin bagus setelah lama cedera dan tidak main," kata Igbonefo.

Victor Igbonefo, sudah mulai berlatih kembali bersama tim, menurutnya saat pertama bergabung ada sedikit kendalanya yang dialaminya, pasalnya cukup lama beristirahat.

Salah satu kendala yang dihadapinya, yakni beradaptasi kembali dengan bola dan kondisi fisik yang kurang bugar. Meski demikian, dalam sepekan terakhir Victor Igbonefo merasa sudah semakin membaik.

"Tiga minggu terakhir aku ikut latihan, awalnya memang tidak mudah, karena harus beradaptasi lagi dengan bola dan fisik juga. Tapi, minggu kemarin aku sudah merasa bugar dan lebih baik," ujar Igbonefo.

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Erwin Ramdani

Berita Terkini