x

Brasil Biang Kerok, Ini 5 Perkelahian Paling Brutal di Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Senin, 31 Oktober 2022 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Legenda Prancis, Zinedine Zidane, mencetak gol ke gawang Brasil dalam pertandingan final Piala Dunia, 12 Juli 1998.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah lima perkelahian paling brutal yang terjadi di sepanjang sejarah Piala Dunia, dan dua diantaranya melibatkan Timnas Brasil.

Kickoff Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Ajang sepak bola terbesar antar negara ini akan dihelat di Qatar, pada 20 November hingga 18 Desember 2022 nanti.

Baca Juga

Sebagai kompetisi terbesar, Piala Dunia menjadi panggung bagi pemain terbaik, tetapi terkadang diselingi duel yang bisa saja berujung perkelahian antarpemain.

Tensi pertandingan yang tinggi, hingga keputusan wasit yang kontroversial, kerap mendorong terjadinya pertikaian pemain.

Berikut INDOSPORT merangkum lima insiden perkelahian terbesar di sepanjang sejarah Piala Dunia. Semoga hal ini tidak terulang di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga

1. Peru vs Rumania (Grup 3 Piala Dunia 1930)

Kapten timnas Peru, Placido Galindo, harus terlibat dalam perkelahian saat laga Peru vs Romania di Grup 2 Piala Dunia 1930. Wasit Alberto Warnken mengusir Galindo di menit ke-70.

Galindo bermain dengan emosional, bahkan ia sampai mematahkan kaki bek Rumania, Adalbert Steiner. Pada pertandingan itu, Peru pun harus mengakui kekalahan 1-3.

2. Brasil vs Cekoslovakia (Perempat Final Piala Dunia 1938)

Brasil bertemu Cekoslovakia di perempat final Piala Dunia 1938 di Prancis. Laga yang berjuluk Battle of Bordeaux ini pun diwarnai permainan brutal dan perkelahian kedua tim.

Baca Juga

Dua pemain Brasil, Machado dan Zeze Procopio, serta satu pemain Cekoslovakia, Jan Riha langsung dikeluarkan oleh wasit.

Pemain Hungaria, Frantisek Planicka dan Oldrich Nejedly mengalami patah lengan kanan, kemudian Josef Kostalek juga mengalami cedera di bagian perut.

Di kubu Brasil, Leonidas dan Peracio juga mengalami cedera akibat permainan keras. Laga berakhir imbang 1-1. Saat digelar lagi, Brasil akhirnya menang 2-1 atas lawannya.


1. 3. Hungaria vs Brasil (Perempat final Piala Dunia 1954)

Pemandangan pertandingan Piala Dunia antara Italia versus Brasil, 5 Juli 1982.

Brasil lagi-lagi mengeluarkan permainan keras nan brutal. Bertemu perempat final Piala Dunia 1954 di Stadion Berne, Swiss, sampai kini laga itu dijuluki Battle of Berne.

Berlangsung di tengah guyuran hujan deras, laga ini diwarnai serangkaian perkelahian yang melibatkan kedua tim. Paruh pertama ditutup dengan skor 2-1 untuk Hungaria.

Baca Juga

Pemberian penalti kepada Hungaria di babak kedua memicu beberapa jurnalis Brasil mencoba menginvasi lapangan, yang pada akhirnya harus diamankan oleh polisi.

Tensi pertandingan pun semakin meningkat. Gelandang Hungaria, Jozsef Bozsik dan bek Brasil, Nilton Santos dikeluarkan oleh wasit setelah terlibat perkelahian di menit ke-71.

Tak lama berselang, wasit Arthur Ellis dari Inggris kembali mengeluarkan pemain dari lapangan setelah pemain Brasil, Humberto Tozzi menendang Gyula Lorant di menit ke-79. 

Baca Juga

Perkelahian kedua tim bahkan berlanjut hingga ke ruang ganti, setelah pertandingan usai dengan kemenangan Hungaria 4-2.

4. Italia vs Chile (Grup 2 Piala Dunia 1962)

Tensi panas partai Italia vs Chile di Piala Dunia 1962 telah dirasakan sebelum laga, setelah dua wartawan Italia mengkritisi persiapan Chile yang buruk sebagai tuan.

Baru 12 detik pertandingan berlangsung, pelanggaran keras sudah terjadi, dan terus terjadi di sepanjang pertandingan. Tidak jarang pemain ikut terlibat adu pukul.

Baca Juga

Bahkan, pemain Italia, Giorgio Ferrini yang diusir wasit, harus dipaksa keluar oleh polisi karena menolak meninggalkan lapangan.

Italia bermain dengan sembilan pemain melawan sebelas pemain Chile. Laga ini pun dimenangkan oleh tuan rumah, skor 2-0.


2. 5. Uruguay vs Italia (Fase Grup Piala Dunia 2014)

Luis Suarez usai menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014.

Penyerang Timnas Uruguay, Luis Suarez terlibat insiden memalukan saat timnya bersua Italia di pertandingan terakhir fase grup Piala Italia 2014. Suarez mengigit bahu bek Italia, Giorgio Chiellini di menit ke-80.

Kejadian itu sempat memicu keributan dari kedua tim. Chiellini yang merasa tak terima dengan ulah Suarez, menunjukkan bekas gigitan Suarez di bahunya yang terluka.

Kala itu, Suarez lolos dari hukuman kartu. Italia pun harus mengakui keunggulan Uruguay dengan skor tipis 0-1.

Namun, Komite Disiplin FIFA menjatuhkan hukuman larangan bermain bagi Suarez di ajang internasional selama sembilan laga.

Tidak hanya itu, Luis Suarez juga dilarang terlibat dalam semua kegiatan sepak bola selama empat bulan, dan harus membayar sejumlah denda. Hukuman tersebut jadi rekor hukuman terberat di Piala Dunia.

ChileUruguayItaliaBrasilLuis SuarezPiala DuniaGiorgio ChielliniHungariaPiala Dunia 2022RumaniaPeruCekoslovakiaTRIVIA

Berita Terkini