x

Klub Ternama Liga Inggris Dukung Keputusan Justin Hubner Main untuk Timnas Indonesia

Kamis, 27 Oktober 2022 19:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia U-20, Justin Hubner.

INDOSPORT.COM - Keputusan Justin Hubner memperkuat Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong mendapatkan dukungan dari klub ternama Liga Inggris (Premier League).

Seperti diketahui, nek blasteran Indonesia-Belanda, Justin Hubner telah memutuskan menjalani proses naturalisasi untuk jadi WNI. Dia memiliki mimpi membela Timnas Indonesia di masa depan.

Baca Juga

Justin Hubner adalah salah satu pemain yang masuk proyeksi untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Dia merupakan nama yang direkomendasikan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Pemain 18 tahun itu kini sedang berada di Jakarta, ditemani kedua orang tuanya. Mereka bertemu PSSI untuk membahas proses naturalisasi.

Baca Juga

Keputusan Justin untuk bermain bagi Timnas Indonesia juga mendapat dukungan dari klubnya saat ini, Wolverhampton Wanderers U-21. Pelatih dan rekan-rekan di klub Liga Inggris itu tak sabar melihatnya beraksi dengan jersey Merah Putih.

"Klub support saya dan mereka ingin melihat saya bermain untuk indonesia.  Jadi ini bagus karena saya selalu dapat support," kata Justin Hubner.

Eks pemain Den Bosch itu menyatakan, keputusannya sudah bulat untuk membela skuad Garuda. Meski punya peluang bermain untuk Timnas Belanda, tapi Justin menepisnya.

Baca Juga

"Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di sepak bola. Saya belum tau, tapi sekarang fokus saya adalah bermain untuk Indonesia dan kita akan lihat seperti apa ke depan," ujarnya.

Justin Hubner mendapat darah Indonesia dari pihak ayah, sedangkan ibunya adalah keturunan Belanda. Dia menyebut ayahnya adalah sepenuhnya asli Indonesia karena kakek dan neneknya (dari pihak ayah) berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan dan Bandung, Jawa Barat.


1. Dapat Dukungan Penuh Keluarga Besar

Justin Quincy Hubner, pemain keturunan Indonesia-Belanda di Wolves

Disinggung soal keputusannya menerima tawaran untuk bermain bagi Timnas Indonesia, Justin mengatakan itu adalah pilihan mudah. Dia ingin membanggakan keluarga besarnya yang miliki darah Indonesia. 

Dia juga senang dengan dukungan dan militansi pendukung Timnas Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari antusias yang diterima di media sosial ketika Justin dikaitkan dengan skuad Garuda.

Baca Juga

Keluarga, khususnya sang ibu juga sangat bangga akan keputusannya untuk mau dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hal itu terlihat dari senyuman sang ibu ketika mengantar Justin ke kantor PSSI.

“Saya pikir saya suka dengan dukungan di sini dan ini negara merupakan dari bagian keluarga saya. Jadi saya mau buat mereka bangga saat melihat saya memakai jersey Timnas Indonesia,” tutur Justin.

Baca Juga

Justin mengawali kariernya bersama tim muda Belanda, Brabant, lalu kemudian pindah ke skuad muda Den Bosch pada 2017. Selanjutnya, bek 187cm merantau ke Liga Inggris pada awal 2020 silam dan bermain untuk Wolverhampton Wanderers U-21.

Baca Juga

Sementara itu, utusan PSSI, Hamdan Hamedan menjelaskan Justin Hubner adalah salah satu pemain grade A yang diajukan Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Kualitasnya sudah teruji di klub karena selalu jadi pilihan di Wolverhampton Wanderers U-21. 

Justin kini sedang menjalani menyelesaikan beberapa proses naturalisasi seperti cek medis, wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN) dan lainnya. Diharapkan prosesnya berjalan lancar sehingga bisa segera jadi WNI.

NaturalisasiTimnas IndonesiaLiga InggrisBola InternasionalWolverhampton Wanderers (Wolves)Shin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Justin Quincy Hubner

Berita Terkini