x

Susul Tomori, 3 Pemain Alumni Akademi Chelsea yang Cocok Diangkut AC Milan

Jumat, 21 Oktober 2022 19:44 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Fikayo Tomori. Pemain AC Milan. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

INDOSPORT. COM - Sejumlah pesepak bola alumni akademi Chelsea sepertinya cocok buat diangkut AC Milan, mengingat sudah ada contoh nyata yang sukses, Fikayo Tomori.

Kiprah AC Milan sejak musim dingin 2021 lalu, memang dihiasi oleh peran pemain bernama Fikayo Tomori yang tangguh mengisi lini belakang.

Pemain keturunan Kanada tersebut awalnya datang dengan status pinjaman dari Chelsea, tapi kemudian dipermanenkan pada musim panas 2021.

Baca Juga

Keputusan Milan membayar 28,8 juta euro sebagai biaya penebusan Tomori ternyata berbuah manis, sebab sang pemain berkontribusi besar atas prestasi cemerlang tim.

Musim lalu, Tomori yang bermain sebanyak 31 kali di pentas Liga Italia, sukses mengantarkan Rossoneri meraih Scudetto.

Tomori sendiri diketahui memiliki rekam jejak karier sebagai pemain jebolan akademi Chelsea, yang dipromosikan ke skuat senior The Blues pada musim panas 2017.

Berdasarkan perjalanan karier yang telah Tomori lalui tersebut, mungkin manajemen Milan patut mencoba lagi mendatangkan pemain dengan latar belakang alumni akademi Chelsea.

Kebetulan, ada beberapa opsi nama pesepak bola jebolan Cobham (sebutan tenar untuk akademi Chelsea) yang sekiranya cocok terhadap kebutuhan Milan sekarang.

INDOSPORT pun coba menguliknya lebih jauh, mengenai deretan pemain alumni akademi Chelsea yang cocok untuk AC Milan boyong, menyusul jejak kesuksesan Tomori.


1. 1. Armando Broja

Selebrasi Armando Broja dalam laga Liga Inggris antara Chelsea vs Wolverhampton Wanderers

Komposisi skuat AC Milan pada jalannya awal musim 2022/23, tampak minim sekali opsi pemain di barisan penyerang.

Rossoneri sejauh ini hanya bisa bertumpu kepada bomber gaek asal Prancis yang sudah menginjak usia 35 tahun, yakni Olivier Giroud.

Sebenarnya ada beberapa nama lain untuk mengisi posisi tersebut, seperti Zlatan Ibrahimovic, Divock Origi, dan Ante Rebic.

Namun khusus dua nama awal, kondisinya sekarang sungguh tidak memungkinkan, sebab Ibra dan Origi diketahui masih menjalani perawatan penyembuhan cedera.

Sedangkan Rebic, meski kemampuannya dapat pula diandalkan sebagai penyerang tengah, peran naturalnya tetaplah seorang winger kiri.

Maka dari itu, pelatih Milan, Stefano Pioli, membutuhkan amunisi tambahan yang dapat difungsikan menjadi pelapis bagi Giroud.

Melansir Calciomercato, pemilik Milan, RedBird, bersedia mengucurkan dana belanja agar Pioli bisa menambah satu penyerang lagi di bursa transfer musim dingin 2023 mendatang.

Nama penyerang yang kemudian masuk incaran Pioli ialah Armando Broja, pemain berusia 21 tahun milik klub Liga Inggris, Chelsea.

Broja merupakan bomber yang masa juniornya dibina oleh akademi sepak bola Chelsea, dan baru dipromosikan ke tim senior pada musim panas 2022 kemarin.

Kiprah Broja sejauh awal musim 2022/23 berjalan, tercatat sudah mengemas delapan penampilan bersama Chelsea, dengan sumbangsih torehan satu gol.

Baca Juga

2. Ruben Loftus-Cheek

Ruben Loftus-Cheek saat laga Liga Champions antara Chelsea vs AC Milan

Belakangan tersiar kabar bahwa AC Milan berminat untuk membajak gelandang milik klub Liga Inggris, Chelsea, yang bernama Ruben Loftus-Cheek.

Ketertarikan muncul setelah beberapa waktu lalu Loftus-Cheek tampil membela Chelsea ketika menghadapi Milan di ajang Liga Champions.

Peran Loftus-Cheek yang bermain sebagai starter mengisi lini tengah The Blues, berhasil membuat skuat Milan begitu kerepotan, hingga sukses memberikan timnya kemenangan.

Manajemen Milan pun lantas merencanakan supaya segera memulai negosiasi dengan manajemen Chelsea perihal peluang membajak Loftus-Cheek.

Jika upaya negosiasi mulus, Rossoneri memasang target kalau gelandang berkebangsaan Inggris itu bisa mendarat di San Siro pada musim dingin Januari 2023 mendatang.

Loftus-Cheek sendiri merupakan pemain yang pada masa juniornya dihabiskan dengan menjalani pembinaan di akademi sepak bola Chelsea.

Pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut, pertama kali dipromosikan ke tim senior The Blues pada musim dingin 2015.

Sempat dipunjamkan ke Crystal Palace dan Fulham, Loftus-Cheek hingga sekarang masih betah memperkuat Chelsea, walau lebih sering bertindak sebagai pemain pelapis saja.


2. 3. Callum Hudson-Odoi

Callum Hudson-odoi, bintang muda milik Chelsea resmi perpanjang kontrak

AC Milan pada berjalannya musim 2022/23 sejauh ini tampak punya kelemahan di sisi kanan barisan penyerangan.

Para pemain winger kanan yang kini ada di skuat Milan, level performanya disebut-sebut masih jauh dari kata memuaskan.

Demi mengatasi permasalahan ini, Milan sekiranya dapat mencoba membajak pemain alumni akademi Chelsea, Callum Hudson-Odoi.

Baca Juga

Pemain berusia 21 tahun itu memang terbiasa menempati posisi winger kanan, serta memiliki pengalaman karier level junior di akademi sepak bola The Blues. 

Ia pertama kali mendapat kesempatan promosi ke tim senior Chelsea pada musim panas 2019, tapi hingga sekarang kesulitan untuk mendapatkan menit bermain reguler.

Hudson-Odoi yang sejatinya punya kualitas menjanjikan, musim ini terpaksa menjalani masa peminjaman di klub Liga Jerman, Bayer Leverkusen.

ChelseaAC MilanFikayo TomoriLiga Italia

Berita Terkini