x

Susul Iran, Tunisia Juga Terancam Dicoret dari Piala Dunia 2022 Gara-gara Ini

Sabtu, 29 Oktober 2022 17:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Belum selesai isu pencoretan Iran karena terlibat invasi Rusia, Tunisia menjadi negara terbaru yang kini terancam dicoret dari Piala Dunia 2022. Mengapa? Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed.

INDOSPORT.COM – Belum selesai isu pencoretan Iran karena terlibat invasi Rusia, Tunisia menjadi negara terbaru yang kini terancam dicoret dari Piala Dunia 2022. Mengapa?

Tunisia baru-baru ini mendapat ancaman dari induk sepak bola dunia (FIFA) untuk dikeluarkan dari keikutsertaannya di Piala Dunia yang akan berlangsung bulan depan.

Baca Juga

Dilansir dari The National News, FIFA menduga Menteri Pemuda dan Olahraga Tunisia, Kamel Deguiche, bermaksud membubarkan Federasi Sepak Bola Tunisia (FTF).

Dugaan ini bermula saat Kamel Deguiche  mengeluarkan pernyataan menyinggung soal “pembubaran beberapa kantor federasi dari berbagai disiplin olahraga”, yang salah satunya mungkin federasi sepak bola.

FIFA menganggap ini menjadi bentuk intervensi sesuai dengan status mereka. FIFA kemudian mengirimkan surat kepada FTF soal komentar Menpora negara tersebut.

Baca Juga

“Dalam hal ini, kami ingin mengingatkan Anda bahwa asosiasi anggota FIFA secara hukum berkewajiban untuk melakukan urusan mereka secara independen dan tanpa pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga,” kata FIFA dalam surat yang diterbitkan oleh stasiun radio Mosaique FM.

“Setiap kegagalan untuk mematuhi kewajiban ini dapat mengakibatkan pengenaan hukuman berdasarkan undang-undang FIFA, termasuk penangguhan asosiasi terkait.”

FIFA kemudian mendesak FTF untuk membuat klarifikasi tentang pendirian mereka terhadap komentar sang Menpora selambat-lambatnya pekan ini.

Baca Juga

Salinan surat FIFA ini kabarnya juga telah diteruskan ke Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Jika FTF tidak menindaklanjuti surat FIFA bukan tidak mungkin hal ini bakal berdampak pada timnas dan klub sepak bola Tunisia.


1. Tunisia Terancam Gagal Tampil di Piala Dunia

Selebrasi Tunisia usai memastikan gelar juara Piala Afrika, 14 Februari 2004.

Salah satu dampaknya, Tunisia bisa gagal berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Qatar yang akan dimulai pada 20 November mendatang.

Tunisia sendiri memastikan lolos ke Piala Dunia 2022  setelah meraih hasil positif di babak kedua pada kualifikasi Piala Dunia zona Afrika.

Baca Juga

Tunisia meraih tiga kemenangan dari tiga pertandingan sebelum bermain imbang dengan Mauritania dan kalah dari Guinea.

Mereka kemudian bangkit lewat kemenangan kandang atas Zambia, dan mengakhiri babak penyisihan sebagai jawara grup, dua poin di atas Guinea.

Di babak ketiga, Tunisia mengalahkan Mali dengan skor 1-0 sekaligus memastikan mereka menapakkan kaki di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Di Qatar, Tunisia tergabung di Grup D, bersama Prancis, Australia, dan Denmark. Mereka akan memulai kampanye Piala Dunia 2022 dengan menghadapi Denmark pada 22 Novembeer.

Tunisia menjadi negara kedua, setelah Iran yang mendapatkan tekanan atau ancaman bakal dicoret dari Piala Dunia 2022.

Iran mendapat tekanan dari beberapa negara agar dicoret dari keikutsertaannya di kompetisi sepak bola paling bergengsi ini.

Baca Juga

Desakan ini mencuat lantaran Iran dianggap melanggar hak asasi manusia, yakni melarang suporter wanita masuk ke dalam stadion hingga

Bukan hanya itu, Iran juga dinilai mendukung invasi Rusia dengan mengirimkan lebih banyak rudal-drone ke negara Eropa Utara tersebut.

FIFAPiala DuniaTunisiaPiala Dunia 2022MenporaAfrikaUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini